Comscore Tracker

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAja

Agar menulis jadi gak terasa beban!

Seorang penulis memang membutuhkan mood atau suasana hati yang bagus saat akan mulai merangkai kata-kata. Ini dimaksudkan agar nantinya, hasil akhir tulisan menjadi enak dibaca dan pembaca pun bisa memahami poin penting yang kita sampaikan pada tulisan tersebut.

Menjaga mood agar senantiasa bagus pun bukanlah hal yang cukup mudah, terlebih keadaan sekarang yang memaksa kita untuk membatasi diri dari dunia luar. Tapi gak perlu cemas! Karena pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa rutinitas pagi yang siapa tahu setelah kamu lakukan, bisa meningkatkan mood menulismu walau lagi #DiRumahAja!

1. Bereskan tempat tidurmu

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAjapexels.com/Daria Shevtsova

Mungkin kebanyakan dari kalian, sepertinya menjadikan kamar pribadi sebagai ruangan yang biasa dipakai untuk menulis. Benar gak? Kalau iya, lebih baik biasakan untuk membersihkan tempat tidur dan juga kamarmu sebelum mulai menulis, ya!

Ruangan yang nampak seperti kapal pecah, pasti membuat seseorang jadi gak semangat untuk menulis. Bahkan, ruangan yang berantakan juga dipercaya bisa memancarkan energi negatif bagi penghuninya. Kamu sendiri tentunya gak betah, kan melihat ruangan yang sumpeknya minta ampun?

2. Bantu orangtuamu terlebih dulu

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAjapexels.com/Katerina Holmes

Tanyakan pada orangtuamu, ada yang ingin disuruhkan atau tidak? Hal ini perlu kamu lakukan, agar kamu bisa fokus sepenuh hati untuk menyelesaikan tulisan nantinya. Pasti gak nyaman banget, kan saat lagi enak-enaknya nulis, eh tiba-tiba disuruh ini-itu sama orangtuamu.

Atau opsi lainnya, kamu bisa langsung inisiatif untuk membantu beres-beres rumah, kemudian mintalah kepada ayah atau ibumu untuk jangan dulu menyuruhmu dalam jangka waktu tertentu. Katakan kalau kamu sedang ingin fokus buat menulis!

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi Stres

3. Lakukan olahraga ringan dari dalam rumah

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAjapexels.com/Elly Fairytale

Coba deh, biasakan untuk melakukan olahraga ringan di pagi hari. Awali dengan pemanasan, kemudian bisa lakukan peregangan atau lari-lari kecil di dalam kamarmu. Gak cuma menyehatkan badan, tapi olahraga ringan juga bisa bantu membuat suasana hatimu jadi bahagia, lho. Kegiatan menulis pun jadi gak terasa begitu berat untuk dilakukan!

Biar makin asyik, kamu bisa setel musik kesukaanmu sambil berolahraga. Kalau bisa sih, pilihlah musik bernuansa jedag-jedug untuk membangkitkan energi positif dalam dirimu!

4. Biasakan untuk gak melewatkan sarapan

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAjaunsplash.com/Raphiell Alfaridzy

Percayalah, meski kamu sudah menguasai topik tulisan tertentu, tapi kalau tubuhmu belum diberi asupan energi, tetap saja kamu akan susah untuk merangkai kata-kata saat akan menulis nantinya. Maka dari itu, usahakan sarapan yang cukup ketika pagi hari. Dijamin deh, gak bakal nge-blank saat lagi asyik-asyiknya nulis!

5. Buatlah aturan perihal kapan harus menulis dan kapan waktunya kamu beristirahat

5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAjapexels.com/cottonbro

Kamu gak perlu menyusun jadwal menulis yang terlalu ketat, misal dalam waktu 1 jam sudah harus bisa menghasilkan satu artikel. Santai saja, yang penting hasil akhirnya nanti, tulisanmu jadi enak dibaca dan pembaca pun mendapat ilmu baru setelah membaca tulisan yang kamu buat.

Kalau setelah menyelesaikan satu tulisan otakmu terasa panas, ya sudah, istirahatkan saja tubuh dan pikiranmu sementara. Gak usah langsung buru-buru ingin menulis topik artikel selanjutnya!

Itulah lima rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan mood menulismu meski lagi di rumah aja! Semoga tips yang dipaparkan bisa bermanfaat buat kamu semua yang lagi baca artikel ini, ya!

Baca Juga: Agar Ide Selalu Mengalir, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Menulis

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya