Comscore Tracker

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap Year

Ini bukan kegagalan abadi, kok

Kamu, pasti sering dengarkan dengan istilah Gap Year? Ya, istilah yang disematkan pada seseorang baru lulus SMA/Sederajat yang memutuskan untuk mengambil jeda dalam kurun waktu satu tahun, sebelum melanjutkan kuliah.

Tidak dimungkiri, bahwa keputusan ini pasti pernah membuatmu insecure dan merasa gagal karena kamu belum mencapai targetmu. Tidak apa-apa, karena 6 Hal berharga ini akan kamu pahami saat memutuskan untuk Gap Year. Mari, simak di bawah ini.

1. Belajar menerima bahwa harapan dan kenyataan sering tak sejalan

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearInstagram.com/gyeongree

Di tahun akhir masa sekolahmu, banyak usaha dan doa yang kamu kerahkan, demi masuk kampus yang diidamkan. Tinggal selangkah lagi, tapi ada saja hal-hal yang tak terduga muncul yang menghambat langkahmu menggapai mimpi. Memang, banyak yang terjadi tidak sesuai dengan harapan.

Merasa kecewa pasti, tapi kabar baiknya adalah kamu sekarang menjadi lebih ikhlas dan mengerti, bahwa beginilah hidup berjalan. Mencoba menerima kenyataan dengan tangan yang lebih terbuka.

2. Mimpimu memang berlalu tapi kamu tidak melepasnya

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearInstagram.com/nct127

Tahun ini kamu memang belum bisa melanjutkan kuliah. Ada hal-hal lain yang lebih membutuhkan atensimu untuk segera diselesaikan. Untuk saat ini, kamu memang harus merelakan mimpimu berlalu begitu saja, tapi di dalam hatimu yang paling dalam kamu tidak benar-benar melepaskannya. Karena, kamu yakin suatu saat mimpimu akan terwujud dengan tekad dan usahamu yang tak pernah surut.

Baca Juga: Lagi Gap Year? Kamu Bisa Lakukan 6 Hal Berfaedah Ini Lho! 

3. Kamu menjadi lebih tahan banting

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearInstagram.com/deantrbl.unofficial

Bukan hal mudah memang, merelakan suatu hal yang berharga dalam hidup. Rasanya, saat itu terjadi duniamu seperti akan runtuh dan langit hanya berwarna abu-abu. Tapi, sekarang kini kamu sudah kebal menghadapi duri-duri kecil yang datang sewaktu-waktu dalam hidup.

Karena, dulu kamu telah menghadapi yang lebih besar dan mengerikan dari ini. Mentalmu sudah ditempa dan sekarang kamu menjadi lebih tahan banting demi tekadmu menggapai mimpi.

4. Kamu akhirnya tahu siapa yang selalu mendukungmu

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearPexels/kat wilcox

Bisa dibilang memilih Gap Year adalah hal yang cukup berat bagimu. Merasa buruk karena semua orang rasanya pergi ke jalannya masing-masing dan meninggalkanmu sendirian. Tapi, orang-orang yang benar menyayangimu tidak akan membiarkan hal itu terjadi pada dirimu merasa sendiri.

Saat inilah kamu tahu siapa saja orang-orang yang tulus memberikan dukungan dan kasih sayangnya kepadamu. Maka dari itu, kamu perlu menjaga dan menghargai kehadiran mereka dengan sepenuh hati.

5. Semua terjadi karena alasan, tidak ada yang sia-sia

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearInstagram.com/bts_jhope

Terkadang Gap Year membuatmu berpikir bahwa kamu sedang membuang-buang waktumu dan melakukan hal yang sia-sia. Segera setelah berpikir seperti itu, yakinlah satu hal bahwa semua terjadi karena suatu alasan.

Jalanmu yang sekarang, saat ini memang paling terbaik untukmu. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Dan yang harus kamu ingat, jangan sampai terlena dan tetap fokus pada tujuan.

6. Berterima kasihlah pada dirimu sendiri

6 Hal Berharga Ini akan Kamu Pahami Saat Memutuskan Gap YearInstagram.com/minatws

Kamu hebat bisa sampai melewati semua ini. Buktinya kamu masih bisa berdiri dengan tegar sampai saat ini. Hal itu, tak lepas dari peran penting dirimu sendiri yang kuat menghadapi segala cobaan. Sekarang, berterima kasihlah kepada dirimu sendiri. Berterima kasihlah, karena dirimu selalu menemanimu berjuang tanpa lelah.

Gap Year bukanlah suatu bukti kegagalan. Gap Year adalah sebuah pilihan hidup sebagai titik awal membuatmu kembali bangkit dan berjuang menggapai mimpimu kembali. Jangan berputus asa dan kembalilah tersenyum.

Baca Juga: 5 Motivasi buat Kamu yang Gap Tahun Kuliah agar Tetap Semangat!

Sasti . Photo Verified Writer Sasti .

It’s great to be ambitious and aim for more and more to be happy in the future, as I’ve lived up until now, but I think it’s one of the nicest ways to live life if you know how to enjoy what is in the present

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya