Comscore Tracker

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinking

Biar kamu semakin produktif!

Dalam dunia kerja, tentu banyak hal yang harus dikuasai untuk berkembang dan memudahkan untuk bekerja, salah satunya adalah menguasai keterampilan berpikir kreatif atau creative thinking skill

Berpikir kreatif melibatkan keterampilan analitis, pemecahan masalah, organisasi dan komunikasi. Ketika digabungkan, kualitas-kualitas ini membantu mendefinisikan dan memecahkan masalah yang kompleks dan menghadapi situasi yang mungkin dihadapi seseorang setiap hari, baik di dalam dan di luar pekerjaan.

Mampu menemukan perspektif baru dan menciptakan inovasi merupakan keahlian yang semakin berharga. Para creative thinker sering berada di garis depan dalam mendorong perubahan, memecahkan masalah, dan mengembangkan ide-ide baru.

Mereka yang membawa pemikiran kreatif ke dalam cara kerja sering kali lebih bahagia, lebih produktif, dan juga tangguh. Jika kamu ingin meningkatkan keterampilan yang satu ini, ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu terapkan untuk melatih keterampilan creative thinking melalui artikel ini,  langsung simak di bawah ini yuk!

Baca Juga: Bandung Creative Hub vs Laswee Creative Space, Mana Paling Menarik?

1. Tumbuhkan rasa ingin tahu

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi sekelompok pekerja sedang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Terus menumbuhkan dan mengasah rasa ingin tahu tentang hal-hal dan ide-ide yang mungkin tampak rumit pada awalnya, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai perjalanan mengembangkan kreativitasmu.

Bahkan tugas yang terlihat rumit pun bisa tampak menarik jika mendekatinya dengan cara yang benar. Berfokuslah pada manfaat rasa ingin tahu, seperti menambah pengetahuan tentang hal-hal baru  yang membuatmu penasaran bahkan untuk hal sekecil apapun dalam kehidupan sehari-hari.

2. Fokus pada hal positif

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi pria memegang buku (pexels.com/olly)

Melalui pemikiran kreatif, orang bertujuan untuk meningkatkan dan menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu. Oleh sebab  itu, memiliki pandangan yang optimis dapat berkontribusi pada kualitas kerja yang lebih baik dan memiliki ide orisinal yang lebih inovatif.

Untuk mengesampingkan pikiran negatif, perlu mempraktikkan rasa syukur. Memahami bahwa hambatan adalah bagian alami dari kehidupan juga merupakan sesuatu yang mungkin membantu untuk menjalani setiap hari dengan pola pikir positif.

3. Stimulasi otak

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi pria sedang menikmati kopi di ruang kerja (pexels.com/olly)

Meningkatkan kreativitas tidak harus terbatas pada latihan berpikir dan membuat kebiasaan. Otak manusia bereaksi positif terhadap jenis aktivitas lain, termasuk stimulasi sensorik.

Pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak warna pada lingkungan dan lemari pakaian, mendengarkan musik baru saat bekerja, atau bahkan mendaftar ke kelas tembikar atau melukis. Terekspos pada hal-hal baru yang terdengar, tercium, dan terasa berbeda dapat meningkatkan kualitas pemikiran kreatif di tempat kerja.

4. Konsumsi konten di luar zona nyaman

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi wanita fokus depan laptop (pexels.com/moosephotos)

Jika menonton film atau membaca adalah suatu kegiatan yang kamu sukai di waktu luang, pertimbangkan untuk keluar dari zona nyaman dan memilih genre baru. Seperti, penggemar film aksi mungkin bisa mempertimbangkan untuk menonton film dokumenter atau seseorang yang biasanya membaca novel sejarah dapat memilih buku fiksi.

Mencoba berbagai variasi baru setiap hari adalah teknik yang terbukti untuk mengembangkan minat dan pemikiran baru yang tentu saja dapat mengasah keterampilanmu dalam berpikir kreatif.

5. Amati orang lain

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi dua wanita berdiskusi depan papan tulis (pexels.com/divinetechygirl)

Kreativitas bisa datang dalam segala bentuk, mulai dari melukis, menulis hingga menjadi juru masak yang inovatif atau menjadi orang yang berkonsultasi dengan orang lain ketika mereka membutuhkan solusi untuk suatu masalah.

Melihat dan mengamati bagaimana orang lain mengekspresikan sisi kreatif mereka dan membicarakannya dengan mereka dapat membantu mengembangkan dan memupuk keterampilan berpikir kreatifmu dari pengalaman-pengalaman yang kamu ketahui tentang orang lain.

Baca Juga: 6 Tips Tumbuhkan Critical Thinking pada Anak

6. Jangan takut untuk melepaskan pikiran

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi wanita fokus depan laptop (pexels.com/yankrukov)

Melamun dan bertukar pikiran adalah dua hal yang dapat meningkatkan imajinasi dalam jangka panjang. Pemikir kreatif biasanya mulai dengan hanya memiliki satu ide dan menambahkan pemikiran baru ke dalamnya, yang memberi makan imajinasi mereka dan membantu mereka mempertimbangkan semua ide yang ada untuk dikembangkan menjadi sebuah solusi.

7. Berkolaborasi dengan orang lain

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Selain meminta umpan balik, berkolaborasi dengan kolega bisa menjadi sumber inspirasi yang hebat. Jika kamu telah berjuang untuk menemukan solusi dan ide kreatif untuk proyek tertentu, melibatkan rekan terpercaya dapat menjadi cara yang luar biasa untuk meningkatkan kreativitasmu.

Dengan melakukan kolaborasi juga dapat membawa feedback yang sama-sama menguntungkan, selain meringankan beban, kamu juga bisa mempelajari hal baru dan keterampilan baru yang partner kolaborasimu lakukan untuk meningkatkan keterampilanmu juga.

8. Memiliki pikiran terbuka

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi dua wanita berdisukusi (pexels.com/tirachardkumtanom)

Kesediaan untuk mencari dan memahami ide-ide baru dapat sangat memengaruhi keterampilan berpikir kreatif. Untuk mempraktikkan keterbukaan pikiran, ketika mendekati situasi yang paling akrab sekalipun kamu harus mempertimbangkan bagaimana orang lain akan menghadapinya. Ini dapat membantumu berhubungan dengan pengalaman dan pengetahuan orang lain dan melihat berbagai hal dari perspektif yang berbeda

9. Luangkan waktu untuk meningkatkan skill

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi menulis jurnal (pexels.com/tirachardkumtanom)

Mengembangkan keterampilan membutuhkan waktu dan dedikasi. Untuk meningkatkan peluang yang berhasil, kamu  dapat mempertimbangkan untuk menyisihkan waktu setiap hari dan  mengeksplorasi berbagai cara untuk meningkatkan kreativitas dengan berbagai kegiatan yang direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan ini. 

10. Berolahraga

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi pria dan wanita sedang jogging (freepik.com/pressfoto)

Olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran jika merasa tertekan atau stres. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa latihan fisik bahkan hanya 30 menit aktivitas aerobik dapat membantu kita menjadi lebih kreatif sekaligus meningkatkan fungsi otak.

11. Jauhkan diri dari kebisingan

11 Tips dan Cara Meningkatkan Keterampilan Creative Thinkingilustrasi pria menggunakan headphone (pexels.com/olly)

Ada beberapa studi penelitian yang menemukan kedai kopi bisa sebagai tempat terbaik untuk berkreasi karena di sebagian besar kedai kopi, tingkat kebisingannya sedang dan tidak mengganggu. Situasi yang sunyi akan membuatmu lebih fokus mengerjakan suatu hal.

Terlalu banyak kebisingan dapat menyebabkan gangguan, namun jika kamu benar-benar tidak dapat bekerja di lingkungan yang bising tetapi harus melakukannya di kantor yang memiliki banyak gangguan yang tak dapat dikelola, kamu bisa menggunakan headphone, mencari sudut ruangan di mana kebisingan lebih sedikit, pergi ke kafe terdekat dengan izin atau menghadapi rekan kerja dengan cara yang sopan.

Melatih keterampilan berpikir kreatif dapat membuatmu lebih mudah dan bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Mulailah untuk mengasahnya biar kamu bisa produktif dan berkembang menjadi lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Design Thinking, Cara Berpikir untuk Solusi Kreatif

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya