Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulan

Kamu perlu bersosialisasi

Bergaul di dalam suatu lingkungan sangatlah perlu karena kita adalah makhluk sosial sehingga kita tidak bisa hidup sendiri, kita juga membutuhkan bantuan dari orang lain. Sebagai makhluk sosial tentu kita perlu bersosialisasi di tengah masyarakat. Namun bagaimana jika ternyata kita merasa minder dan tidak bisa bergabung dengan yang lainnya?

Ada perasaan takut yang menyelimuti saat kita berada di antara mereka. Oleh karena itu, buanglah rasa tidak percaya dirimu dan cobalah lakukan 5 cara ini untuk menghilangkan mindermu di dalam pergaulan.

1. Jangan takut untuk memulai percakapan terlebih dahulu dengan orang lain

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulanpixabay/nastya_gepp

Tidak semua orang akan menegur kita terlebih dahulu, apalagi jika kita merupakan anak baru di sekolah atau lingkungan kerja. Buang rasa takutmu dan mulailah membangun pergaulan dengan mereka yang sudah terlebih dahulu berada di lingkungan tersebut. Jangan takut untuk memulai percakapan terlebih dahulu dengan mereka.

Tidak perlu banyak bicara, kamu cukup tersenyum dan menyapanya. Namun, jika ternyata terjadi pembicaraan di antara kalian, kamu cukup mengikuti alurnya saja, biarkan pembicaraan mengalir begitu saja.

2. Jangan malu untuk menyampaikan ide atau pendapat saat terlibat dalam diskusi

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulanpixabay/StockSnap

Di dalam suatu kelompok baik dalam lingkungan sekolah atau kerja pasti ada moment di mana kita akan terlibat diskusi. Saat semua orang memiliki pendapat, kamu hanya diam memendam pendapatmu sendiri. Jangan lakukan itu ladies, jangan malu untuk menyampaikannya jika kamu memang memiliki ide atau pendapat saat terlibat dalam diskusi tersebut.

Namun kamu juga harus mempersiapkan diri jika pendapatmu kurang disetujui anggota lainnya, tapi setidaknya kamu sudah mengungkapkan pendapatmu sendiri sehingga kamu merasa lega karena tidak memendamnya. Biarkanlah orang tahu bahwa kamu juga memiliki pendapat sendiri dan bukan tipe orang yang hanya diam saja.

3. Buanglah rasa tidak nyamanmu jika ada seseorang yang mencoba mendekatimu dan ingin mengenalmu lebih dekat

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulanpixabay/nastya_gepp

Kamu merasa sendiri dan ingin bergabung dengan yang lainnya. Namun kamu terlalu takut untuk mendekati yang lainnya. Ada perasaan apakah kamu yang tidak nyaman mendekatinya atau kamu takut mereka tidak nyaman saat kamu mendekatinya.

Tapi bagaimana jika mereka yang ternyata lebih memilih mendekatimu? Apakah kamu akan menjauh sedangkan hatimu ingin bergabung dengannya? Maka yang harus kamu lakukan adalah membuang rasa tidak nyamanmu itu jika ada seseorang yang mencoba mendekatimu dan ingin mengenalmu lebih dekat. 

4. Bersikap tenanglah, buang rasa grogimu ketika berhadapan dengan orang lain

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulanpixabay/trevoykellyphotography

Saat berhadapan dengan orang lain kamu mulai grogi. Perasaaan grogimu akan membuatmu salah tingkah dihadapan mereka. Mereka pasti menyadarinya dan jangan sampai mereka berpikir kamu tidak nyaman berada bersama mereka. Maka bersikap tenanglah, buang rasa grogimu ketika berhadapan dengan orang lain. Buat dirimu senyaman mungkin saat berhadapan dengan mereka. Seperti kamu yang mencoba mengalihkan rasa grogimu dengan mencari topik pembicaraan yang menarik minatmu sehingga kamu dapat melupakan grogimu karena terlalu antusias dalam bercerita.

5. Hilangkan pikiran membandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing

5 Cara Menghilangkan Mindermu di Dalam Pergaulanpixabay/AdinaVoicu

Kamu merasa kurang dibandingkan yang lainnya. Kamu mulai membandingkan bahwa kamu tidak secantik mereka, kamu tidak semodis mereka, kamu tidak sepintar mereka, kamu tidak sekaya mereka dan kamu yang merasa kamu berada di bawah mereka. Hilangkanlah pikiran membandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka yang terlihat sempurna di matamu belum tentu tidak memiliki kekurangan, hanya saja kamu yang tidak tahu.

Itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan mindermu di dalam pergaulan. Selamat mencoba ya ladies.

Baca Juga: 6 Cara Supaya Kamu Gak Jadi Korban Pelarian Teman yang Patah Hati

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya