Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun 

Demi hidup lebih baik tahun ini 

Sering dengar gak, kalau buku adalah jendela ilmu. Karena beberapa ilmu bisa kamu dapatkan dari buku dan beberapa lagi dari pengalaman. Untuk kamu yang mau memulai tahun dengan kebiasaan yang membuatmu bertumbuh, kamu bisa memulainya dengan membaca buku. Terdengar membosankan, ya? 

Nah, biar kamu nggak bosan baca buku, maka mulailah dari buku yang ringan dan yang kamu sukai dulu, tentunya buku tersebut pasti memiliki pesan untuk diambil maknanya. 

Simak di bawah ini 5 buku yang bisa kamu baca di awal tahun, ya!

1. Insecurity is My Middle Name

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun Insecurity is My Middle Name oleh Alvi Syahrin (instagram.com/lineisreading)

"So, please, keep on trying. I know you don't want to try anymore, but, please." - Insecurity is My Middle Name oleh Alvi Syahrin

Buku self healing #1 karya Alvi Syahrin ini dirilis tahun 2021 dengan 264 halaman. Ada 45 bab yang membantumu berdamai dengan insecurity-mu. Sebelumnya ternyata Alvin Syahrin telah menulis buku seri "Jika Kita," seperti Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta, Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa


Buku Insecurity is My Middle Name cocok untuk membantumu berdamai dengan inscerurity dan menyadarkanmu untuk self love. Kita bukan hanya diajak berpikir tentang mindset insecurity, tapi lebih diajak untuk berproses memperbaiki serta menerima diri sendiri. Kata-katanya tidak terkesan menggurui, tapi seolah menjadi teman curhat kita. 

2. Berlari di Tengah Hujan  

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun Berlari di Tengah Hujan oleh Indra Sugiarto (instagram.com/bukuindrasugiarto)

"Apa pun itu aku menikmati perjuanganku. Aku sangat lelah dan bosan, tapi aku menikmati perjuanganku."  - Berlari di Tengah Hujan oleh Indra Sugiarto

Untuk menemanimu berjuang, Indra Sugiarto melahirkan buku ketiganya yang berjudul Berlari di Tengah Hujan. Buku yang terdiri dari 184 halaman yang rilis pada 2020 silam ini, terdiri dari 5 bagian dan memiliki kolom catatan perjuangan yang bisa kamu isi. 

Dengan kategori non-fiksi, buku ini berisi kumpulan untaian kata-kata indah yang penuh motivasi. Buku ini juga memberikan perspektif yang lebih luas, pemaknaan yang mendalam, bahkan tamparan untuk kita agar berani meraih sesuatu. 

 3. Whats So Wrong About Your Self Healing   

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun Whats So Wrong About Your Self Healing (instagram.com/dereizen)

"You're allowed to be sad. You're allowed to be failed."

- Whats So Wrong About Your Self Healing oleh Ardhi Mohamad

What's So Wrong About Your Self Healing, merupakan buku karya Ardhi Mohamad yang terbit pada tahun 2021. Buku yang bertema self-improvement ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba berdamai dengan diri sendiri. Dengan tebal 276 halaman, bisa kamu baca ketika senggang.

Buku ini unik karena kamu bakal nemuin mind map di setiap akhir bab-nya. Jadi, ketika kamu lupa pembahasannya, bisa langsung intip mind mapnya. Ada juga list-list yang bisa kamu isi secara jujur di dalam bukunya. Lucu dan informatif, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Buku

4. Tidak Apa Memulai Lagi  

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun Tidak Apa Memulai Lagi oleh Fardi yandi (instagram.com/puanrinai)

"Memulai dari awal bukan pertanda keterlambatan, ini adalah bagian awal proses pertumbuhan diri." - Tidak Apa Memulai Lagi oleh Fardi yandi

Buku perdana dari Fardi Yandi berjudul Tidak Apa Memulai Lagi, baru dirilis pada 2021, dengan tebal 139 halaman. Setelah sebelumnya, Fardi Yandi ini aktif sebagai content creator sosial media.

Buku ini memiliki bahasa yang ringan dengan diselingi ilustrasi menarik untuk kamu baca. Terdiri dari 3 chapter; the way, the what, and the how, cocok untuk kamu yang mau memulai lagi perjalanan baru.

5. Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah  

5 Rekomendasi Buku Ringan untuk Kamu Baca di awal Tahun Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah oleh Alfialghazali (instagram.com/0303azzahra)

"Apa yang membuat kita bahagia? Adalah merasa cukup." - Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah oleh Alfialghazali

Buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah akan menemanimu bertahan ketika kamu hampir putus asa. Kata-kata yang ditulis begitu menenangkan dan menjadi pengingat agar terus berjuang.  

Buku yang dirilis sejak 2020 ini memiliki tebal 250 halaman yang ditulis oleh Alfialghazali. Buku ini cocok untuk kamu yang sedang merasa hampa dan jauh dari Tuhan, buku ini seolah menjadi reminder untukmu agar tak menyerah dan mengembalikan semuanya kepada Tuhan.

Itulah 5 buku yang bisa kamu baca untuk menemani harimu. Kamu bisa membelinya secara online maupun offline, eitss tapi jangan lupa untuk membeli buku original agar tulisannya bisa bermanfaat, ya. Selamat membaca!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Lebih Produktif di Tahun 2022 

sarah aisyah Photo Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya