Comscore Tracker

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosial

Pembenci akan semakin senang jika kamu terus meladeninya!

Fanwar adalah pertengkaran yang biasanya terjadi antar penggemar dari idola atau grup tertentu dengan penggemar lainnya. Istilah ini terbilang cukup umum digunakan di kalangan KPopers atau peminat KPop.

Dari banyaknya perang antar fans di media sosial, beberapa di antaranya bahkan ada yang sampai melibatkan kekerasan verbal dan fisik di dalamnya. Ya, meskipun fanwar di masa kini kebanyakan terjadi di media sosial. Tapi tindakan fanwar apa pun itu tetap saja gak bisa dibenarkan.

Sebab, banyak sekali dampak negatif yang pasti bakal dirasakan ke depannya. Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk menghindari fanwar, termasuk yang terjadi di media sosial. Berikut lima alasannya!

1. Karena fanwar seperti ini memang gak akan ada habisnya

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosialilustrasi generasi Z bermain sosial media (Pexels.com/Vanessa Loring)

Bisa dibilang, tindakanmu yang terus-menerus meluangkan waktu hanya untuk membela idolamu, bakal berujung membuatmu kelelahan. Di setiap media sosial pasti akan selalu ada orang-orang yang tidak suka dengan kita. Jadi, gak usah memberikan para haters itu panggung untuk mereka bicara.

Lagi pula, diam bukan berarti kamu kalah. Malah justru kamu adalah pemenangnya. Sebab, dengan kamu tidak meladeni mereka, itu artinya kamu sudah selamat dari harus menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak ada habisnya.

2. Waktumu terlalu berharga untuk dihabiskan dengan fanwar semata

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosialilustrasi membela idola di media sosial (pexels.com/cottonbro studio)

Fanwar yang terjadi di media sosial memang sangat sulit dihentikan. Begitu kamu selesai meladeni satu pembenci, pasti akan muncul pula pembenci-pembenci lain yang terus menebarkan ketidaksukaannya pada bias atau grup favoritmu.

Itulah kenapa baiknya kamu membiarkan saja orang-orang seperti itu. Waktumu terlalu sayang dihabiskan hanya untuk meladeni para haters itu. Lebih baik, gunakan waktu luangmu untuk hal-hal menyenangkan lain, ketimbang membaca komentar haters yang bikin naik darah.

3. Kamu akan stres bila pembenci semakin membeludak

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosialilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Satu hal yang perlu diingat ketika mengidolakan seseorang adalah jangan sampai kamu terbawa perasaan hingga kita terlalu berlebihan dalam mencintai mereka. Sebab, perasaan berlebihan seperti itu pasti akan berpengaruh terhadap sikap kita ke depannya.

Bila suatu saat idola kesayangan kita mendapat banyak sekali ujaran kebencian, pasti kamu akan merasa sangat marah. Ujung-ujungnya, emosi tersebut akan mengarahkanmu untuk terus-terusan memberi statement pembelaan.

Padahal, seperti yang disinggung sebelumnya, kita tahu bahwa pembenci seperti itu memang gak akan ada habisnya. Yang ada kamu bakalan stres dengan komentar kebencian yang tak henti-hentinya dilontarkan orang lain di media sosial.

Baca Juga: Ini Lho Hal yang Paling Sering Sebabkan Fanwar Antar Fandom KPop

4. Sulit untuk menasihati mereka yang memang tidak ingin mendengar fakta

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosialilustrasi kebingungan (unsplash.com/Elisa Ventur)

Sangat sulit untuk menasihati mereka yang berbeda pemikiran dengan kita. Barangkali mereka sudah terlalu jatuh ke dalam opini yang mereka buat sendiri atau dengar dari orang lain.

Jadi, tindakanmu yang terus-terusan membela dengan memberikan fakta atau statement pembenaran, tidak berarti bakal langsung membuat mereka setuju. 

Baiknya cukup berikan satu opini pembelaan saja, setelah itu tinggalkan. Masalah ingin percaya atau tidak, serahkan semuanya pada keputusan mereka. Jika masih bebal, itu berarti mereka memang sengaja mau menebar kebencian. Sudahlah, biarkan saja karma yang menghukum mereka.

5. Mereka akan semakin senang jika kamu terus meladeninya

5 Alasan Baiknya Jangan Terlibat Fanwar di Media Sosialilustrasi asyik dengan media sosial (Pexels.com/nappy)

Sadar gak kalau para haters itu sebenarnya mengetikkan kalimat kebencian hanya untuk menarik perhatianmu? Dengan kamu terus-terusan membalas komentar atau menyatakan ketidaksetujuan, pastinya bakal membuat mereka semakin senang berdebat denganmu.

Padahal kalau dipikir-pikir, mereka yang hobi menebar kebencian itu sebenarnya hanyalah seseorang yang pola pikirnya belum dewasa atau barangkali gak punya kesibukan di dunia nyata. Jadi, kalau kamu masih hobi meladeni mereka, mungkin ada yang harus dibenahi dari dirimu? 

Fanwar apa pun itu baiknya memang dihindari. Jadilah penggemar yang bijak dan cerdas. Utamakan diri sendiri dulu sebelum membela idola kesayangan. Jangan habiskan waktumu hanya untuk kegiatan kurang berguna seperti fanwar di media sosial.

Baca Juga: 5 Tips Agar Menjadi High Quality KPopers, Biar Gak Fanwar!

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya