Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!

Gurita pun bisa memberikan banyak nasihat hidup, lho

Gurita tentunya sudah bukan lagi menjadi hewan yang aneh bagi banyak orang. Hal ini karena sudah cukup banyak penyajian menu yang menggunakan gurita sebagai komposisi lezatnya hidangan. Selain itu, hewan bertentakel ini juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya mudah dikenali.

Bahkan, ternyata keunikan yang dimiliki gurita tak hanya berhenti sampai di situ saja. Ada banyak hal dari gurita yang dapat dijadikan pedoman, khususnya pelajaran hidup. Tidak heran bahwa beberapa nasihat penting berikut ini bisa dipetik dari keberadaan gurita.

1. Meski bertubuh lunak, tapi memiliki kekuatan tersendiri

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!ilustrasi tentakel gurita (unsplash.com/@serenarepice)

Jika diminta mendeskripsikan gurita, mungkin akan ada banyak orang yang salah paham dalam mengenal hewan ini. Sekilas memang hewan ini tampak lunak dan mudah dikalahkan, namun kenyataannya justru sebaliknya. Melansir Ocean Syrup, seekor gurita ternyata terkenal sebagai hewan yang kuat, sebab bobot tubuhnya yang besar dan tentakelnya yang memiliki kekuatan hebat.

Dari karakteristik fisik yang dimiliki gurita, maka ada hal penting yang dapat dipetik. Salah satunya adalah dengan tidak menilai sesuatu hanya berdasarkan sampulnya saja. Meski mungkin dari luar tampak lemah, namun tidak disangka bahwa ternyata bisa saja memiliki kekuatan yang hebat.

2. Termasuk hewan yang cerdas

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!ilustrasi gurita (unsplash.com/@obkim)

Berbicara mengenai hewan cerdas memang tak akan lengkap tanpa menyebutkan gurita sebagai salah satunya. Gurita termasuk dengan dengan kemampuan dan kecerdasan yang baik, bila dibandingkan hewan lainnya. Bahkan mengutip NHM, gurita secara umum mampu mendemonstrasikan kecerdasannya melalui banyak hal dan ini sudah pernah uji coba oleh para peneliti.

Dari hal semacam ini, tentu ada filosofi menarik yang dimiliki gurita. Ternyata hewan cerdas tak melulu selalu yang berasal dari darat. Gurita pun memiliki kecerdasan yang sama. Hal inilah yang juga mengajarkan manusia untuk tidak merasa rendah diri atas dirinya. Justru hal tersebut harus menjadi pembuktian bahwa semua orang pantas untuk bersaing.

3. Hewan yang juga senang bermain

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!ilustrasi gurita (unsplash.com/@tchompalov)

Sekilas mungkin banyak orang yang sedikit merasa takut saat melihat gurita secara langsung. Hewan ini memang memiliki bentuk tubuh yang mungkin cukup asing bagi orang-orang. Namun, di balik tampilan fisiknya, gurita termasuk hewan yang gemar bermain, sebab itulah yang juga menjadi bagian dari kecerdasannya, seperti dilansir Scientific American.

Melalui kebiasaan gurita ini, maka ada satu hal penting yang bisa dipetik. Kadang kala manusia tidak bisa selalu fokus dan serius pada satu hal, sebab tentu juga membutuhkan hiburan dan hal lain untuk mencairkan suasana. Jangan sampai terlalu terfokus, hingga sulit dalam melepaskan pikiran sejenak.

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Gurita Bisa Termasuk Hewan yang Berbahaya

4. Bertempat tinggal di lautan yang jauh

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!ilustrasi daratan dan laut (unsplash.com/@nasa)

Gurita tidak seperti hewan laut lainnya yang mungkin bisa dipancing secara mudah. Meski memiliki banyak ragam spesies, secara umum ternyata gurita cukup sering menghuni kawasan laut dalam yang terkesan sulit untuk diakses. Gurita terdalam yang pernah ditemukan bahkan mencapai ke dalaman 7.000 meter di atas Samudra Hindia, seperti dikutip BBC. Meski bertempat tinggal jauh, namun nyatanya gurita tetap saja menarik bagi banyak orang.

Hal inilah yang bisa menjadi filosofi menarik untuk dipetik. Tak peduli seberapa jauh kamu berada, jika kamu adalah seseorang yang dapat membawa kebahagiaan dan manfaat bagi banyak orang, kamu akan tetap ditemukan.

5. Termasuk ke dalam hewan yang protektif

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Keberadaan Gurita, Bermakna!ilustrasi gurita (unsplash.com/@isagalvezphoto)

Selayaknya hewan lain, ternyata gurita juga memiliki sifat penyayang. Mungkin sekilas gurita tanpa menakutkan dan memiliki kekuatan yang tak dibayangkan sebelumnya, namun ada sisi lembut di dalam dirinya. Melansir Mongabay News, gurita termasuk ke dalam deretan hewan yang rajin dalam menjaga anak-anaknya atau sekawanannya.

Melalui hal inilah maka bisa diambil satu hikmah penting di dalamnya. Tak peduli apa pun kesan orang lain terhadapmu, namun tetaplah menjadi pribadi yang penyayang. Pribadi yang seperti itu tentu akan jauh lebih dihargai dan disayangi oleh orang-orang sekitar.

Ternyata gurita banyak mengajarkan hal penting yang tentu saja memiliki filosofi di dalamnya. Hal ini juga bisa menjadi nilai utama tersendiri dalam mendekatkan hubungan antar manusia. Banyak sisi positif yang bisa diambil, seperti pelajaran hidup yang bisa dipetik dari keberadaan gurita di atas.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Gurita yang Jarang Diketahui, Punya Tiga Jantung!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya