Comscore Tracker

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!

Yuk, kurang-kurangin rebahannya

Konkretnya, orang yang senang bermalas-malasan sudah pasti bahwa dia hanya ingin hidup di antara kenyamanan dan kemewahan, tanpa disertai dengan usaha sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu.

Ternyata, tidak hanya malas saja yang menjadi faktor penghambat dirimu menjadi sulit untuk menuntaskan perkerjaan, apalagi mau menggapai kesuksesan. Dalam artikel kali ini, akan dibedah penyebab kegagalan seseorang, selain senang bermalas-malasan, juga terdapat faktor penghambat lainnya yang selama ini jarang disadari. Untuk itu, simak berikut ulasannya, ya!

1. Takut gagal

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Pixabay

Takut gagal itu manusiawi, tetapi jikalau kamu tidak berani mengambil langkah selanjutnya, bersiaplah menemui pintu kegagalan. Padahal, hakikatnya, apa yang kita takutkan juga belum tentu terjadi. Jadi, mengapa takut berlebihan, selama masih ada harapan di sana?

Singkatnya begini, daripada terus galau memikirkan sesuatu tanpa henti, lebih baik ambil langkah secepatnya untuk memastikan ketakutan itu tidak akan pernah terjadi. Sembari pula mempersiapkan ancang-ancang yang bakal ditempuh, jika benar apa yang kamu takutkan itu akhirnya terjadi juga. Terpenting kamu tidak perlu takut, Tuhan selalu bersama dengan orang yang giat berusaha.

2. Kurang motivasi

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Alasdair Braxton

Motivasi berarti dorongan diri sebagai upaya untuk terus maju. Kurangnya motivasi bisa menjadi penyebab kamu enggan untuk bergerak melakukan perkerjaan apa pun itu alias sudah tidak bersemangat lagi. Tentu hal ini disebabkan, tidak adanya tujuan hidup yang spesifik dan realistis.

Untuk itu, kamu bisa menuliskan tujuan utama sebagai motivasi di dalam buku harian serta mencatat beberapa kutipan dari para tokoh ternama atau langsung menurut presepsi sendiri. Bukan hanya sebagai penggerak langkah awal, melainkan motivasi juga berguna saat nanti merasa down, baca dan renungilah motivasi awal tadi, supaya kamu tidak hilang arah apalagi semangat dalam mewujudkan impianmu itu.

Baca Juga: 5 Motivasi untukmu yang Baru Mengalami Kegagalan, Biar Semangat Lagi!

3. Terlalu lama menunggu inspirasi

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Masha Raymes

Kata orang, inspirasi akan datang dari arah yang tidak terduga. Sayangnya, hal itu tidaklah sepenuhnya benar, justru diri sendirilah yang harus aktif bergerak mencari inspirasi.

Jika saat ini sedang merasa buntu dan kehilangan minat untuk mengerjakan sesuatu, coba alihkan sebentar dengan melakukan kegiatan yang disenangi, seperti membaca, menulis, mendengarkan musik, menonton film, travelling, olahraga, bertemu dengan orang lain, atau menekuni hobi baru, niscaya jika dibarengi dengan kemauan kuat, inspirasi pasti akan mudah ditemui.

4. Merasa sibuk, padahal sebenarnya tidak

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Charlotte May

Niatnya sih mau produktif, tetapi kok, merasa keteteran gak punya cukup waktu saat mengerjakan suatu perkerjaan. Ujung-ujungnya malah berakhir jadi malas gerak.

Untuk mensiasatinya, sebelum menyelesaikan perkerjaan yang menumpuk, maka persiapkan dahulu dengan membuat to-do list seperti, bertumpu pada target, mengatur deadline masing-masing, memilah antara perkerjaan yang penting dan mendesak, serta alokasikan berapa lama waktu penyelesaiannya. Meskipun sudah bergantung pada program terencana tadi,  tetap saja jika ingin lancar, kuncinya hanya satu, hindarilah sikap menunda-nunda.

5. Suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Austin Guevara

Meski tidak mudah, namun kebiasaan menganggap bahwa diri sendiri tidak sebaik seperti orang lain mesti dihilangkan. Jika hanya fokus pada kesuksesaan orang lain, percaya deh, hanya buat kamu tidak merasa percaya diri terhadap apa yang dikerjakan, alhasil selain jadi mudah kehilangan semangat, juga menyebabkan hasil perkerjaan jadi jauh dari kata maksimal.

So, be your self, semua akan tampak berarti bila kamu benar menjalani sesuai dengan kemauan sendiri. Toh, setiap orang punya tujuan yang berlainan, kalaupun tujuannya sama pasti ditempuh pula dengan cara yang berbeda-beda.

6. Kebanyakan ragu-ragu

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Alex Green

Keraguan yang kerap muncul seyogianya dapat menyebabkan diri menjadi tidak bertenaga. Sikap ragu-ragu notabenenya lahir sebab terlalu kebanyakan berpikir. Berpikir dengan matang memang merupakan sebuah perencanaan yang bagus, namun apa artinya jikalau cenderung takut tidak melakukan suatu aksi apa pun? Ditambah lagi, ada saja celah yang membuat diri semakin ragu-ragu seperti, terlalu banyak mengeluh pada keadaan.

Perasaan tidak nyaman inilah yang menyebabkan keraguan itu berkembang dengan cepat. Lebih baik, langsung saja ambil keputusan, lakukan yang terbaik. Gagal dalam usaha itu sudah biasa, terpenting saat diri ingin mencapai suatu kemajuan, berani ambil tindakan dan siap menerima segala resiko yang akan terjadi.

7. Terlalu berharap

Selain Malas, 7 Hal Ini Juga Bikin Orang Jadi Susah Maju!Pexels.com/Jansel Ferma

Berharap pada dasarnya sah-sah saja, namun percuma, jikalau tanpa usaha serius untuk mewujudkannya. Jadi, jangan mudah terjebak dalam kondisi nyaman seperti hanya sebatas berangan-angan, melainkan berusahalah tanpa kenal rasa putus asa. Terakhir, tetap percaya bahwa, jika harapan dibarengi dengan tindakan nyata, bukan hanya bakal berbuah manis, tapi juga membuka banyak peluang untuk meraih impian. 

Hmm … jadi sudah siap mengubah rasa malas dan ketujuh faktor penghambat di atas menjadi aksi baik hari ini? Let’s do it now, guys!

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Kemalasan, Biar Lebih Produktif

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya