Comscore Tracker

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolate

Bikin kamu lebih bijak dalam memandang arti kebahagiaan

Chocolate merupakan KDrama bertema healing romance yang dibintangi Ha Ji Won, Yoon Kye Sang, dan Jang Seung Jo. KDrama ini bercerita tentang kisah cinta antara dokter Lee Kang yang dulu bermimpi menjadi koki serta Moon Cha Young yang kini menjadi koki karena terinspirasi oleh Lee Kang.

Selain memiliki jalinan cerita menarik, nyatanya Chocolate juga mengandung banyak pesan inspiratif. Bisa bikin kamu tambah bijak memandang kehidupan dan memaknai kebahagiaan, berikut tujuh pesan inspiratif yang bisa kamu petik dari KDrama Chocolate

1. Kebahagiaan bisa diperoleh dari hal-hal sederhana. Jadi temukan hal simpel yang bisa membuatmu bahagia

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Semua orang pasti ingin merasa bahagia. Meski begitu, terkadang menjadi bahagia dipandang sebagai sesuatu yang rumit dan sulit diperoleh. Kebahagiaan dinilai sebagai suatu hal yang hanya bisa dirasakan dalam kondisi "sempurna", seperti memiliki pekerjaan bergaji tinggi atau mempunyai pasangan hidup.

Padahal sejatinya kebahagiaan bukanlah sesuatu yang dicari atau ditemukan, melainkan berhubungan dengan mindset mengenai bagaimana kita memandang apa yang dimiliki sekarang. Selain itu, kebahagiaan sebetulnya dapat diperoleh bukan dari hal-hal sempurna, melainkan dari hal-hal sederhana namun bermakna.

Pelajaran tentang memaknai kebahagiaan sebagai sesuatu yang bisa diperoleh dari hal-hal sederhana ditunjukkan di banyak episode dalam KDrama Chocolate. Walaupun banyak adegan dan kisah sedih dalam KDrama ini, sebagian besar tokohnya mampu melihat hal-hal sederhana apa yang membuat mereka bahagia.

2. Kebahagiaan juga bisa diperoleh dari sikap empati dan membantu sesama

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Salah satu pesan penting yang juga ditunjukkan dalam KDrama Chocolate adalah pentingnya memiliki sikap empati. Hal ini terutama ditunjukkan oleh tokoh Moon Cha Young. Memiliki kehidupan yang sulit dan masa kecil tragis, tidak membuatnya menjadi sosok yang dingin atau sinis.

Sebaliknya, Moon Cha Young selalu berusaha membantu orang lain. Tak hanya membuat orang lain merasa bahagia, bantuan yang ia berikan juga membuat dirinya sendiri merasa bahagia. Hal ini membuktikan bahwa dengan bersikap empati dan membantu orang lain, kamu juga bisa merasa lebih bahagia.

Baca Juga: 10 Adegan Paling Mengharukan KDrama Chocolate, Bikin Banjir Air Mata!

3. Hargailah waktu yang kamu punya dan jalani harimu dengan sebaik-baiknya

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Sebagian besar adegan di KDrama Chocolate berlokasi di sanatorium tempat perawatan paliatif diberikan. Melalui kisah para pasien di sana yang tahu bahwa dirinya tak memiliki banyak waktu untuk hidup lebih lama, ada berbagai pelajaran penting yang bisa diambil. Salah satunya untuk menghargai waktu.

Siapa pun tidak ada yang tahu kapan akan meninggal, karena itu menghargai setiap detik yang dimiliki adalah hal benar yang bisa dilakukan. Maka dari itu, mari jalani setiap harinya dengan sebaik-baiknya. Lakukan apa yang menurutmu benar, optimalkan usahamu, namun jangan lupa beristirahat saat lelah dan sakit. 

4. Jangan melakukan sesuatu yang bertujuan menyakiti hati orang lain karena setiap orang memiliki kisah sedihnya masing-masing

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Walaupun fokus utama cerita Chocolate ada pada kisah Lee Kang dan Moon Cha Young, KDrama ini juga membahas backstory tokoh-tokoh lainnya. Ini seolah mengajarkan pada penonton bahwa setiap orang seyogyanya adalah tokoh utama dari kisah hidupnya masing-masing.

Ini memiliki pesan penting, bahwa setiap orang memiliki luka dan ketidaksempurnaannya masing-masing. Meski begitu, tak semua orang tahu mengena kisah tentang luka tersebut. Bahkan, sering kali mereka hanya menyimpan rasa sakit dan kisah sedih mereka.

Karena itu, mari bersikap baik pada orang lain dan jangan berusaha dengan sengaja untuk menyakiti hari orang lain sebab kamu tidak tahu kisah sedih dan luka apa yang mereka pendam sendirian.

5. Tak selalu motivator, sering kali pelajaran hidup bisa diperoleh dari orang-orang biasa di sekitarmu

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Pelajaran hidup lainnya yang bisa diperoleh saat menonton KDrama Chocolate adalah mengenai betapa inspiratifnya sebetulnya orang-orang yang dari luar nampak seperti seseorang yang "biasa" dan tak terlihat istimewa.

Dari anak-anak, lansia, hingga para staf di sanatorium, kamu bisa melihat bahwa banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari mereka. Ini mengajarkan bahwa tak selalu motivator, orang-orang biasa seperti penjual nasi keliling juga bisa mengajarkan banyak hal tentang hidup. Misalnya, arti perjuangan, pantang menyerah, dan seterusnya.

6. Uang memang penting, namun bukan segalanya. Cinta dari orang-orang tersayanglah yang utama

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Subkonflik KDrama Chocolate yang paling membuat gregetan adalah betapa serakah dan toksiknya keluarga ayah Lee Kang. Paman dan bibinya selalu bertengkar soal uang dan warisan, membuat Lee Kang dan Lee Jun yang adalah sepupu harus terus bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Meski begitu, di beberapa episode menjelang tamat, kamu akan ditunjukkan bahwa sekalipun uang itu penting namun ia bukan segalanya. Lee Kang dan Lee Jun akhirnya merasa lelah dengan perebutan warisan di keluarga mereka. Mereka, terutama Lee Kang, juga menyadari bahwa yang utama adalah cinta dari orang-orang yang ia sayang.

7. Jangan ragu untuk memberikan waktu dan cintamu pada orang-orang terkasih, sebab kamu tak tahu berapa sedikit waktu yang kamu miliki

Perlu Dicatat! Ini 7 Pesan Inspiratif dari KDrama Chocolatedramabeans.com

Di KDrama Chocolate, ada banyak kisah sedih mengenai kepergiaan orang-orang terkasih untuk selamanya. Kisah-kisah tersebut selain bikin banjir air mata, juga menekankan pesan penting bahwa kamu tak pernah tahu berapa banyak waktu yang dipunya untuk dihabiskan bersama orang-orang tersayang. 

Kamu juga tak pernah tahu kapan kematian datang dan berpisah harus dilakukan. Karena itu, pastikan untuk memaksimalkan waktu yang kamu punya dengan orang-orang yang kamu kasihi. Katakan dan buktikan cintamu untuk mereka agar kamu tidak menyesal di masa depan.

Nah, itulah tujuh pesan inspiratif yang bisa dipetik dari KDrama Chocolate. Menginspirasi dan mengajarkan banyak hal, mari catat dan coba praktikkan pesan-pesan inspiratif di atas, ya.

Baca Juga: Mengharu Biru Penuh Air Mata, 5 Alasan Wajib Nonton KDrama Chocolate 

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya