Comscore Tracker

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkan

Banyak dampak positifnya, lho!

Bersikap ramah dan menyenangkan dapat membawamu ke dalam suasana hati yang baik, dan dapat mengubah cara pandangmu terhadap hidup. Di tempat mana pun kamu menginjakkan kaki, kamu tidak akan kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang lain. Tidak merugi untuk menjadi seorang yang ramah dan friendly, biar kamu gak penasaran langsung saja simak artikel di bawah ini, keep scrolling!

1. Selalu tersenyum

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/olly)

Banyak penelitian telah dilakukan tentang hal ini, dan para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti tersenyum menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon yang membuat kita lebih bahagia. Jadi hanya dengan tersenyum, kamu bisa menjadi orang yang lebih bahagia. Setelah itu terjadi, bersikap ramah terhadap orang lain akan menjadi lebih alami.

Selain itu, orang-orang akan merasa lebih nyaman berada di dekatmu jika kamu sudah menularkan energi positif lewat senyumanmu. Jiwa positifmu tersalurkan lewat senyum yang dapat mempengaruhi orang-orang di sekitarmu.

2. Menyapa dan memulai percakapan

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi cewek hangout (unsplash.com/brookecagle)

Hal kecil lain yang dapat membuatmu terlihat ramah adalah mulai duluan menyapa orang lain dan memulai percakapan. Jangan malu untuk mendekati orang terlebih dahulu, sesuatu yang sederhana seperti mengucapkan "selamat pagi" atau "halo" sudah cukup, bahkan jika kamu hanya berjalan di jalan, atau di mall, atau di mana pun, setiap kali seseorang melihat ke arahmu, sapalah mereka.

Lakukan ini sebagai latihan sehingga ketika kamu pergi ke sebuah perkumpulan, kamu mudah untuk bersosialisasi dengan nyaman, kamu juga akan terbiasa menyapa orang di mana pun kamu berada sehingga menyapa orang lain di mana pun akan menjadi kebiasaan bagi kamu.

3. Buat orang lain nyaman

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi hangout bareng teman (unsplash.com/priscilladupreez)

Sebagai contoh kecil, jika orang asing bergabung dengan kelompokmu di sebuah tongkrongan, mereka pasti butuh keberanian untuk melakukan interaksi dan mendekat, maka dari itu cobalah untuk membuat transisi itu menjadi mudah bagi mereka.

Membantu mengarahkan percakapan untuk memberi tanda bahwa mereka juga ikut masuk dalam perkumpulan tersebut sehingga mereka bisa merasa lebih nyambung dan masuk ke percakapan kalian. Hal ini akan berkesan untuk mereka yang sudah kamu bantu karena kamu bisa membuat nyaman orang lain.

4. Memberi feedback pada lelucon orang lain

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi perkumpulan wanita (unsplash.com/elevatebeer)

Tak perlu mengeluarkan suara terbahak-bahak untuk membuat orang asing terkesan dengan caramu merespons leluconnya, karena kesan pertama bertemu juga penting untuk kamu menjaga imej apalagi cara tertawamu. Ketika kamu merespons dengan tertawamu, hal itu juga akan mendorong tawa dari orang lain.

Apalagi jika kamu juga bisa menimpali lelucon yang ia buat untuk membuatnya merasa kamu bisa dalam energi yang sama dengannya, imej sebagai orang ramah dan menyenangkan dapat melekat di dirimu.

Baca Juga: 5 Tips Saat Diajak Kumpul Keluarga Pasangan, Berbaurlah dengan Ramah!

5. Memperhatikan bahasa tubuhmu

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi menghabiskan waktu bersama (unsplash.com/priscilladupreez)

Perhatikan bagaimana bahasa tubuhmu seperti cara berdirimu, atau jangan membungkuk atau hanya sekadar menyilangkan tangan. Jika ingin membuat kesan ramah pada orang lain, kamu hanya perlu bersikap santai dan fleksibel, karena lewat cara ini kamu bisa merasa nyaman dan dapat berpengaruh pada cara berinteraksimu dengan orang lain.

Orang-orang akan menghindari melakukan kontak mata denganmu jika bahasa tubuh yang kamu tampilkan tidak wajar. Mereka mungkin berpikir bahwa kamu tidak ingin berada di sana atau menghindari interaksi dengan orang lain, atau mereka akan menganggap kamu canggung dan tidak ingin bersosialisasi. 

Biarkan lenganmu bebas, dan jika kamu merasa tidak nyaman dengan tidak melakukan apa-apa dengan tanganmu, letakkan saja di saku lalu angkat kepalamu dan tersenyumlah. Ketika seseorang bertemu mata Anda, mengangguk, dan tersenyum. Jika ada musik, kamu bahkan dapat bergerak mengikuti irama dan biarkan orang lain tahu bahwa kamu menikmati suasana yang ada.

6. Bersikap baik dan menghormati

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi cewek hangout (unsplash.com/priscilladupreez)

Bersikap baik dan hormat kepada semua orang, tidak peduli siapa, latar belakang mereka atau apa yang mereka lakukan, perlakukan semua orang dengan cara yang sama dengan kebaikan dan rasa hormat.

Bersikap baik dan hormat kepada semua orang dapat secara efektif meningkatkan suasana hati yang positif, dengan melakukan hal tersebut, kamu juga akan merasa lebih baik dan bisa lebih ramah untuk orang lain, reputasimu juga akan bagus.

7. Mengingat nama lawan bicaramu

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi nongkrong di caffe (unsplash.com/priscilladupreez)

Hal simpel yang dapat membuat orang lain merasa di hargai adalah dengan mengingat nama orang tersebut.

Tak hanya mengingat, apabila kamu dalam sebuah percakapan dengan orang asing, menyebutkan nama lawan bicaramu juga dapat membuatnya tertarik dengan caramu menghargainya walaupun dengan hal-hal kecil seperti ini.

8. Beri pujian

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi dua orang yang kompak (unsplash.com/priscilladupreez)

Memberi pujian juga dapat membuat orang lain terkesan dan cenderung membuat suasana hati menjadi lebih baik. Pujilah orang lain atas penampilan mereka, bagaimana mereka bertindak, atau atas pemikiran mereka.

Memuji orang lain juga dapat menjadi sebuah awal percakapan yang cukup efektif, contohnya apabila kamu sedang berada dalam sebuah pesta dan kamu bertemu dengan orang asing, hal yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk berteman dengannya adalah dengan memberi pujian pada penampilannya, setelah memuji penampilannya barulah kamu bisa masuk ke percakapan basa basi.

9. Tampil apa adanya

9 Tips Menjadi Pribadi yang Ramah dan Menyenangkanilustrasi hangout bareng teman (unsplash.com/priscilladupreez)

Simpel namun tidak bisa diabaikan. Bersikap apa adanya tanpa dibuat-buat juga bagian terpenting dari bersikap ramah. Bersikap tulus tanpa berpura-pura juga akan membantumu dalam membuat rileks dalam perkumpulan dan semuanya akan mengalir secara alami.

Jika kamu benci bersosialisasi dan mencoba bersikap ramah, itu tidak akan pernah berhasil. Mungkin itu akan terjadi, tetapi itu tidak akan pernah menjadi asli. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyadari pentingnya memiliki teman yang baik. Kamu  perlu tahu bahwa itu dapat memengaruhi hidup kamu secara positif. Kamu juga perlu tahu bahwa bersikap ramah adalah salah satu cara terbaik untuk bertemu orang-orang hebat.

Menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan bagi orang lain, bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu. Biar kamu bisa lebih nyaman dan menjadi orang yang punya banyak sisi positif.

Baca Juga: Pacaran Sama Cowok Friendly Itu Banyak Tantangan, Ini 5 Alasannya

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasyakhairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya