Comscore Tracker

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasa

#RamadanMasaKini Tetap semangat berpuasa ya!

Berkurangnya asupan makanan selama bulan puasa sering membuat kita merasa mudah lemas dan tidak bertenaga. Hal itu wajar terjadi karena memang tubuh hanya mengolah makanan sahur hingga waktu magrib tiba.

Namun kalau pekerjaan tidak bertoleransi dan bersahabat denganmu, jangan pusing dan cukup lakukan 5 hal ini untuk menaklukan berbagai tugas selama bulan puasa guys!

1. Relaksasi pikiran dengan aromaterapi

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasaunsplash.com/christinhumephoto

Karena kamu gak bisa makan cokelat atau minum minuman dingin yang bisa menenangkan pikiran, beralihlah dengan memasang aroma terapi di ruangan kerja atau mengoleskannya di bagian tubuh tertentu seperti kepala dan pergelangan tangan.

Perasaanmu akan lebih rileks berkat aroma yang timbul. Pilih beberapa aroma yang berfungsi khusus untuk meredakan stres seperti lavender, jasmine, sandalwood, atau chamomile. 

2. Tentukan prioritas biar waktu terpakai secara efektif

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasaunsplash.com/timmossholder

Maksimalkan tenagamu dengan membuat daftar prioritas hal yang kamu kerjakan seharian. Ini membuat fokusmu tetap terjaga dan meminimalisir energi yang terbuang sia-sia. Jangan lupa pula untuk meletakannya di dekatmu biar bisa mudah dilihat. 

Baca Juga: 5 Ide Ngabuburit Sambil Ibadah, Cara Manfaatkan Waktu Sore Puasa

3. Tempatkan diri di suasana sepi yang bikin fokus terjaga

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasaunsplash.com/bkotynski

Tugas kuliah gak mau bertoleransi selama bulan puasa? Tenang! Senyapkan suasana dan mulailah fokus mengerjakannya. Kondisi yang tenang membuat pikiranmu tidak mudah terpecah. Kamu juga akan terhindar dari gangguan yang bisa menghambat perkerjaan.

4. Kalau kesepian ajak teman biar makin semangat

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasaunsplash.com/kobuagency

Tapi jika kamu tipe orang yang mudah ngantuk bila sendirian dan berada di tempat yang nyaman, maka ajak satu atau dua orang teman untuk menemani. Dengan begitu ada orang lain yang bisa mengingatkan bahkan membantu menyelesaikan tugasmu. Enak kan?

5. Manfaatkan fasilitas yang ada agar tugas cepat selesai

Jangan Pusing! Lakukan 5 Hal Ini Saat Banyak Tugas Selama Berpuasaunsplash.com/iamtru

Salah satu fasilitas yang kini jadi milik semua orang ialah teknologi! Lupakan cara lama bila kamu suka mencatat di kertas. Gunakan laptop dan cetak tulisanmu. Kemudian gunakan juga internet yang punya segudang informasi tak terbatas. Kini sudah banyak aplikasi pembantu dalam berbagai persoalan. Cobalah untuk mencari yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Karena menjalankan puasa dan bekerja itu sama-sama bernilai ibadah, kamu jangan patah semangat dan terus berusaha ya untuk melakukannya bersamaan. Tetap semangat berpuasa!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya