Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Decluttering

Ada yang paham decluttering itu apa?

Sebelumnya, ada yang sudah mengenal decluttering atau malah mungkin sudah melakukan kegiatan tersebut? Decluttering adalah sebuah kegiatan menyingkirkan atau membuang barang-barang yang sudah tidak berguna dan terpakai yang memenuhi rumah kita. Lebih sederhananya merapikan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Kegiatan decluttering ini mempunyai segudang manfaat lho. Dimulai dari mengurangi stres, lebih fokus saat mengerjakan sesuatu, rumah lebih tertata dan masih banyak lagi tentunya. Namun, ada banyak alasan kamu kesulitan saat decluttering. Hmm, kira-kira kenapa ya?

1. Mempunyai banyak barang dengan kenangan sulit untuk dilupakan

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Declutteringilustrasi barang memiliki kenangan (pexels.com/@rodnae-prod)

Di saat akan melakukan kegiatan decluttering, tentunya kita akan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai atau tidak berguna. Namun kendalanya, terkadang barang-barang yang akan dibuang sering sekali memiliki banyak kenangan atau cerita di dalamnya. Entah itu kenangan bersama pasangan, keluarga, atau juga sahabat.

Membuang barang-barang yang mempunyai kenangan memang gak mudah. Namun cobalah untuk menganalisa, seberapa besar manfaat dan kerugian jika masih menyimpan barang-barang tersebut di rumah. Jika masih bisa dimanfaatka, maka amankan. Namun jika sudah tidak, untuk apa dipertahankan.

2. Bingung harus memulai dari mana, hingga akhirnya tidak pernah terlaksana

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Declutteringilustrasi merapihkan barang (pexels.com/@kampus)

Selain poin pertama tadi, kegiatan decluttering juga sering sekali tertunda karena kita sendiri bingung akan memulai dari mana dulu. Pertama cobalah untuk memulai dari satu area yang sering digunakan, entah itu kamar tidur, dapur atau bisa juga ruang tamu. Intinya, tidak perlu dikerjakan secara sekaligus.

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan metode empat kotak. Siapkan empat kotak kosong dan simpan barang tidak terpakai di sana, sesuai dengan manfaatnya. Mungkin ada yang akan dibuang, dijual, didonasikan atau diperbaiki. Lakukan hal ini, supaya kamu tidak menyesal nantinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Decluttering, Bukan Sekadar Bersih-bersih!

3. Terkadang, keluarga atau orang di rumah kurang setuju dengan decluttering

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Declutteringilustrasi merapihkan barang (pexels.com/@kampus)

Kamu masih tinggal bersama orangtua atau sudah mempunyai keluarga? Jika kamu terkendala melakukan kegiatan decluttering karena mereka kurang setuju.

Mereka tidak setuju, karena mereka tidak tahu menfaat dari decluttering. So, berilah pemahaman dengan baik dan jelas. Ajak juga mereka untuk memilah barang yang penting dan tidak. Lambat laun, mereka akan paham dan merasakan manfaatnya.

4. Sering menunda-nunda pekerjaan dengan alasan masih cukup sibuk

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Declutteringilustrasi kesal (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Kalau alasan susah melakukan kegiatan decluttering karena sibuk, sepertinya kamu salah besar deh. Kesibukan atau pekerjaan, pasti akan selalu ada dan gak akan pernah selesai secara sempurna. Jadi sampai kapan pun, kalau sibuk menjadi alasan sepertinya kegiatan ini gak akan pernah terlaksana.

Segeralah meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat satu ini. Tidak perlu sehari penuh kamu korbankan untuk decluttering. Cukup dua atau tiga jam saja, dimulai dari memisahkan barang-barang sederhana, supaya tidak memakan waktu banyak.

5. Tidak konsisten atau kurang disiplin

5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Declutteringilustrasi sedang malas (pexels.com/@olly)

Terakhir, siapa bilang kegiatan decluttering hanya dilakukan satu kali saja? Decluttering merupakan kegiatan yang harus kita lakukan secara konsisten. Karena jika dilakukan hanya sekali saja mungkin beberapa bulan kemudian, rumah kamu akan kembali berantakan lagi seperti semula. 

Untuk membuat kegiatan ini lebih mudah, biasakanlah simpan barang-barang yang tidak berguna ke tempat yang sudah kamu siapkan. Jika ini sudah menjadi sebuah rutinitas, dijamin kamu gak bakalan merasa terbebani dan rumah kamu akan selalu tampil dengan rapi.

Saat akan melakukan kegiatan decluttering memang banyak sekali tantangannya. Namun, kamu harus ingat manfaatnya banyak banget. Daripada mikir kelamaan, lakukan sekarang aja guys.

Baca Juga: 5 Tips Praktis Decluttering ala IKEA, Bikin Hidup Lebih Positif!

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya