Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Ini

Gemar bertanya bukan berarti kamu orang yang cerewet!

Dengan bertanya, kita jadi bisa mendapatkan jawaban dari hal-hal yang tidak kita mengerti. Namun, kegiatan yang kedengarannya mudah dilakukan ini, nyatanya masih banyak orang yang enggan atau malu untuk melakukannya. Entah karena takut dianggap cerewet atau bahkan takut dianggap sebagai seseorang yang gak bisa mandiri.

Padahal, dengan berani bertanya kita jadi punya insight atau pemahaman baru yang pastinya bakal berguna banget untuk kehidupan kita nantinya. Setidaknya, ada lima alasan mengapa kita sebagai manusia, gak boleh malu untuk bertanya!

1. Bertanya penting agar kepercayaan dirimu meningkat

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Iniilustrasi bertanya kepada senior (pexels.com/mentatdgt)

Bayangkan kalau kamu selalu takut atau malu untuk bertanya, lama-lama perasaan tersebut akan menyusahkan diri kamu juga nantinya. Kamu jadi gak bisa leluasa mengungkapkan apa yang menjadi kegelisahanmu hanya karena takut bertanya.

Padahal, tidak apa-apa kalau kita menanyakan sesuatu kepada yang lebih tahu. Justru, kebiasaan malu bertanya seperti ini gak hanya akan memengaruhi akademikmu saja, lho. Bisa jadi malah berpengaruh lebih jauh ke kehidupan nyatamu nantinya!

Maka dari itu, kamu perlu membiasakan diri untuk berani bertanya. Dengan melakukannya, dipastikan kepercayaan dirimu juga bakal ikut meningkat, karena kamu jadi gak takut lagi mengungkapkan hal yang mengganjal di benak atau bahkan membingungkan bagimu.

2. Pengalaman orang lain bisa menjadi pelajaran berharga bagimu

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Iniilustrasi orang sukses (pexels.com/Edmond Dantès)

Ada banyak hal yang tentunya sudah dirasakan oleh orang-orang yang lebih dulu sukses dari kita. Hal ini bisa jadi kesempatan yang bagus, kalau saja kamu gak malu bertanya kepada mereka tentang cara mencapai kesuksesan tersebut.

Pastinya, ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa diambil dari kisah hidup seseorang yang telah sukses menjalani pahit-manisnya kehidupan.

Kamu bisa juga, lho mendapatkannya dari orang-orang sukses di sekitarmu. Meskipun ada banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk belajar, namun mendengar pengalaman hidup seseorang biasanya akan meninggalkan kesan yang lebih nyata, sehingga kamu juga bisa lebih realistis dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidup

3. Untuk meminimalisir kegagalanmu di masa depan

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Iniilustrasi kegagalan seorang pria (pexels.com/Alex Green)

Ada kalanya, meskipun belum terlalu paham mengenai sebuah hal, kita lebih memilih untuk mencari tahu jawabannya sendiri. Memang sih, hal itu bukanlah kesalahan. Akan tetapi, kalau ada orang di sekitar kita yang memang lebih paham akan hal yang tidak kita mengerti, bukankah lebih bagus jika kita bertanya dan meminta penjelasan darinya?

Terkadang, mencari dan menerka-nerka jawaban sendiri bakalan memicu kita untuk keliru dalam memahami sesuatu. Bukan gak mungkin kalau nantinya kamu bakal gagal menyelesaikan masalah tersebut. Nah, untuk meminimalisir kegagalanmu saat proses memecahkan masalah, jangan sungkan-sungkan atau malu bertanya pada yang lebih tahu, ya!

4. Agar kita bisa menyelesaikan permasalahan dengan solusi yang tepat

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Iniilustrasi keberhasilan seorang pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dengan bertanya, kita jadi lebih bisa memahami akar dari sebuah permasalahan. Tentunya, hal seperti ini membuat kita lebih mudah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Coba saja kalau kamu tidak bertanya dan langsung mengambil kesimpulan saat itu juga, belum tentu permasalahan tersebut juga akan langsung selesai begitu saja.

Menyelesaikan masalah pastinya bukan hal yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu dipikirkan secara matang-matang. Maka dari itu, supaya gak salah ambil langkah, jangan biasakan dirimu untuk enggan bertanya!

5. Supaya kamu punya pola berpikir yang lebih luas

5 Alasan Mengapa Kita Gak Boleh Malu Bertanya dalam Hidup Iniilustrasi berpikir (unsplash.com/Magnet.me)

Meskipun sudah mendapatkan satu jawaban, kita tetap tidak boleh berhenti mencari apalagi menutup mata begitu saja terhadap jawaban-jawaban lain. Dengan rajin bertanya, itu artinya kamu bakalan mendapat tambahan informasi yang bisa membuat pandanganmu terhadap sesuatu jadi berkembang lebih luas.

Tentunya, kalau ada masalah baru, kamu jadi bisa melihat sesuatu dengan lebih bijak dan gak serta merta menyimpulkannya dari satu sudut pandang saja. Akan tetapi, melihat dan mempertimbangkan sudut pandang lain juga.

Nah, setelah mengetahui lima alasan di atas, semoga gak ada lagi yang berpikir kalau kegiatan bertanya adalah sesuatu yang memalukan dan harus dihindari. Selama gak merepotkan orang lain, ngapain harus malu bertanya?

Baca Juga: 6 Cara Hidup Lebih Santuy dan Menikmati Setiap Proses Kehidupan

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya