Comscore Tracker

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!

Ciptakan kenyamanan di dalam hidupmu sendiri

Percayalah gak semua hal harus kamu pedulikan dan perhatikan di dalam hidupmu. Karena hal-hal tersebut justru bisa membuat hidupmu menjadi gak tenang dan berantakan karena sibuk memikirkannya. Padahal jika kamu perhatikan dengan seksama, hal tersebut hanya memberi pengaruh buruk dan negatif untukmu dan hidupmu.

Maka jangan jadikan beban untuk hal-hal yang sebenarnya gak terlalu penting untuk kamu pikirkan. Masih banyak hal lain yang lebih penting untuk kamu pikirkan dan prioritaskan di dalam hidupmu. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengabaikan hal-hal yang gak baik untuk dirimu sendiri dan hidupmu ke depannya. Nah, hal-hal apa saja yang perlu kamu abaikan? Yaitu lima hal ini agar hidupmu menjadi tenang dan damai. 

1. Kata-kata negatif, kritikan yang tidak membangun dan cibiran buruk orang lain tentang dirimu

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!ilustrasi orang memberi kritikan (pexels.com/cottonbro)

Jangan habiskan waktumu untuk berkutat dalam pikiranmu sendiri akibat kata-kata negatif, kritikan yang tidak membangun dan cibiran buruk orang lain tentang dirimu. Kamulah yang paling tahu dirimu sendiri, maka kamu tidak perlu memusingkan perkataan orang lain tentangmu. Apalagi jika kata-katanya justru menjurus ke hal-hal yang negatif. Semakin kamu memikirkannya maka akan semakin membuatmu gak tenang.

Oleh karena itu, ciptakan ketenangan di dalam hidupmu dengan hanya fokus pada saran dan masukan yang membangun dari orang-orang yang peduli akan perkembangan dirimu ke arah yang lebih baik dan positif. Sekalipun misalnya hal tersebut dilakukan dengan memberikan kritikan yang tajam dan pedas, namun selama pesan yang ingin disampaikan orang tersebut demi kebaikan dirimu, maka kamu perlu mendengarkannya. Ingatlah bahwa tidak semua orang pandai dalam menyampaikan apa yang mereka pikirkan dengan baik dan benar. Yang terpenting kamu pandai dalam menangkap maksudnya. 

2. Kekurangan yang tidak bisa kamu perbaiki

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!ilustrasi memikirkan kekurangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setiap orang tentunya berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimilikinya, termasuk dirimu. Jika hal tersebut berkaitan dengan kemampuan diri, maka kamu pasti bisa memperbaikinya dengan usaha dan kerja keras demi bisa mencapainya. Namun untuk hal-hal yang tidak bisa kamu perbaiki, jauh lebih baik untuk bisa menerima kekurangan tersebut tanpa harus menyangkalnya.

Apalagi sampai memaksakan diri untuk memperbaiki kekurangan yang tidak bisa kamu perbaiki. Itu hanya akan membuat hidupmu tidak tenang karena sibuk memikirkannya di sepanjang waktumu. Misalnya adalah kekuranganmu secara fisik. Jauh lebih baik untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki. Ingatlah bahwa kamu juga memiliki kelebihan yang patut dibanggakan di luar dari kondisi kekurangan yang kamu miliki tersebut. 

Baca Juga: 5 Kalimat Singkat Ini Membuat Hidup Lebih Berharga, Bermakna

3. Proses dalam mencapai sesuatu yang tak bisa selalu sama dengan orang lain

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!ilustrasi bandingkan diri ke orang (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang tentunya memiliki proses yang berbeda-beda saat dia hendak mencapai sesuatu di dalam hidupnya. Ada yang cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, kamu tidak perlu selalu memperbandingkan dirimu apabila proses yang kamu lalui tak sama dengan orang lain.

Apalagi jika orang lain tersebut berada di posisi sudah mencapai kesuksesannya sedangkan kamu masih berproses untuk mencapainya. Maka abaikan pikiran membandingkan tersebut agar kamu bisa fokus di dalam proses menuju kesuksesan yang kamu impikan. Jangan sampai hal tersebut malah membebani pikiranmu dan akhirnya malah membuat hidupmu menjadi gak tenang. Yang ada kamu malah semakin lama berproses mencapai kesuksesa karena ada beban pikiran tambahan yang kamu ciptakan sendiri. 

4. Berlebihan memikirkan random thoughts

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!ilustrasi overthinking (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Random thoughts adalah pikiran secara acak yang terkadang muncul begitu saja. Apalagi saat kamu sedang tidak melakukan kegiatan apa-apa dan sedang bersantai, maka pikiran secara acak tersebut bisa saja datang menghampiri karena kamu sedang tidak fokus memikirkan sesuatu dan tidak sedang melakukan apapun. Nah pikiran acak yang datang itu tidak perlu kamu pikirkan secara berlebihan.

Karena jika kamu mempedulikannya maka malah membuatmu menjadi overthinking dibuatnya. Yang ujung-ujungnya malah bisa membuatmu memiliki beban pikiran tambahan. Jangan buat hidupmu menjadi gak tenang karena overthinking akan hal-hal yang sebenrnya tidak terlalu penting untuk kamu pikirkan di dalam hidupmu. 

5. Memikirkan masalah dan urusan orang lain

Abaikan 5 Hal Ini agar Hidupmu Tenang dan Damai, Jangan Jadikan Beban!ilustrasi kepo urusan orang (pexels.com/RODNAE Productions)

Hilangkan rasa penasaranmu terhadap masalah dan urusan orang lain. Terlalu kepo akan urusan orang lain sehingga mencari tahu dengan segala cara juga tidak akan memberikan manfaat dan faedah yang baik untuk dirimu. Karena kamu tidak harus tahu dan tidak juga harus selalu membantu orang lain dengan menyelesaikan permasalahan dan urusan yang dimiliki orang tersebut.

Lain cerita jika orang yang bersangkutan meminta bantuanmu, maka kamu bisa melakukannya. Jika tidak, maka jangan pusingkan hidupmu dengan menambah beban hidup dari masalah orang lain. Ingatlah kamu juga memiliki masalah dalam hidupmu sendiri yang perlu kamu selesaikan. Jadi, lebih baik kamu fokus dengan hidupmu sendiri agar kamu juga merasa tenang saat permasalahan di dalam hidupmu satu per satu kamu selesaikan dengan baik.

Kamu harus bisa memprioritaskan hal-hal yang perlu kamu pikirkan dan perhatikan. Jangan sampai hal-hal gak penting malah kamu pedulikan hingga akhirnya malah menganggu ketenangan di dalam hidupmu. Jadi, jangan lakukan itu demi kebaikan dirimu sendiri. Seperti halnya lima hal di atas yang perlu kamu abaikan agar hidupmu menjadi lebih tenang dan damai. 

Baca Juga: 5 Tips Mempertahankan Kebiasaan Baik, Agar Hidup Produktif 

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya