Comscore Tracker

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!

Kamu harus bisa bertindak cepat agar tidak semakin tersiksa

Masa lalu adalah bayang-bayang yang sulit lepas dari pikiran. Apa yang telah terjadi dan membekas di memori akan selamanya tinggal bila kita tetap ingin menjaganya. Meskipun waktu terus berjalan dan orang baru bermunculan, perasaan itu kerap kali mengganggu seolah tak ingin tergantikan. 

Jika kamu merasa lelah menanggapinya, berikut 5 cara melupakan sisa perasaan di masa lalu.

1. Menjadi mati rasa dengan hal-hal yang pernah terjadi

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!unsplash.com/@joaoferrao

Karena masa lalu adalah sekumpulan kenangan tentang hal-hal yang sudah terlewat, maka kini waktunya membiarkannya untuk berlalu. Jangan lagi mengingat betapa hangat dan bahagianya perasaan di saat itu, bila memang membuat kalian tersiksa di masa sekarang. 

Ikuti alur waktu yang akan membawa kenangan itu perlahan luntur dalam ingatan. Lakukan secara natural tanpa ada paksaan, caranya adalah dengan menjadi mati rasa dengan hal-hal yang pernah terjadi.

2. Menekannya agar tidak memberi pengaruh besar

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!unsplash.com/@tamarabellis

Setelah itu usahakan untuk bisa menekan perasaan tadi agar tidak memberi pengaruh besar pada dirimu yang sekarang. Luka lama membuat apa yang terjadi di masa depan terasa lebih berat karena menanggung beban ganda. Jika terus dibiarkan ini akan menjadi kelemahan yang bisa menggerogoti kemampuan diri kalian, karena secara tidak sadar kamu akan dikuasai oleh rasa tersebut. 

Baca Juga: Gak Melulu Sakit Hati, Ini 5 Keuntungan Temenan Sama Orang Blak-blakan

3. Mencari hal baru yang bisa menggantikan perasaan itu

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!unsplash.com/@nduell

Hal baru bisa diartikan menjadi beberapa bagian, misalnya kegiatan atau seseorang. Terkadang seseorang lama bergulat dengan masa lalunya karena terlalu takut memulai hal yang baru. Padahal dengan cara seperti ini proses melupakan akan berjalan lebih ringan.

Intinya kamu harus memperbanyak asupan energi positif agar membuat energi negatif kesedihan tidak lagi mendapat tempat di hati kalian. 

4. Meminta bantuan orang lain untuk mengatasinya

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!unsplash.com/@kaleidico

Jangan sungkan untuk meminta bantuan saat kamu merasa tak mampu menangani semuanya sendirian. Pilih orang yang tepat sesuai dengan masalah, akan lebih baik lagi bila kamu pergi ke seorang profesional. Bantuan orang lain bukan berarti tanda kelemahan kalian dalam menyelesaikan masalah, tapi demi efektivitas tindakan ini sah-sah saja dilakukan. 

5. Menuntaskan masalah langsung kepada yang bersangkutan

5 Cara Melupakan Sisa Perasaan di Masa Lalu, Bikin Hidup Lebih Tenang!unsplash.com/@theexplorerdad

Cara terakhir dan sekaligus yang paling berat dilakukan adalah dengan menuntaskan masalah langsung kepada yang bersangkutan. Memang hal ini tidak semudah yang dibayangkan, tapi dengan berani bertindak langsung urusan pun akan semakin cepat selesai. Karena sekecil-kecilnya perkara atau ganjalan yang masih tersisa itu akan menghambat proses penyembuhan luka. 

Nah, setelah mengetahui 5 hal di atas tadi mulai sekarang kamu gak perlu galau lagi terjebak di masa lalu ya, guys!

Baca Juga: Begini 7 Cara Berhenti Terpaku pada Kesalahan di Masa Lalu

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You