Comscore Tracker

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisan

Apakah kamu masih berpikiran seperti ini juga?

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu. Bisa karena niat ingin membantu, mencari pendapatan, atau murni karena ingin menekuni hobi saja. Sebenarnya di masing-masing kegiatan yang kita lakukan, pasti ada saja faedah atau manfaat yang bisa diambil darinya. Gak terkecuali dengan mereka yang bergelut di dunia kepenulisan.

Namun sayangnya, masih ada segelintir orang yang punya pandangan lain terhadap mereka-mereka yang berada di bidang tersebut. Hal itu pun memicu munculnya beberapa kesalahpahaman seperti yang ada pada pembahasan di bawah. Berikut ini lima hal yang sering disalahpahami dari orang yang bergelut di dunia kepenulisan.

1. Orang yang suka menulis dianggap jago ngomong atau kemampuan public speaking-nya bagus

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisanilustrasi public speaking (pexels.com/fauxels)

Mungkin, pemikiranmu yang menganggap bahwa orang yang suka menulis pasti juga jago public speaking, dipengaruhi oleh beberapa penulis buku yang biasanya sering show up ketika sedang melangsungkan acara bedah buku. Apakah benar begitu?Padahal, yang namanya kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda.

Tentunya agar bisa jago di satu bidang perlu cara belajarnya masing-masing. Gak selalu orang yang suka menulis pasti juga pandai public speaking. Ya, meskipun kegiatan menulis memang melatih kita untuk terbiasa menuangkan gagasan yg ada di pikiran. Namun, untuk menampilkan bahasan tersebut, apalagi di depan banyak orang tetap perlu latihan tersendiri.

Mulai dari cara menyampaikan materi, bahasa tubuh yang digunakan, pembawaan diri, dan tentunya kepercayaan diri yang bagus. Tetap saja untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik diperlukan latihan yang spesifik.

2. Orang yang suka menulis pasti tahu banyak hal

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisanilustrasi bertanya (pexels.com/Charlotte May)

Mungkin iya, tapi mungkin juga tidak. Karena pada dasarnya, untuk menulis sesuatu memang perlu banyak bacaan dari berbagai sumber dan juga disiplin ilmu. Namun, setiap penulis tentunya memiliki konsentrasi atau bahasan materi yang berbeda-beda.

Jadi, kamu perlu mengetahui dulu, topik tulisan mana yang sering jadi bahasan sang penulis. Jangan sampai kamu menanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah berada di luar jangkauannya. Berlaku juga buat penulis yang kelihatannya ahli di berbagai topik. Kamu gak boleh kesal apabila penulis yang kamu tanyai, ternyata gak tahu jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan.

Meskipun karya tulis yang ia miliki sudah banyak dan punya topik beragam. Bukan berarti mereka bisa selalu menjawab semua pertanyaan yang kamu tanyakan. Ingat ya, kapasitas tiap orang itu beda-beda. Jadi, jangan lagi menganggap bahwa orang yang suka menulis itu pasti tahu banyak hal.

Baca Juga: 5 Sikap yang Menimbulkan Kesalahpahaman, Cegah sebelum Terlambat

3. Mereka yang hobi menulis dianggap buang-buang waktu saja

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisanilustrasi menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kesalahahpahaman gak cuma terjadi pada orang yang berprofesi di bidang kepenulisan, akan tetapi berlaku juga buat mereka yang menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi. Alasannya adalah karena masih banyak yang menganggap bahwa punya hobi menulis itu hanya membuang-buang waktu saja. Katanya, "buat apa cape-cape menulis, kalau nantinya juga gak dapat cuan?"

Padahal, gak semua hal yang kita lakukan mesti selalu didasari karena uang. Sebab, orang yang suka menulis pun pasti memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih melakukan hal tersebut. Tapi entah mengapa, yang kebanyakan orang pikir, justru semua hal yang kita lakukan harus berorientasi pada materi atau mendatangkan keuntungan berupa uang.

4. Banyak yang menganggap bahwa menjadi seorang penulis adalah pekerjaan yang mudah

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisanilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Memang, kalau kita hanya melihat dari sudut pandang sebagai orang yang awam dalam dunia kepenulisan, mungkin kita bisa dengan mudah beranggapan demikian. Padahal, yang kebanyakan orang gak tahu, meski kelihatannya dari luar mudah, tetap saja setiap profesi pasti memiliki kesulitannya tersendiri.

Dalam hal ini, seorang penulis gak cuma harus punya kemampuan yang bagus terkait topik yang ingin dibahasnya. Akan tetapi, juga perlu kemampuan mengolah kata serta kreativitas yang baik untuk menyajikannya ke dalam tulisan.

Selain itu, sama seperti pekerjaan lainnya. Para penulis pun juga harus berkutat dengan mood yang naik turun. Jadi, sangat gak pantas kalau kita meremehkan mereka-mereka yang bekerja sebagai seorang penulis, karena belum tentu juga kita bisa mengerjakan apa yang mereka lakukan.

5. Mereka yang menekuni dunia kepenulisan dianggap remeh, karena pendapatan yang tidak besar

5 Kesalahpahaman dari Orang yang Bergelut di Kepenulisanilustrasi diremehkan (pexels.com/Mike van Schoonderwalt)

Padahal, meskipun profesi sebagai penulis jarang menjadi perbincangan orang, karena selalu dibayang-bayangi oleh profesi lain yang lebih prestisius. Namun, bukan berarti mereka yang memutuskan untuk menggeluti profesi di bidang ini akan mendapat penghasilan yang kecil.

Lagi pula, sekarang ini sudah banyak sekali muncul kantor media baru yang mana di dalamnya membutuhkan tenaga khusus di bidang kepenulisan. Bayarannya pun bermacam-macam tergantung dari jenis profesinya. Sebab, profesi menulis sendiri sebenarnya terbagi ke dalam banyak kategori.

Bahkan, di masa kini sudah banyak sekali platform online yang bisa jadi tempat untuk mengirimkan tulisan dengan bayaran yang menguntungkan. Sudah tentu hal tersebut bisa jadi tambahan pendapatanmu, selain penghasilan dari pekerjaan utama. Jadi, gak ada ruginya untuk mulai belajar menulis dari sekarang.

Banyak hal yang sering disalahpahami dari orang yang bergelut di dunia kepenulisan seperti di atas. Semoga setelah mengetahui penjelasannya, gak ada lagi yang memandang remeh mereka-mereka yang berprofesi sebagai penulis atau sekadar hobi menulis.

Baca Juga: 6 Kesalahpahaman yang Bikin Hidup Jadi Makin Stres, Wajib Diluruskan!

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya