Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Lalu

Sebab gak baik kalau terus-menerus dipikirkan

Barangkali, di momen tertentu kamu pernah mengalami kejadian yang memalukan. Apesnya lagi yang mengetahui kejadian tersebut gak cuma diri kamu saja. Akan tetapi, orang lain juga turut menyaksikan sesuatu yang harusnya jadi aib bagimu.

Kalau dipikir-pikir, gak cuma saat kejadian saja kamu merasa malu. Namun, meskipun waktu telah berlalu, kamu masih saja teringat akan momen kurang mengenakkan tersebut. Bila kamu merasakan hal ini, baiknya jangan terlalu diambil pusing. Mengapa demikian? Berikut lima alasannya.

1. Supaya kamu tetap bisa fokus menjalani hari

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Laluilustrasi olahraga di pagi hari (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Bila sampai sekarang kamu masih suka memusingkan kejadian memalukanmu di masa lalu, maka sebaiknya mulai kurang-kurangi melakukannya. Sebab, hal itu hanya akan menghambat kegiatanmu di masa sekarang. Memang buat apa, sih, memikirkan sesuatu yang sudah berlalu?

Toh yang sudah terjadi gak akan mungkin bisa diulang kembali. Terus menyesalinya juga gak akan membuat kehidupanmu berubah. Lebih baik ikhlaskan saja agar kamu bisa fokus mengerjakan apa yang bisa dilakukan saat ini.

2. Sebab di balik kejadian memalukanmu itu, pasti ada hikmah yang bisa diambil

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Laluilustrasi merenung di kamar (unsplash.com/Kinga Chichewicz)

Memang, sih, kalau dipikir-pikir, pasti kita malu banget dengan kejadian yang pernah kita alami di masa lalu. Tapi, kalau kamu mau mengambil waktu sejenak untuk merenunginya, kamu akan menyadari bahwasanya ada banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari setiap peristiwa yang kamu temui di masa lalu.

Cobalah untuk berpikir dan menimbang-nimbang kembali momen memalukanmu di kala itu. Mungkin saja dari kejadian tersebut, sebenarnya ada banyak hal baik yang bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran kedepannya. 

Misalnya, kamu jadi belajar untuk lebih berhati-hati agar hal tersebut gak terulang kembali. Karena dari pengalaman, kita bisa belajar banyak hal darinya. Jadi, gak usah malu lagi dengan hal-hal yang sudah terjadi di masa lalumu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Momen dan Menikmatinya dalam Hidup

3. Sebab gak semua orang bakal ingat dengan kejadian tersebut

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Laluilustrasi tertawa (unsplash.com/Ben White)

Meskipun ada banyak orang yang melihatmu saat kamu sedang berada di situasi memalukan tersebut, kamu gak perlu khawatir. Sebab seiring berjalannya waktu, orang-orang juga pasti bakal lupa dengan kejadian tersebut. 

Lagi pula, masalah datang silih berganti. Seiring bertambahnya usia, ada banyak tantangan hidup yang mesti dilalui oleh setiap orang. Sehingga gak ada untungnya juga bagi mereka untuk mengingat kejadian memalukan yang kamu alami. Jadi, gak usah khawatir lagi, ya!

4. Sebab gak bakal ada yang bisa dikenang kalau kamu tak mengalaminya

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Laluilustrasi berpikir (pixabay.com/Free-Photos)

Coba kamu pikir-pikir lagi, kalau saja kamu gak mengalami momen memalukan tersebut, kira-kira apa yang bisa kamu kenang sekarang? Mungkin terkadang, kadar momen memalukan yang kamu alami dahulu, ada yang terasa parah sekali bila diingat-ingat atau hanya sebatas kejadian lucu saja. 

Namun, bila kamu berpikir sejenak, harusnya kamu bisa merasa bangga ketika membandingkan dirimu yang sekarang dengan yang dulu. Mungkin di masa lampau kamu adalah orang yang ceroboh atau teledor. Berbeda dengan sekarang yang mana kamu telah bertransformasi menjadi pribadi yang lebih disiplin dan detail.

5. Sebab kegiatan tersebut adalah kesia-siaan

5 Alasan Kenapa Gak Perlu Memusingkan Momen Memalukan di Masa Laluilustrasi melamun (unsplash.com/Anthony Tran)

Salah satu kegiatan yang bisa dibilang membuang-buang waktu adalah memikirkan kejadian-kejadian yang sudah terjadi di masa lalu. Kalau kejadiannya menyenangkan, sih, maka hal itu gak masalah karena momen seperti itu memang layak untuk diingat kembali.

Tapi, kalau momennya memalukan, buat apa mengingatnya lagi? Tidak ada yang bisa diambil dari kejadian tersebut selain pelajaran untuk lebih berhati-hati, agar kedepannya hal tersebut gak terulang kembali. Jadi, gak usah terlalu ambil pusing semua yang sudah berlalu, karena hal tersebut hanya akan membuang-buang waktumu.

Nah, sudah tahu, kan, lima alasan kenapa gak perlu terlalu memusingkan momen memalukan di masa lalu? Semoga kamu jadi lega dan gak terlalu cemas akan hal ini lagi. Lagi pula, memikirkan apa yang bisa dicapai sekarang, lebih baik ketimbang terus menyesali sesuatu yang sudah gak bisa diubah lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Kamu Cari agar Hidup Jadi Lebih Bermakna

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya