Comscore Tracker

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!

Healthy life, happy life!

Terkadang, jadwal yang padat dan kegiatan yang banyak membuat kamu bisa lupa akan hal penting yang ternyata perlu juga diperhatikan, yaitu diri kamu sendiri. Dengan ambisi dan target yang tinggi, kamu cenderung akan memprioritaskan hal-hal yang harus dilakukan demi mencapai tujuan tersebut.

Tanpa disadari, dengan segala aktivitas yang ada, diri kamu menjadi terbengkalai. Hal itu bisa menimbulkan stres. Tahu tidak, bahwa sumber dari segala penyakit ternyata berasal dari pikiran juga lho.

Kamis (28/2), tim IDN Times menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Beko dimana mereka mengusung masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat. Hidup yang sehat, adalah hidup yang bahagia. Mau tahu caranya? Yuk simak lima cara di bawah ini!

1. Memulai pola hidup yang lebih sehat

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!IDN Times/Sarah Qonita

Pada dasarnya, semua orang pasti ingin hidup sehat. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, kamu jadi lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat. Banyak yang menganggap pola hidup sehat sulit untuk dijalani, padahal tidak juga, kok.

Kamu bisa memulainya sedikit-sedikit seperti cukup minum air setiap hari, konsumsi sayur-sayuran dan buah paling tidak sekali sehari, dan beristirahat yang cukup. Semua berawal dari kebiasaan, dan hal itu dapat dibangun perlahan. Yang penting niat, guys!

2. Mempunyai motivasi dan tujuan yang jelas saat melakukan suatu hal

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!IDN Times/Sarah Qonita

Dalam hidup, pastinya semua memiliki tujuan. Namun, banyak juga yang hidup mengikuti alur. Ternyata, penting lho untuk melakukan sesuatu dengan tujuan yang jelas.

Contohnya, seperti dalam pekerjaan, kamu harus tahu alasan mengapa kamu memilih jalan tersebut. Apakah kamu melakukannya untuk diri kamu atau untuk orang lain? Terkadang melakukan suatu hal karena orang lain dapat menghambat kamu lho, karena belum tentu yang kamu lakukan sesuai dengan tujuan dan passion sehingga dapat menjadi beban.

3. Tentukanlah target yang realistis, jangan terlalu memaksakan diri

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!IDN Times/Sarah Qonita

Apakah kamu tergolong orang yang ambisius? Memiliki sifat ambisius itu bagus, tapi, kamu juga harus cerdas dalam membaca situasi. Saat kamu menentukan target, kamu pun juga perlu memahami keadaanmu. 

Pastikan target dan tujuan yang kamu buat tidak terlalu berlebihan untuk dijalankan. Semua orang punya batasannya masing-masing, buatlah target yang realistis sesuai dengan kondisimu agar kamu tetap bisa enjoy dalam mencapainya.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Hidup Ini Menandakan Kamu adalah Cewek Ambisius

4. Menurut pakar psikologi Universitas Indonesia, hidup yang baik adalah hidup yang seimbang

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!IDN Times/Sarah Qonita

"Sesuatu yang berlebihan itu gak pernah bagus. Contohnya saat kita bekerja keras, kita juga harus menyeimbangkannya dengan istirahat yang cukup. Atau misalnya mau coba pola hidup sehat, tapi lagi mau makan gorengan, gak apa-apa, tapi besoknya diimbangkan dengan olahraga." Tutur Vera Itabiliana, pakar psikologi Universitas Indonesia.

Tidak apa-apa untuk sesekali memanjakan diri, terkadang sifat egois terhadap diri sendiri juga dibutuhkan.

5. Olahraga dapat menghilangkan stres dalam sekejap

Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia, Pantang Stres dengan 5 Hal Ini!naturalhealth.com

Sudah terbukti bahwa saat kamu olahraga, tubuhmu memaksakan untuk mengeluarkan hormon stres yang dapat membuat pikiran lebih jernih. Tentu olahraga tidak akan membuat masalah kamu terselesaikan dalam sekejap, tapi, dapat membantumu menenangkan hati dan pikiran. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Tidak ada yang mudah, namun, semua dapat dilakukan dengan perlahan. Semangat, guys!

Baca Juga: 7 Resolusi Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan di 2019, Yuk Makin Fit!

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya