Comscore Tracker

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir Kritis

Banyak manfaatnya, lho

Keterampilan berpikir kritis dapat dipelajari dan dipertajam dari waktu ke waktu. Keuntungan yang paling relevan kita dapatkan yaitu dapat membantu  kita membuat keputusan yang lebih baik. Selain itu juga bisa memproses informasi lebih efektif, dan mengekspresikan diri dengan lebih jelas.

Berpikir dengan cara kritis bisa dilakukan dengan latihan mengasah nalar dan kemampuan analisis, nah berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui cara berpikir yang kritis.

1. Kunci kesukuksesan berkarier

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir KritisUnsplash.com/evangelineshaw

Pemikiran kritis dapat membantu dalam profesi apa pun di mana kita harus menganalisis informasi, memecahkan masalah secara sistematis, menghasilkan solusi inovatif, merencanakan secara strategis, berpikir kreatif, atau menyajikan karya atau gagasan kepada orang lain dengan cara yang mudah dipahami.


Menurut World Economic Forum, pemikiran kritis dan pemecahan masalah yang kompleks adalah dua keterampilan yang diminati oleh para pengusaha. Mengembangkan pemikiran kritis  dapat membantu mendapatkan pekerjaan karena banyak perusahaan  akan mengajukan pertanyaan pada saat wawancara  atau bahkan memberi  tes untuk menentukan seberapa baik kamu dapat berpikir kritis.

2. Membuat keputusan yang lebih baik

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir KritisUnsplash/antenna

Keputusan paling tepat bisa didapatkan dari banyaknya kita menganalisis dan menimbang sejumlah konsekuensi dari berpikir kritis, memang terdengar sedikit rumit,namun akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah mengambil keputusan yang tepat untuk hal-hal sulit dan membutuhkan banyak pemikiran, seperti kapan atau jika kamu harus bekerja, kapan harus membeli rumah, menikah, atau punya anak. Berpikir kritis membantumu mengatasi masalah sehari-hari saat masalah itu muncul.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Pikiran Agar Selalu Kritis dalam Segala Situasi

3. Terhindar dari hoaks

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir KritisUnsplash/Headwayio

Melalui berpikir kritis kamu akan lebih protektif dalam menerima informasi dari berbagai sumber, kamu tidak akan mudah percaya dengan sebuah kabar yang tak bisa diakui kebenarannya tanpa kamu mencari tahu sendiri dari mana sumbernya, jadi berpikir kritis sangat penting di saat-saat kita harus menggunakannya apalagi dalam mempercayai sebuah opini.

4. Lebih baik dalam hubungan asmara

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir KritisUnsplash.com/charlesdeluvio

Kamu mungkin khawatir bahwa pemikiran kritis akan mengubahmu menjadi karakter seperti Spock yang tidak pandai dalam hubungan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, menggunakan pemikiran kritis membuatmu lebih berpikiran terbuka dan lebih mampu memahami sudut pandang orang lain.

Pemikir kritis lebih empati dan mudah untuk bergaul dengan berbagai jenis orang. Jadi, berpikir kritis juga dibutuhkan dalam menjalin hubungan asmara.

5. Membuatmu lebih bahagia

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Berpikir KritisUnsplash.com/cowomen

Kualitas hidupmu akan sangat bergantung pada keputusan yang diambil, apa yang kamu jalani saat ini merupakan keputusan yang telah kamu ambil setelah banyaknya menimbang banyak pemikiran serta konsekuensinya di masa depan. Berpikir kritis adalah alat yang sangat baik untuk membantumu lebih memahami diri sendiri dan belajar untuk menguasai pikiranmu sendiri . Jadi, kamu akan sangat merasa puas bila kamu telah memikirkan matang-matang apa yang harus dijalani dan diambil ke depannya.

Banyak yang bisa didapatkan dari berpikir kritis, salah satunya adalah bisa open minded dan menerima pendapat orang lain dan tidak bergelut pada pendapat sendiri, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berpikir kritis.

Baca Juga: 5 Tips Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Saat Belajar, Wajib!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya