Comscore Tracker

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula Muda

Biar tetap semangat terus! #IWF2020

Indonesia Writers Festival atau IWF 2020 telah memasuki tahap terakhir. Pada sesi pertama kali ini, mengundang Ignasius Jonan mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu berbicara mengenai tetap produktif dan kreatif selama pandemi berlangsung.

Kesuksesan beliau dalam mengembangkan tanaman hidropronik patut diacungi jempol. Pasalnya, saat berada di rumah saja beliau lebih memilih untuk berkebun dan lebih mengesankannya lagi, membagikan hasil panen kepada orang lain, termasuk juga kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selain berbagi mengenai tips kepiawaiannya dalam mengelola tanaman hidroponik, beliau juga memberikan pesan menarik nan bermakna teruntuk kalian para kawula muda. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak beberapa pesan menyentuh dari Ignasius Jonan agar kita tidak kehilangan harapan saat COVID-19 tengah melanda.

1. Mencari hobi yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula MudaYouTube.com/IDN Times

Di tengah pandemi ini, mungkin sebagian orang berpendapat bahwa menjaga diri saja sudah sulit, apalagi memikirkan orang lain. Anggapan tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Ignasius Jonan. Semenjak aktivitas di luar dibatasi, beliau mencari hobi yang berguna untuk diri dan orang lain serta tidak pernah dilakukan sebelumnya. Menanam hidroponik menjadi salah satu pilihan tepatnya.

Dengan memanfaatkan halaman depan dan rooftop rumahnya, ia memulai kegiatan berkebun hidropronik. Dia pun mengakui setiap minggunya dapat mencapai hasil panen, lho. Hasilnya tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk dibagikan kepada tetangga dan kawan-kawannya.

Ignasius Jonan juga belajar berkebun secara otodidak dari internet dan rajin mengulik lebih dalam terkait dengan bercocok tanam ala hidropronik. Wah, menginspirasi banget ‘kan? 

2. Pilih dan kembangkan passion-mu

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula MudaPexels/Burst

Teruntuk kaum millineals dan Gen Z perlu kiranya untuk menentukan passion sebagai acuan dalam hidupnya. Dalam hal mendidik anak-anaknya, Ignasius Jonan menuturkan, memberikan kebebasan untuk memilih jenis sekolah, profesi dan apa pun yang ingin ditekuni. Ia juga kembali menuturkan “as long as your happy, is fine” untuk kedua buah hati kesayangannya. Tentunya, dengan batasan tidak melanggar hukum dan tata etika. Pada intinya beliau menekankan, “choose your passion as your life, that is the best.”

Hal ini tentunya juga berlaku kepada diri kita sendiri untuk segera menemukan passion selagi masih berjiwa muda.

Baca Juga: IWF 2020: 8 Pesan Ignasius Jonan buat Millennial. Kejar Passionmu! 

3. Leadership ala Ignasius Jonan

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula MudaPexels/fauxels

“Kalau mau menjadi pemimpin itu harus fokus kepada perkerjaannya dan fokus kepada orang-orang yang dipimpin. Jangan fokus kepada diri sendiri saja.” Itulah, segelintir kalimat terkait dengan kepemimpinan yang baik ala Ignasius Jonan.

Ia menceritakan bahwa generasi sesamanya, mayoritas lebih bersikap fokus mementingkan dirinya sendiri dan dampak bagi masyarakat luas pun sangatlah minim. Dirinya pun merasa kurang respect terhadap orang tersebut. Saran dari beliau agar seseorang tidak hanya fokus pada kebahagiaan terhadap diri sendiri saja, akan tetapi juga merangkul kebahagiaan bersama orang lain.

Baginya “leadership is a half talent, a half journey” atau kepemimpinan dibentuk dari setengah bakat, setengah perjalanan (hidup atau karirnya). Keduanya merupakan penyeimbang bagi seseorang untuk menjadi pemimpin yang ideal. 

Jika saat ini kamu merasa tidak punya bakat, bertumpulah separuhnya pada suatu apa yang sedang kamu kerjakan. Fokuslah pada kerjaanmu, fokus pada passion-mu, fokus pada kemanfaatannya untuk orang lain. Jadi, seorang pemimpin tidak bisa fokus terhadap dirinya sendiri saja.

4. Lakukan sesuatu yang sekarang itu, tidak melanggar protokol kesehatan!

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula MudaPexels/Vlada Karpovich

Jadi, jika kamu memang tidak berminat berkebun untuk mengisi kegiatan selama berada di rumah saja, Ignasius Jonan menyarankan agar tetap bergerak dengan melakukan sesuatu yang tidak melanggar protokol kesehatan. Misalnya, seperti melakukan hobi yang dahulu tidak bisa dikejar, buat podcast dan akun YouTube, hingga membantu orang tua.

Cobalah luangkan waktu lebih kepada orang tua dan sering melakukan sharing dengan anggota keluarga. Ignasius Jonan berpendapat, suatu hari nanti dunia akan kembali normal dan orang tua akan semakin bertambah tua. Sementara kamu tidak bakal mempunyai waktu lebih banyak lagi. Waktu kebersamaan tersebut menjadi mahal dan sulit untuk diwujudkan kembali, jadi nikmatilah masa-masa sekarang!

5. Tetap bersemangatlah selama pandemi!

IWF 2020: Ini 5 Pesan Menyentuh dari Ignasius Jonan untuk Kawula MudaYoutube.com/IDN Times

Sebagai pesan positif untuk bangkit dari keterpurukan dan agar tetap aktif dan kreatif selama pandemi, terdapat tiga quotes yang diutarakan oleh Ignasius Jonan dalam sesi sebelum tanya jawab dimulai. 

“ Good morning, when you can’t control what’s happening, challenge yourself to control the way you respond to what’s happening. That’s where your power is.”

Adanya wabah COVID-19 mungkin tidak akan berakhir hari ini, akan tetapi yang bisa kita lakukan adalah dengan menghadapinya yaitu seperti menerapkan protokol kesehatan yang benar dan tidak ada gunanya untuk mengeluh sedikit pun.

Hard work beats mere talent.” – Michelle Gumabao

Tidak ada yang mampu mengalahkan kerja keras, sepandai apa pun itu seseorang. Kamu tidak hanya bisa mengandalkan talent saja, tanpa melakukan adanya kerja keras, rasanya kesuksesan pasti akan sulit datang.

“Past less, do more, complain less, acccomplish more, gossip less, help more.”

Bersikap tenggang rasa terhadap orang lain, menurutnya sikap itu sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap manusia. Terlebih lagi, seorang pemimpin, haruslah mempunyai sikap positif tersebut.

Nah, itulah beberapa pesan inspiratif yang dapat dipetik dari sesi kelas “Be Creative During Pandemic by Ignasius Jonan.” Ayo lebih berpoduktif dan semangat lagi. Walaupun di rumah aja kita tetap bisa kok meniti sekaligus mewujudkan impian-impian untuk masa depan kelak nanti. Tetap semangat, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: Gak Asal Tulis, 7 Panduan Wajib Bagi Penulis Artikel Online

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya