Comscore Tracker

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini

Jangan lupa cintai dirimu sebelum kamu mencintai orang lain!

Banyak hubungan yang terkadang tidak berjalan dengan mulus karena adanya rasa tidak percaya dengan pasangannya. Namun secara tidak sadar, rasa tidak percaya itu bisa juga timbul dari diri kita terhadap diri kita sendiri. Contoh kecilnya adalah rasa tidak percaya diri sehingga kita sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Kondisi tersebut membuat timbulnya perasaan jealous, paranoid, atau rasa posesif terhadap pasangan dan bisa menghancurkan hubungan. Seringkali kita menggantungkan rasa percaya diri kita berdasarkan dari pengakuan orang lain, namun orang yang dapat menilai hal tersebut ternyata adalah diri kita sendiri. Yuk simak lima hal ini untuk membantumu agar lebih percaya diri!

1. Stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain!

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Iniunsplash.com/Anthony Tran

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada pepatah, "Rumput tetangga selalu lebih hijau." Saat kamu terus menerus membandingkan dirimu dengan orang lain, bakal ada perasaan tidak puas dengan apa yang sudah kamu punya, sehingga akan membuatmu berpikir hal-hal yang cenderung negatif terhadap diri sendiri.

Lebih baiku tetap fokus pada pengembangan diri sendiri dan memikirkan apa yang harus kamu lakukan agar menjadi versi dirimu yang lebih baik lagi.

2. Fokus dengan passion dan hobimu untuk mengembangkan rasa percaya diri

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Inioutdoorphotographer.com

Dengan menekuni hobimu, kamu tahu bahwa kamu berpotensi dalam melakukan suatu hal. Dengan begitu, rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya. Ingat, bukan sombong lho, tapi yakin bahwa diri kita mampu untuk melakukan suatu hal.

3. Olahraga dan tekuni pola hidup yang lebih sehat

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara IniHarvard Health

Tidak semua dilihat hanya dari apa yang terlihat di luar. Namun, apa yang kita rasakan di dalam juga sangat berpengaruh. Dengan menekuni pola hidup yang sehat dan berolahraga, kamu akan merasa lebih fresh dan puas dengan dirimu. Tidak hanya itu, dengan gaya hidup yang lebih teratur kamu akan merasa tenang dan nyaman secara fisik maupun mental.

Baca Juga: 7 Resolusi Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan di 2019, Yuk Makin Fit!

4. Jangan hanya fokus terhadap kekurangan yang kamu punya

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Iniunsplash.com/Danny G

Rata-rata, manusia hanya berfokus pada hal-hal yang tidak disukai dari dirinya, padahal orang lain tidak melihat kekurangan tersebut. Akan lebih baik bila kamu memikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan kelebihanmu dan menjadikan kekuranganmu sebagai motivasi.

Janganlah terlalu keras terhadap diri sendiri dengan menyesali kekurangan yang kamu punya, setiap orang punya kelemahan dan itu adalah hal yang wajar. Lagi pula bisa jadi  kekuranganmu sebenarnya adalah kelebihanmu.

5. Melihat berbagai hal dari sisi yang lebih positif

Sebelum Mencintai Pasangan, Sayangi Dirimu Sendiri dengan 5 Cara IniPexels.com/mentatdgt

Dengan memelihara mindset yang positif, kamu akan berdamai tidak hanya dengan lingkungan sekitar namun juga pada diri sendiri. Kamu akan melihat dunia dan menanggapi orang lain dari sudut pandang yang berbeda dan lebih baik. Percaya deh, itu akan membuat hidup kamu lebih happy.

Setelah berhasil mencintai diri sendiri dengan lima cara di atas, percaya deh kamu bakal lebih siap untuk mencintai orang lain.

Baca Juga: Sibuk Bersenang-senang Semasa Muda, 5 Hal Penting Ini Bisa Terabaikan 

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You