Comscore Tracker

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lain

#PANJATPOIN Mereka memberikan saran karena peduli padamu

Tidak ada yang salah jika kita memiliki sifat percaya diri. Namun bagaimana jika kamu memiliki sifat terlalu percaya diri sehingga berpikir bahwa semua hal yang kamu ambil dan putuskan itu sudah benar tanpa harus mendengarkan saran atau pendapat dari orang lain?

Kamu merasa bahwa pendapatmu selalu benar dan tidak pernah salah sehingga kamu menutup telingamu terhadap saran atau pendapat dari orang-orang di sekitarmu. Padahal tidak ada salahnya jika kamu mendengarkannya terlebih dahulu, apalagi jika saran tersebut membawamu ke arah yang lebih baik.

Dan, inilah lima dampak yang terjadi saat kamu tak mau mendengarkan saran orang lain.

1. Kamu menjadi pribadi yang tertutup

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lainpixabay/Engin_Akyurt

Kamu menjadi pribadi yang tertutup karena tidak mau mendengarkan pendapat, saran, masukan, atau apa saja yang dikatakan oleh orang lain. Kamu merasa sudah yakin akan kemampuan dirimu sendiri sehingga kamu tidak mau mendengarkan mereka. Kamu lebih memilih untuk menutup diri dari mereka. 

2. Ilmu, kemampuan, dan wawasanmu menjadi tidak berkembang dengan luas

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lainpixabay/StockSnap

Dalam lingkungan pergaulan baik di perkuliahan, perkantoran maupun masyarakat, kamu pasti akan terlibat diskusi dengan orang lain. Saat kamu tidak mau mendengarkan masukan dari orang lain, maka ilmu, kemampuan, dan wawasanmu menjadi tidak berkembang dengan luas karena kamu juga tidak mau saling bertukar pikiran.

Saat kita mendengarkan pengalaman yang sudah mereka alami, itu akan menjadi pembelajaran dan masukan untuk kehidupan kita karena pasti ada manfaat atau hikmah yang bisa kita petik dari pengalamannya tersebut.

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapat

3. Kamu rentan melakukan kesalahan karena tidak ada yang mengecek ulang tugas atau pekerjaanmu

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lainpixabay/StockSnap

Saat teman kuliah atau rekan kerjamu yang lebih senior mencoba membantumu untuk mengecek ulang tugas atau pekerjaanmu, kamu keberatan karena menurutmu bahwa apa yang kamu kerjakan itu sudah benar.

Tahukah kamu? Saat kamu merasa lebih tahu banyak hal dibandingkan mereka yang lebih berpengalaman, itu bisa membahayakan dirimu sendiri karena bisa membuatmu rentan mengalami kesalahan. 

4. Kamu bisa membuat malu dirimu sendiri apalagi jika apa yang kamu anggap benar ternyata salah dan mereka yang benar

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lainpixabay/Free-Photos

Saat kalian berdebat atau terlibat suatu diskusi, kamu mengatakan bahwa sebaiknya mengikuti apa yang kamu sarankan karena kamu merasa kamu yang paling benar namun ternyata hasilnya kamulah yang salah dan temanmu yang benar.

Bukankah itu akan mempermalukan dirimu sendiri? Seharusnya kamu bisa melakukan voting dengan teman-teman lainnya dab pendapat siapa yang akan digunakan sehingga ketika terjadi kesalahan kamu tidak perlu merasa malu karena keputusan itu sudah diambil secara bersama-sama.

5. Mereka yang awalnya memedulikanmu perlahan akan mulai menjauhimu karena kamu yang tidak pernah mau mendengarkan saran atau masukan dari mereka padahal itu demi kebaikanmu

5 Dampak yang Terjadi Saat Kamu Tak Mau Mendengarkan Saran Orang Lainpixabay/freephotocc

Saat ada orang lain baik itu teman maupun rekan kerja memberikan saran atau masukan kepadamu, itu tanda bahwa mereka memedulikanmu dan menyayangimu. Namun kamu sama sekali mengabaikan semua perkataan mereka tanpa mau mendengarkannya terlebih dahulu. Maka secara perlahan mereka akan mulai menjauhimu.

Bahkan saat kamu membutuhkan mereka dan mencoba menghubungi, mungkin mereka juga akan mengabaikanmu seperti kamu mengabaikan kepedulian mereka terhadapmu.

Jadi, lima dampak itulah yang terjadi saat kamu tak mau mendengarkan saran orang lain. Cobalah dengarkan saran atau pendapat mereka terlebih dahulu, siapa tahu masukan tersebut baik untuk dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Bahwa Bohong Bukanlah Solusi Terbaik, Apa pun Alasannya!

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You