Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!

Badai pasti berlalu~

Sebagai manusia biasa pasti kita pernah merasakan sakit hati yang mendalam. Rasa sakit hati bisa berbeda-beda tergantung setiap pribadinya. Ada yang awet memendam rasa sakit hingga menciptakan dendam, ada pula yang santai dan menganggap lalu masalah yang terjadi.

Kamu beruntung jika jadi tipe orang yang tidak mudah sakit hati dan bersikap santai. Namun bagi kalian yang tidak seperti itu jangan berkecil hati.  Simak 5 cara bijak menyikapi rasa sakit hati mendalam berikut ini deh!

1. Menerima bahwa sakit hati adalah hal yang wajar

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!unsplash.com/samiweisburg

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan penerimaan. Maksudnya adalah sikap menerima bahwa sakit hati adalah hal wajar yang terjadi di urusan percintaan. Siap jatuh hati berarti juga siap patah hati, dua hal tersebut seperti magnet dengan dua kutub beralawanan namun tak terpisahkan. 

2. Mencari solusi untuk menenangkan diri

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!unsplash.com/fuuj

Setelah menerima keadaan dan berdamai dengan sakit hati yang wajar terjadi, saatnya kamu untuk mencari solusi untuk menenangkan diri.

Namun mencari cinta yang baru itu bukan solusi yang bisa kamu ambil lho. Banyak orang yang memilih untuk kembali jatuh hati untuk mengobati patah hati, padahal cara itu tidak efektif karena akan muncul perbandingan antara kisah lama dan kisah barumu.

Lebih baik cari aktivitas yang bisa menghibur kalian, seperti hangout bareng teman, kumpul keluarga, atau me time.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Tak Perlu Membalas Sakit Hati Saat Diremehkan Orang

3. Meluapkan rasa luka yang mengganjal di hati

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!unsplash.com/megindoors

Berdamai dengan patah hati bukan berarti kamu harus membiarkan rasa luka terus mengganjal di dada. Itu semua perlu dikeluarkan agar tak tersimpan menjadi penyakit yang bisa membuatmu semakin kesal kemudian hari.

Bagaimana cara meluapkannya? Pergi traveling dan mengubur semua kenangan lama adalah dua alternatif yang ampuh untuk menghilangkan rasa sesak di hati. Jangan biarkan amarahmu terpendam biar gak jadi dendam. 

4. Mengoreksi sikap agar tidak terulang kembali

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!unsplash.com/arianismmm

Kepahitan ini terjadi pasti sedikit banyak akibat diri kita sendiri. Mustahil bila kita terlahir secara sempurna dan tidak memiliki kekurangan. Makanya wajib untuk mengoreksi sikap pribadi agar momen ini dapat menjadi pelajaran berarti. Kamu harus mengambil sisi baik yang tersimpan di balik situasi yang kelam. 

5. Mencintai diri sendiri lebih besar dari sebelumnya

5 Cara Bijak Menyikapi Sakit Hati yang Mendalam, Jangan Galau Girls!unsplash.com/flemmingfuchs

Dan yang terakhir ini gak boleh ketinggalan, yaitu dengan mencintai diri sendiri lebih dari sebelumnya. Dirimu telah hancur dan terluka maka butuh sesuatu yang bisa mengobati itu semua. Jangan memaksakan untuk bisa bangkit terlalu cepat karena kamu berhak untuk merasa bebas tanpa tekanan.

Sakit hati bukan akhir dari hari indah kalian. Yuk coba terapkan beberapa langkah di atas agar bisa kembali bangkit dan kembali bahagia!

Baca Juga: Bermulut Pedas, 5 Zodiak Ini Sering Bikin Sakit Hati Saat Bicara

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You