Comscore Tracker

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadi

Kamu pasti bisa melewatinya

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Dan tak sedikit juga yang menyesalinya karena masih terbayang-bayang kejadian di masa itu. Walau seperti itu, bukan berarti kamu harus selalu meratapinya setiap waktu. Sedih dan kemudian melupakannya jauh lebih baik dibanding selalu menyesali apa yang sudah terjadi. Sekarang tinggal bagaimana kamu bisa menyikapinya dari kejadian di masa lalu tersebut. Inilah lima alasan bahwa tidak ada gunanya menyesali apa yang sudah terjadi.

1. Waktu akan terus berjalan, kamu tidak akan bisa memutar waktu dan mengubahnya kembali ke masa itu

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadipexels/Andrew Neel

Berusaha keras seperti apa pun masa lalu tidak akan bisa kembali. Kamu tidak bisa memutar waktu dan mengubahnya kembali. Kamu tidak bisa mundur ke masa itu dan memperbaiki kesalahan yang pernah kamu perbuat, karena waktu terus melaju ke depan. Lebih baik kamu mencoba untuk melanjutkan hidupmu dengan memikirkan masa depan daripada terus menyesali masa lalu yang tak mungkin kembali. 

2. Daripada membuang waktumu untuk berpikir 'seandainya dulu', lebih baik kamu mencari solusi dari kesalahanmu dulu

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadipexels/Andrea Piacquadio

Kalimat 'seandainya dulu' tidak mengambil langkah tersebut maka kejadian ini tidak akan terjadi, kalimat itu selalu kamu pikirkan. Tahukah kamu? Berandai-andai jika kamu melakukan pilihan lain akan hanya membuang waktumu untuk memikirkannya. Karena langkah yang kamu ambil sebelumnya tidak bisa kamu tarik kembali.

Jadi jangan buang waktumu untuk terus memikirkan dan membayangkannya, lebih baik kamu mencari solusi dari permasalahanmu tempo dulu. Itu akan lebih baik karena hanya menyesali masa lalu tidak akan menyelesaikan masalah. 

3. Pekerjaan lain akan terhambat dan membuatmu lelah karena selalu memikirkannya

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadipexels/joeypistachio

Masih banyak hal lain yang lebih penting yang harus kamu kerjakan dan prioritaskan. Jadi jangan terus terlarut dalam penyesalan yang berkepanjangan. Semakin memikirkan dan menyesalinya akan membuat pekerjaan lainnya menjadi terhambat dan kamu juga akan semakin lelah dibuatnya. 

Baca Juga: Meski Gak Bilang Maaf tapi 5 Sikap Ini Menandakan kalau Dia Menyesal

4. Ingatlah bawah keputusan yang kamu ambil dahulu adalah langkah terbaik di saat itu dan jadikan itu sebagai pendewasaan diri

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadipexels/Ekrulila

Coba kamu ingat kembali, bukankah keputusan kamu dulu itu adalah keputusan yang terbaik? Jika akhirnya ternyata prediksi kamu salah, maka itu bukan kesalahanmu. Jadikan itu sebagai pendewasaan diri, dimana dalam setiap kejadian, kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa dari waktu ke waktu. 

5. Jadikan saja masa lalumu itu sebagai pengalaman dan pembelajaran diri untuk ke depannya

5 Alasan Bahwa Tidak Ada Gunanya Menyesali Apa yang Sudah Terjadipexels/Adril Kudri

Jadikan masa lalumu sebagai pengalaman dan pembelajaran diri untuk kedepannya. Sehingga kamu jadi lebih hati-hati dan tidak terjatuh di lubang yang sama. Teruslah begerak hingga akhirnya terasa perbedaannya karena pengalaman dan penyesalan di masa lalu mengubahmu menjadi lebih bijak dalam mengambil suatu langkah. 

Itulah lima alasan bahwa tidak ada gunanya menyesali apa yang sudah terjadi di masa lalu. Kumpulkan keberanian dan kekuatan untuk memperbaiki dan menciptakan keadaan yang lebih baik di masa sekarang. 

Baca Juga: Awas Menyesal, 6 Hal Penting Ini Rentan Dilupakan saat Mengejar Karier

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya