Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehat

Buang jauh-jauh toxic people dari hidupmu!

Kita semua pasti tahu sifat-sifat sahabat kita dan betapa pentingnya mereka dalam hidup kita. Namun, beberapa orang tidak bisa selalu tinggal dalam hidup kita karena beberapa alasan tertentu. Karena itu perlu untuk mengetahui kapan saatnya mengakhiri pertemanan yang sudah tidak sehat. Demi kebaikanmu sendiri, berikut lima alasan utama untuk mengakhiri hubungan pertemanan yang sudah tidak sehat.

1. Dia hanya memanfaatkanmu

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehatpinterest.ch

Tidak semua 'teman' memiliki niat baik terhadapmu, karena beberapa hanya ada untuk memanfaatkanmu. Jika kamu memiliki teman semacam ini, kamu harus berhenti bergaul dengan mereka.

Memang, meminjamkan sedikit uang dan memberikan beberapa pertolongan terhadap teman yang membutuhkan itu penting, namun jika ia terus menerus meminta disaat yang tidak terlalu mendesak, sudah tentu mereka hanya memanfaatkanmu. 

Teman yang juga selalu ada saat kamu membutuhkan bantuan adalah orang-orang yang layak menerima bantuan darimu. Teman-teman yang hanya muncul saat membutuhkanmu adalah orang-orang yang harus kamu singkirkan dari hidupmu.

2. Kamu selalu berjuang secara sepihak

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehatpowerofpositivity.com

Tentu sangat melelahkan jika kamu adalah satu-satunya orang yang harus menelepon hanya untuk mengajak hang out. Jika kamu mulai merasakan hal tersebut dengan teman-temanmu, kamu harus mulai bertanya apakah persahabatan itu hanya sepihak atau tidak.

Kamu dapat mengkonfirmasi hal ini dengan menahan diri dari menghubungi teman-temanmu selama beberapa hari, dan melihat apakah dia akan menghubungi balik atau tidak.

3. Mencoba membawamu ke masa remaja lagi

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehatpinterest.fr

Bernostalgia memang menyenangkan, karena masa lalu hanya untuk dikenang bukan untuk diulangi lagi. Semua hal bodoh yang dulu pernah kalian lakukan bersama tidak akan lucu lagi setelah kamu memiliki istri, anak dan pekerjaan. Memang, beberapa orang tidak pernah berevolusi dan berhasil menaikkan status mereka secara sosial, sehingga terjebak dalam masa lalu yang mereka anggap menyenangkan.

Karena itu, kamu tidak selalu dapat melakukan hal yang sama dengan yang kamu lakukan saat remaja. Jika kamu sudah dewasa, singkirkan teman yang ingin membawamu kembali ke masa remaja.

Baca Juga: 8 Tips Biar Pertemananmu Makin Intim, Gak Sekadar Teman Main

4. Dia memaksamu untuk berubah

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehatbentiudaily.com

Temanmu memaksamu untuk berubah, lalu bagaimana dengan dirinya sendiri? Teman semacam ini adalah orang yang tidak mengenali kekurangannya sendiri dan tidak bisa mengubahnya. Dia pasti selalu melihat kekurangan dalam diri orang lain, dan selalu melihat apa yang salah denganmu.

Kalau saja kamu ingin berubah, lakukan atas kemauanmu sendiri bukan karena paksaan orang lain. Sejujurnya, teman seperti ini tidak tertarik dengan apa yang berubah darimu, karena dia hanya ingin mengkritik dan menyalahkanmu atas perubahanmu.

5. Selalu merasa benar sendiri

5 Alasan Kuat Untuk Mengakhiri Pertemanan yang Sudah Tidak Sehatpexels.com

Jika temanmu melihat kamu sebagai orang yang cerewet dan tidak dapat menerima kritik yang membangun, maka itu hanya dapat berarti salah satu dari dua hal ini: kamu adalah teman yang baik atau bahwa persahabatan kalian berantakan.

Seorang sahabat dapat menganggap kamu sebagai anggota keluarganya, dan secara tidak sengaja akan berubah menajdi lebih baik kalau kamu yang menyuruhnya. Karena kamu dekat dengannya, dia juga akan selalu memberikan telinga untuk mendengarkan segala keluh kesahmu. Nah, 'teman' yang tidak mau mendengarkan nasihatmu dan tidak mau berubah dari waktu ke waktu adalah teman yang harus kamu singkirkan.

Persahabatan yang hebat dapat memperpanjang hidup. Sebuah penelitian Australia selama 10 tahun menunjukkan bahwa peserta dengan kelompok teman yang solid 22% lebih mungkin untuk hidup lebih lama.

Sayangnya, seorang teman yang buruk dapat memiliki efek sebaliknya, menghasilkan peningkatan kerentanan terhadap semua tanda-tanda tubuh yang berhubungan dengan stres, menurunkan kekebalan tubuh, depresi, kecemasan, dll. Maka dari itu, pilihlah teman yang tepat untuk hidupmu yang lebih baik. 

Baca Juga: 5 Tips Ini Akan Bantu Kamu Jaga Pertemanan Bebas dari 'Drama'

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You