Comscore Tracker

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!

Hindari hal-hal yang bisa membuatmu gagal berkembang

Apa kamu pernah merasa bahwa hidupmu saat ini hanya begitu-begitu saja? Tidak ada salahnya untuk menggali potensi diri. Jika kamu merasa ragu dan takut melangkah maju selama ini, mungkin karena kamu belum menjauhi hal-hal yang dapat menghambat perkembangan dirimu. Yaitu lima hal ini. 

1. Attitude yang kurang baik

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!ilustrasi malas (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu memiliki attitude yang kurang baik, maka itu akan menghentikan langkahmu untuk maju dan melangkah. Ibaratnya bagaimana kamu bisa berkembang jika attitude-mu saja tidak mendukungmu melakukan itu.

Jadi, agar tidak menghambat perkembangan dirimu, maka kamu perlu menjauhi attitude yang kurang baik untukmu. Belajarlah untuk memperbaiki attitude-mu agar bisa menunjangmu saat ingin berkembang. Misalnya jika biasanya saat kamu melakukan kesalahan kamu tidak memikirkannya dan menganggap hal tersebut wajar terjadi, maka selanjutnya jangan lakukan itu. Namun belajarlah untuk introspeksi diri dari kesalahan tersebut. 

Membiarkan hal yang salah tentu saja tidaklah benar, karena bisa saja hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang tak baik untukmu jika kamu terus mendiamkannya dan tak memperbaikinya. Jadi, sebelum hal tersebut semakin sulit untuk diubah, maka lakukanlah segera. Attitude yang baik tentu akan membantu perkembangan dirimu. 

2. Membiarkan rasa takut menguasai diri

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!ilustrasi takut (pexels.com/MART PRODUCTION)

Bagaimana kamu bisa mengembangkan diri jika kamu saja selalu merasa takut untuk melangkah dan maju. Bagaimana kamu mau berubah dan mencoba hal yang baru jika kamu saja selalu berpikir negatif tentang dirimu akibat rasa takutmu tersebut, seperti pemikirian "sepertinya aku bakal gagal, kayaknya  aku belum siap," hingga "sepertinya aku gak mampu untuk melakukannya." Hal sepertinitu sama saja kamu sedang mematikan langkahmu sendiri untuk berkembang. Kamu akan semakin mengurungkan niatmu untuk melangkah maju dan berkembang. 

Jadi, jangan biarkan rasa takut menguasai dirimu. Justru seharusnya kamu bisa melawan rasa takut tersebut dengan kepercayaan diri yang kamu miliki. Yaitu percaya bahwa kamu bisa, kamu mampu dan kamu bisa mencapai apa yang kamu mau di dalam hidupmu. Keyakinanmu tersebut akan membantumu dan mendorongmu untuk terus berusaha mengejar impian dan harapan untuk terus mengembangkan diri menjadi lebih baik. Bukan hanya dirimu, namun juga karier yang sedang kamu jalani saat ini. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Buat Kamu Jalan di Tempat, Menghambat Perkembanganmu!

3. Merasa insecure secara berlebihan

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!ilustrasi tidak percaya diri (pexels.com/Tiger Lily)

Terkadang merasa insecure adalah hal yang biasa terjadi, namun selama insecure tersebut tidak membuatmu menjadi terpuruk atau menghambat perkembangan dirimu. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka itu menandakan bahwa kamu sudah memiliki rasa insecure yang berlebihan. Di mana hal tersebut hanya akan membuatmu semakin tidak percaya diri.

Kamu menjadi tidak yakin pada dirimu sendiri dan kemampuan yang kamu miliki saat kamu ingin melangkah maju dan berkembang. Jadi, cobalah untuk menjauhi rasa insecure secara berlebihan tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan memberikan reward pada dirimu sendiri apabila kamu mencapai hasil yang kamu inginkan. Misalnya saat kamu hendak mencoba hal baru, namun kamu merasa insecure.

Tapikamu tetap berusaha melakukannya dan memfokuskan dirimu di dalamnya. Maka ketika keberhasilan itu datang sesuai dengan ekspektasimu, maka apresiasi dirimu sendiri. Yaitu memberikan reward atas keberhasilan tersebut, seperti memanjakan diri dengan makan makanan favoritmu atau pergi traveling ke tempat kesukaanmu. Perlahan-lahan rasa insecure berlebihmu itu akan mulai menghilang karena kamu yang secara berkala mulai menjauhinya dengan memberi reward saat kamu berhasil maju dan melangkah step by step. 

4. Menyimpan rasa iri di dalam hati

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!ilustrasi iri (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika kamu melihat keberhasilan dan kesuksesan orang lain, maka turutlah bahagia. Jangan malah menyimpan rasa iri di dalam hati karena kamu tidak mengalami keberhasilan dan kesuksesan seperti mereka. Membandingkan dirimu dengan orang lain termasuk pencapaiannya tidaklah bagus untukmu. 

Hal tersebut hanya akan menghambat perkembanganmu, yaitu saat kamu merasa orang lain sempurna dan kamu tidak. Apalagi jika kamu merasa dunia tidak adil padamu, maka akan semakin mempersulit langkahmu untuk maju dan berkembang. Cobalah untuk tidak berpikir seperti itu. 

Oleh karena itu, jauhi rasa iri dengan tidak terlalu mempedulikan pencapaian orang lain. Jauh lebih baik kamu fokus pada dirimu dan apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Dengan begitu, maka akan membuatmu semakin bekerja keras untuk mengembangkan diri dan kemampuan yang kamu miliki demi meraih impianmu. 

5. Jaga jarak dari lingkungan yang berisikan toxic people

Jauhi 5 Hal Ini agar Gak Menghambat Perkembangan Diri, Yuk Berubah!ilustrasi toxic people (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Kesalahan tidak bisa maju dan berkembang bukan hanya dari dirimu saja, namun pengaruh dari lingkungan juga bisa mempengaruhi. Yaitu lingkungan yang berisikan toxic people di dalamnya. Lingkungan tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang positif untukmu, yang ada malah memberikan dampak yang negatif untukmu. 

Jadi, cobalah untuk menjauhi mereka dengan menjaga jarak dari lingkungan yang berisikan toxic people. Lakukan seminimal mungkin interaksi antara kamu dengan mereka. Jika lingkungan tersebut berada di lingkungan kerjamu, maka cukup berinteraksi secara profesional untuk urusan pekerjaan saja, di luar dari situ kamu tidak perlu melibatkan diri terlalu jauh dengan orang-orang yang toxic agar tidak menghambat perkembangan dirimu. 

Melangkah maju dan berkembang memang tidak mudah, namun itu perlu kamu lakukan demi perkembangan dirimu. Apalagi jika kamu memiliki suatu jenjang karier yang ingin kamu capai, maka kamu perlu melakukannya. Nah, agar mempermudahmu meraihnya, maka cobalah untuk menjauhi hal-hal yang bisa menjadi penghambat perkembangan dirimu. 

Baca Juga: Miliki 5 Pola Pikir Ini agar Rasa Takut Tak Menghambat Kesuksesanmu

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya