Comscore Tracker

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Saja

Karena pekerjaan pertama belum tentu menjadi pekerjaan terakhir kita.

Ketika kita mendapatkan pekerjaan pertama kita, seringkali terbersit rasa gak percaya diri karena kita menganggap banyak orang yang punya pekerjaan lebih keren dari kita. Pertanyaannya adalah, apakah pekerjaan pertama tersebut akan berpengaruh pada kesuksesan kita di masa depan? Kali ini, IDNtimes sudah merangkum sembilan tokoh sukses beserta pekerjaan pertama yang pernah mereka jalani. Yuk, kita simak! 

1. Oprah Winfrey, pramuniaga toko

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajaatlantafashionhunter.blogspot.co.id

Siapa sangka wanita yang namanya dikenal di seluruh dunia ini dulunya adalah seorang pramuniaga toko bahan makanan? Winfrey mengakui bahwa ia tidak menyukai pekerjaan pertamanya ini karena ia dilarang untuk berbicara dengan para pelanggan, padahal ia sangat senang mengobrol. Wah, pantas saja sekarang ia menjadi salah satu host talkshow yang paling hebat! 

2. Michael Dell, pencuci piring di restoran

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajabusinessinsider.com

Michael Dell, orang dibalik kesuksesan Dell Inc. ini memiliki hobi mengumpulkan perangko saat ia remaja. Agar bisa mempunyai uang sendiri untuk membeli perangko, Dell pun bekerja sebagai pencuci piring di restoran Chinese di usia 12 tahun. Hebat ya? 

3. James Cameron, sopir truk yang senang menulis

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajamoviepilot.com

Kamu pasti pernah menonton Titanic, Terminator, atau Avatar kan? James Cameron lah sosok dibalik kesuksesan film-film ini! Tapi tahukah kamu kalau sutradara dan penulis skrip ini dulunya sempat bekerja sebagai sopir truk? Selama bekerja sebagai sopir truk, Cameron juga menyempatkan menulis ketika ada waktu, setelah itu barulah ia terjun ke industri perfilman pada 1977. 

4. J.K. Rowling yang menjadi guru bahasa Inggris

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajamodogeeks.com

Setelah lulus kuliah, Rowling pindah ke Portugal pada 1990 untuk menjadi guru bahasa Inggris di sana. Gak ada yang mengira kemudian dia bisa menjadi pengarang seri buku mega bestseller, Harry Potter! Seperti J.K. Rowling, kamu jangan pernah menyerah melakukan passion-mu ya! Apa lagi di zaman yang serba teknologi ini sudah banyak medium untuk membantumu memaksimalkan pekerjaanmu, seperti smartphone Samsung Galaxy J Series yang punya harga super terjangkau tapi tetap punya kualitas jempolan.

5. Jack Ma yang juga pernah menjadi guru bahasa Inggris 

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajabloomberg.com

Pengusaha tersukses di Tiongkok, Jack Ma, memiliki kehidupan yang cukup sulit sebelum keadaannya yang sekarang. Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba ini  pernah ditolak untuk bekerja di 30 perusahaan dan pada akhirnya ia diterima menjadi guru bahasa Inggris dengan bayaran yang sangat rendah, yakni hanya sekitar 150 ribu rupiah. Namun berkat kerja kerasnya, kini ia sudah menjadi entrepreneur terkaya di Tiongkok. Keren banget! 

6. Diajeng Lestari, bekerja kantoran sebelum akhirnya menjadi pengusaha

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajatwitter.com/@DiajengLestari

Sebelum membangun e-commerce bagi wanita muslim, HijUp, Diajeng Lestari pernah bekerja kantoran, lho. Ia menempati posisi sebagai peneliti servis publik di lembaga pemerintah asal Jerman yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia. 

7. Chairul Tanjung, berjualan buku dan kaos

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajaberitasatu.com

Untuk membiayai kuliahnya, Chairul Tanjung mencoba berbagai bisnis, mulai dari berjualan buku kuliah, kaos, sampai jasa foto kopian. Memang kerja keras tidak akan membohongi hasil, saat ini pria kelahiran Jakarta ini memiliki CT Corp yang menaungi tiga perusahaan sub holding. Chairul Tanjung pun sempat beberapa kali masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

8. Yasa Singgih, part time menjadi MC di mal-mal

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajalagi.online

Di usia 21 tahun, Yasa Singgih berhasil menjadi pengusaha muda sukses Indonesia dengan usahanya di bidang fashion cowok, Men’s Republic. Sejak berusia 15 tahun, Yasa sudah mencari uang sendiri dengan bekerja part time sebagai MC di mal-mal, gak hanya itu, ia juga berjualan lampu hias secara online! 

9. Sandiaga Uno, bekerja di bank dan kena PHK 

9 Pekerjaan Pertama Para Milyuner Ini Buktikan Kalau Kesuksesan Itu Bisa Mendatangi Siapa Sajanews.detik.com/Dikhy Sasra

Setelah lulus dengan predikat summa cum laude dari Wichita State University, Amerika Serikat, Sandi pun mengawali karir di Bank Summa pada 1990. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di George Washington University, ia berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00. Sandi sempat bekerja di bekerja di NTI Resources Ltd dengan penghasilan 8,000 dollar AS per bulan, sayangnya krisis moneter pada 1997-1998 menyebabkan perusahaan tersebut bangkrut, ia pun terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), yang menjadikannya sebagai pengangguran. Namun berkat keteguhannya, ia kini telah menjadi pengusaha sukses di Indonesia. 

Memang terbukti bahwa pekerjaan pertamamu tuh bisa jadi berbeda dari pekerjaan yang pada akhirnya mengantarkanmu ke pintu kesuksesan. Oleh sebab itu kamu gak perlu minder dengan pekerjaan yang saat ini kamu jalani, terutama kamu para first jobber. Perjalananmu masih panjang, lho. Jangan biarkan keraguan atau ketidakpercayaan diri menghalangi langkahmu! 

Gak perlu merasa sendirian karena banyak hal yang bisa membantumu mencapai tujuan, kok. Misalnya teman-teman dan keluarga yang selalu mendukungmu, perencanaan yang baik, juga alat yang bisa meringankan pekerjaanmu seperti seri smartphone dari Samsung Galaxy J. Mulai dari koneksi 4G LTE sampai ultra data saving, semua dimiliki oleh smartphone ini! Perlahan kamu pasti bisa kok meraih cita-cita dan kesuksesan, asalkan kamu tetap berjuang dan pantang menyerah. Semangat! 
 

Topic:

Berita Terkini Lainnya