Comscore Tracker

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'

Gak hanya bikin nangis dan emosi! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Drama Lies of Lies yang dibintangi Lee Yoo Ri dan Yeon Jeong Hun baru saja menayangkan episode terakhirnya pada Sabtu, 24 Oktober 2020. Drama yang tayang di channel A ini berhasil cetak rekor rating sebesar 8,4 persen pada episode terakhir.

Meski tayang di jaringan televisi kabel, drama ini benar-benar bisa membius para penonton. Bukan drama visual, drama ini hanya berbekal dari jalan cerita dan akting pemainnya yang jempolan. Dalam setiap episodenya, penonton berhasil dibuat emosi dengan ceritanya.

Namun, selain bikin emosi dan banjir air mata, berikut pesan moral yang disampaikan dari drama Lies of Lies. Keep scrolling ya!

1. Orangtua akan melakukan yang terbaik untuk anaknya

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'dramabeans.com

Semua perjuangan telah dilakukan oleh Ji Eun Su untuk melindungi anaknya. Sejak awal mengandung, merawatnya dalam penjara, bahkan rela mendonorkan paru-parunya untuk kesehatan putri semata wayangnya. Semua itu dilakukan agar sang anak bisa hidup dengan sehat dan bahagia.

Begitu juga dengan Kim Ho Ran, rupanya ia memiliki anak yang selama ini menjadi sekretaris pribadinya. Meski caranya salah, Kim Ho Ran ingin anaknya itu hidup dengan layak.

Semua orangtua di dunia ini pasti ingin hidup anaknya lebih baik dari kehidupan orangtuanya.

2. Jangan sampai merugikan orang lain demi kepentingan pribadi 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Demi keuntungan pribadi, Kim Ho Ran rela membunuh anak angkatnya. Bahkan, Kim Ho Ran pun menyuruh orang untuk melakukan perbuatan busuknya itu. Semua ini dilakukan agar tujuan pribadi Kim Ho Ran bisa tercapai dengan baik tanpa suatu halangan.

Hal yang dapat ditarik dari hal ini yaitu, demi kepentingan pribadi jangan sampai membuat orang lain rugi. 

3. Ingat hukum tabur tuai 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Dalam peribahasa, ada kalimat yang mengatakan "Apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai". Hal ini sangat relevan dengan tingkah laku para tokoh di drama Lies of Lies.

Ketulusan Ji Eun Su saat memabantu anak kecil yang rupanya ia adalah Kim Yeon-ju, mendapatkan balasan pada hari kemudian. Perilaku jahat Kim Ho Ran pun demikian. Setelah ia menyusahkan hidup Eun Su, akhirnya ia juga mengalami hal serupa. Berpisah dengan anaknya dan mendekam di balik sel penjara.

Baca Juga: 10 Potret Lee Yoo Ri, Sosok Ibu Tangguh di KDrama 'Lies of Lies'

4. Hati yang sudah terluka akan sulit kembali seperti semula 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Sang mantan istri, Eun Se Mi berusaha agar ia dapat merebut kembali hati Kang Ji Min. Namun, apalah daya. Ji Min sudah terlalu sakit hati dengan perbuatan Se Mi di masa lalu.

Ada pepatah mengatakan jika "Kaca yang retak tidak akan pernah kembali ke bentuk asalnya". Meskipun berusaha sedemikian rupa, akan tetap ada bekas luka yang tersisa.

5. Apa yang terlihat belum tentu apa yang sebenarnya terjadi 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Ji Eun Su dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap suaminya. Hal inilah yang menyebabkan ia harus mendekam di balik jeruji besi selama 10 tahun lamanya. Di balik semua tuduhan yang diarahkan kepadanya, Ji Eun Su hanyalah korban fitnah semata.

Berbanding terbalik dengan Kim Ho Ran yang nampak baik hati di depan para awak media. Namun sebenarnya banyak rahasia yang disembunyikan oleh Kim Ho Ran.

Jadi, belum tentu semua yang terlihat oleh mata adalah kebenarannya. 

6. Cinta sejati tidak memandang kekurangan pasangan 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Meski Ji Eun Su pernah dipenjara 10 tahun, namun Kang Ji Min tetap mencintai Eun Su apa adanya. Walaupun pada awalnya Ji Min agak kecewa dengan kenyataan tersebut, namun berkat sikap lembut dan keibuan Ji Eun Su berhasil luluhkan hati Kang Ji Min.

7. Terkadang mencintai tidak harus memiliki, biarkan orang yang kita cinta bahagia dengan jalannya 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Kalimat diatas sangat cocok untuk menggambarkan perasaan Kim Yeon-ju yang harus merelakan perasaannya terhadap Ji Eun Su. Yeon-ju sudah mencintai Eun Su sejak kecil, akibat perbuatan baik Eun Su terhadap dirinya.

Setelah dewasa, Yeon-ju harus terima kenyataan jika Eun Su juga berhak bahagia dengan jalannya sendiri, yaitu berkumpul bersama anaknya. Oleh sebab itu, Kim Yeon-ju dengan sekuat tenaga rela membantu wanita yang dicintainya itu mendapatkan kebahagiaan.

8. Hati-hati saat bertindak di depan anak, bisa jadi anak akan meniru dan merekam apa yang telah dilihatnya 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Ingat kalimat bahwa "Anak merupakan peniru yang sangat baik dari orang tuanya". Hal ini sangat tepat untuk menggambarkan sosok Jeon Gi Beom. Saat masih kecil, ia kerap melihat ibunya, Kim Ho Ran dipukuli dan mendapat perlakuan kasar dari ayahnya.

Sebenarnya ada dua dampak dari kejadian ini. Anak akan membenci hal itu dan tidak akan mengulanginya atau mereka mengira bahwa hal ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Akhirnya Gi Beom memperlakukan istrinya, Ji Eun Su sama seperti apa yang telah ayahnya perbuat dengan ibunya itu.

9. Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Kebusukan demi kebusukan Kim Ho Ran akhirnya terungkap. Meskipun ia sudah menutupinya rapat-rapat, akhirnya pun ketahuan juga. Mulai dari melakukan pembunuhan hingga penggelapan dana.

Ingat, sepintar apa pun kita menyembunyikan kebohongan, pasti suatu saat akan terungkap juga. Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, pasti baunya akan tercium juga.

10. Setelah jalan berduri, percayalah bahwa akan ada jalan berbunga di kemudian hari 

Tamat dengan Rating Tinggi, Ini 10 Pesan Moral KDrama 'Lies of Lies'hancinema.net

Di drama ini dari episode awal sampai akhir memang mengandung banyak bawang. Perjuangan Ji Eun Su untuk bisa bebas dari permainan busuk Kim Ho Ran sangat mengaharukan.

Setelah 10 tahun mendekam di penjara, berpisah dengan anak kandungnya dan saat bertemu anaknya harus mengahadapi kenyataan pahit lainnya, akhirnya Ji Eun Su menemukan kebahagiaannya.

Bertemu dan hidup bahagia dengan Kang Ji Min serta kembali menjadi ibu untuk anaknya, Kang Woo Joo merupakan anugerah terindah Ji Eun Su setelah melewati jalan berduri yang amat panjang.

Nah, itu dia beberapa pesan moral yang dapat diambil dari drama Lies of Lies. Meski tayang di channel yang tak terlalu terkenal, drama ini berhasil menekan rating drama lain seperti Alice dan Start-Up, lho!

Baca Juga: Reporter hingga CEO, 5 KDrama Terbaik Lee Yoo Ri Selain 'Lies of Lies'

Septian Ardiyanto Photo Verified Writer Septian Ardiyanto

Hai.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya