Comscore Tracker

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan Introvert

Apa kamu benar-benar sudah mengenal mereka?

Sifat pemalu dan tertutup seseorang yang introvert terkadang membuat orang lain suka salah paham. Padahal, mungkin saja kita yang belum mengenali lebih dekat karakter-karakter mereka.

Yuk simak lima sifat introvert yang justru ternyata menjadi kelebihannya. Kamu juga introvert? Wajib bangga!

1. Sensitif, introvert lebih peka dalam menelaah suatu hal

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan IntrovertUnsplash/Farrel Nobel

Orang-orang dengan karakter yang sensitif merupakan orang-orang yang perasa. Mereka lebih sering menggunakan perasaan dalam melakukan sesuatu sehingga setiap hal kecil yang mereka lakukan dipertimbangkan. Ini juga membuat mereka menjadi orang-orang yang sangat peduli dan penyayang.

2. Bukannya sombong atau cuek, tapi introvert cenderung lebih jeli memilah lingkar sosial mereka

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan IntrovertUnsplash/Almos Bechtold

Karena sifatnya yang cenderung pendiam, kerap kali introvert sering dipandang antisosial, padahal, hal tersebut terjadi karena mereka memang tidak mudah untuk terbuka kepada semua orang. Introvert akan mulai merasa nyaman bersosialisasi dengan orang-orang yang sudah dekat dan mereka percayai.

Bukannya tidak ingin berteman dengan siapa saja, namun, kalau dengan orang-orang yang tidak dikenal dengan baik, mereka cenderung akan lebih tertutup dan diam. Biasanya mereka membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat terbuka dengan orang lain. Dengan begitu, mereka lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas teman-temannya.

Baca Juga: Jangan Cepet Ngambek, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan Introvert

3. Memiliki prinsip yang cukup kuat, introvert tidak mudah terbawa arus orang-orang di sekitarnya

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan Introvertpexels.com/Tirachard Kumtanom

Kenyamanannya dengan diri sendiri, membuat introvert memiliki prinsip-prinsip tertentu di mana mereka sudah tahu hal apa saja yang membuat mereka nyaman dan mana yang tidak. Hal ini membuat introvert cukup handal memilah lingkup ruang yang cocok. Hasilnya mereka gak terlalu mudah terdorong oleh pengaruh-pengaruh dari luar yang dirasa gak sesuai dengan prinsipnya.

4. Detail dan perfeksionis, mereka itu justru biasa teliti pada hal-hal sepele

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan Introvertpexels.com/Johannes Plenio

Dengan sifat kepedulian yang cukup tinggi, membuat introvert tidak ingin mengecewakan siapa pun di sekitarnya termasuk dirinya sendiri. Mereka membawa sifat itu ke mana pun dalam kegiatan apa pun yang mereka lakukan. Introvert memikirkan segala hal dengan sangat detail dan selalu mencoba membuat sesuatu sebaik dan semaksimal mungkin sampai menurut mereka sudah sempurna.

5. Punya banyak waktu untuk menjalani hobinya, introvert diam-diam punya banyak bakat terpendam

Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan IntrovertUnsplash/Natalie Rhea Riggs

Dengan sifatnya yang tidak selalu terbuka dengan orang lain, introvert lebih sering menumpahkan ide, perasaan dan kegundahan tidak secara verbal. Mereka lebih memilih hal lain seperti tulisan, musik, gambar, teater, dan lainnya.

Introvert gak selalu malu dalam mengekspresikan diri, bisa saja mereka memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal tersebut. Bahkan banyak yang lebih nyaman menuangkannya di atas panggung atau melalui karya-karya seni lainnya.

Kamu tahu gak, artis-artis dan seniman banyak lho yang sebenarnya introvert. Jadi kalau kamu introvert dan merasa punya banyak kekurangan, gak perlu minder. Yang dirasa kekurangan ternyata bisa jadi kekuatanmu untuk memperoleh kesuksesan.

Baca Juga: 8 Aktivitas yang Patut Dicoba Introvert Untuk Melepas Stres

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya