Comscore Tracker

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'

Patut dicoba bagi yang mudah ketakutan, walau di kegelapan

Salah satu objek yang sering dinilai banyak orang menakutkan, ialah hantu atau makhluk halus. Walaupun keberadaannya masih menjadi tanda tanya, tetap saja ada beberapa dari kita yang masih takut dengan sosok menyeramkan ini, kan? 

Ingin ke kamar mandi malam-malam saja, masih belum berani karena terbayang-bayang akan kehadiran mereka. Hayo, ngaku gak, nih?

Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketakutan akan makhluk yang satu ini. Hah, emangnya bisa? Bisa, kalau kamu rajin melakukannya. Untuk tahu penjelasan lengkapnya, yuk, lanjut scroll ke bawah!

1. Hindari menonton tayangan menyeramkan terlalu sering

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'ilustrasi melihat tayangan menyeramkan (pixabay.com/Sammy-Sander)

Salah satu hal yang jadi pemicu mengapa kita terus merasa ketakutan akan sosok menakutkan ini adalah karena kita terlalu sering menyaksikan tayangan bertema horor.

Wujud hantu yang ditampilkan secara jelas di film atau video horor bisa meninggalkan kesan yang kuat di ingatan kita. Akhirnya, saat ada di situasi yang gelap dan sepi, sosok tersebut juga bisa ikut segera melintas di benak kita dan membuat kita semakin merasa ketakutan.

Nah, kalau kamu ingin mengatasi ketakutanmu ini, mulai dari sekarang kurang-kurangi menonton tayangan menyeramkan tersebut. Dengan rutin melakukannya, ingatanmu akan sosok hantu yang menakutkan perlahan bisa memudar. Jadi, kamu bisa mengendalikan dirimu dengan lebih tenang saat ada di situasi yang mencekam.

2. Kurangi juga membaca bacaan bertemakan dunia gaib dan sejenisnya

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'ilustrasi membaca buku (unsplash.com/Laura Chouette)

Selain video horor, membaca buku yang temanya menyeramkan juga terdengar begitu menarik untuk disimak. Tapi, jenis bacaan seperti ini juga punya dampak yang sama untuk membuatmu semakin takut, lho.

Buku yang menampilkan tema seperti ini biasanya menampilkan cerita yang terdengar begitu realistis, bahkan terkadang dilengkapi dengan ilustrasi yang membuat sosok yang ada di dalam cerita, semakin terbayang-bayang di ingatan kita. Jadi, kalau gak mau semakin takut, kurang-kurangi membaca bacaan seperti ini, ya!

3. Jangan ikut nongkrong saat ada yang menggosip hal horor

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'ilustrasi kumpul-kumpul (unsplash.com/Beth Macdonald)

Menggosipkan sesuatu apalagi hal-hal yang berbau horor, memang jadi kegiatan yang sangat menarik untuk diikuti. Kalau ada yang mulai menceritakan pengalamannya terkait sesuatu di luar nalar, pasti membuat kita jadi semakin penasaran untuk mendengar kelanjutannya.

Nah, kalau ada yang kegiatan seperti ini, apakah kamu juga sering ikut menimbrung? Kalau iya, mending jangan diikutin lagi, deh, kecuali kamu memang sudah gak merasa takut lagi dengan hal-hal horor. Terlalu sering mendengar cerita seperti ini, justru akan membuat imajinasimu akan sosok menyeramkan tersebut, semakin susah dihilangkan dari ingatan.

Baca Juga: Kenapa Hantu Bisa Tertangkap Kamera, Berani Nyobain Sendiri?

4. Saat merasa takut, segera afirmasikan pemikiran positif ke dalam dirimu

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'Mengalihkan pikiran dengan mendengarkan musik di smartphone. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila mulai merasakan ketakutan atau terlintas hal negatif di dalam pikiranmu, jangan fokuskan pikiranmu ke dalam hal tersebut. Akan tetapi, cobalah mengalihkannya menjadi hal positif seperti mengingat kejadian menyenangkan yang sebelumnya telah kamu alami.

Atau kalau gak mampu mengingatnya, boleh juga coba memutar musik kesukaan atau menonton video lucu di smartphone untuk mengalihkan pikiran agar kamu gak takut lagi nantinya. Gimana, mau mencoba juga?

5. Biasakan berdoa dan permisi dulu sebelum melakukan sesuatu

5 Cara Mengurangi Ketakutan pada Makhluk 'Halus'ilustrasi berdoa (pexels.com/Arina Krasnikova)

Bagi kamu yang memegang kepercayaan tertentu, cobalah biasakan untuk melakukan amalan seperti berdoa sebelum berbuat sesuatu, seperti ketika mau tidur misalnya.

Gak cuma itu, kamu juga perlu membiasakan diri untuk permisi atau meminta izin pada 'mereka' ketika berada di tempat tertentu. Cukup katakan dengan suara yang pelan, "permisi sebentar, ya, tolong jangan ganggu saya dulu." Setelah itu ucapkanlah terima kasih saat ingin beranjak dari sana.

Memang, melakukan dua hal di atas gak serta merta langsung membuatmu jadi orang paling pemberani sedunia. Namun, dengan melakukannya, paling tidak hatimu jadi sedikit tenang karena kamu percaya bahwa sudah ada yang menjaga atau melindungimu.

Memang pada kenyataannya sulit sekali untuk menjauhi sesuatu yang berbau horor. Karena selain topik tersebut memang menarik untuk diikuti, kita juga hidup di Indonesia di mana kepercayaan akan hal-hal berbau mistis, masih melekat di budaya kita. Akan tetapi, semoga tips-tips di atas bisa membantu untuk mengurangi ketakutanmu akan hal ini, ya!

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Hantu yang Terkait Kesedihan & Penyesalan

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya