Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerja

Kamu yang ingin mencoba hidup mandiri

Saat kamu memiliki keinginan untuk merantau ke luar kota demi mencari kerja, maka kamu perlu memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskannya. Hal tersebut perlu kamu lakukan agar kamu gak salah melangkah dan menyesali keputusanmu yang kamu ambil tersebut.

Karena dalam setiap keputusan tentunya memiliki dampak positif dan negatif yang akan mengikuti di belakangnya. Nah, lima hal inilah yang perlu kamu perhatikan dengan baik dan matang saat ingin merantau keluar kota untuk mencari kerja. 

Baca Juga: 5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantau

1. Gaji dan biaya hidup yang perlu kamu estimasikan di kota yang kamu pilih

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerjailustrasi melakukan estimasi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat ingin merantau ke luar kota, ketahui dengan pasti kota yang akan kamu pilih. Karena setiap kota akan berbeda kisaran gaji minimum untuk para pekerja dan biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di sana. Kamu tentu perlu informasi tersebut agar bisa melakukan estimasi biaya. Yaitu untuk memperhitungkan berapa besaran gaji yang kamu butuhkan dan berapa banyak biaya hidup yang harus kamu keluarkan jika merantau di kota tersebut. 

Jangan sampai gaji yang kamu dapatkan tidak sebanding dengan biaya hidupmu selama di sana. Karena yang ada, kamu tidak akan bisa memiliki uang lebih ataupun tabungan masa depan sehingga hanya hidup pas-pasan. Jika memang hal tersebut yang akan terjadi, maka sebaiknya kamu pertimbangkan kembali keinginanmu untuk merantau ke luar kota. Terlebih lagi jika kamu baru lulus kuliah, di mana kamu belum memiliki banyak pengalaman kerja, penguasaan skill yang banyak dan mumpuni sehingga melakukan negosiasi gaji lebih tinggi akan sulit dilakukan. 

2. Tempat tinggalmu selama di luar kota

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerjahttps://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berjubah-hitam-berjal

Karena kamu akan jauh dari keluarga, maka kamu perlu memperhatikan tempat tinggalmu selama merantau di kota tersebut. Jika ada keluarga jauh atau kerabat terdekatmu, maka tidak ada salahnya menghubungi mereka untuk meminta bantuan tinggal bersama di sana. Namun jika tidak ada, maka kamu perlu cari tempat tinggal sewa seperti kos atau mengontrak. Nah hal tersebut tentunya akan berdampak pada tambahan biaya hidup yang kamu estimasikan sebelumnya. 

Jika ingin menekan budget, maka kamu perlu pintar mencari kos atau kontrakan yang tidak terlalu mahal biaya sewanya. Namun perlu dipertimbangkan juga perihal lokasinya apakah strategis dan tidak terlalu jauh dari tempatmu bekerja. Karena jika jauh maka akan membuat biaya transportasimu juga ikut membengkak. Selain itu, kamu juga akan lelah jika terus-menerus menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang lama. Yang ada kamu akan sampai tempat kerja dalam kondisi pikiran dan mood yang kurang baik sehingga mempengaruhi produktivitas kerjamu. 

Baca Juga: 5 Tips Gak Overthinking saat Anak Merantau, Minta Saudara Mengawasinya

3. Relasi yang kamu miliki dan pergaulan yang ada di sana

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerjailustrasi bersama teman (pexels.com/Alexy Almond)

Untuk bertahan seorang diri dalam perantauan bukanlah hal yang terbilang mudah. Maka jika kamu memiliki relasi seperti kenalan atau teman di kota tersebut, maka peluangmu untuk bertahan di sana akan semakin besar. Karena kamu memiliki seseorang untuk berbagi dan memberikan rasa nyaman karena sudah saling mengenal satu sama lain. 

Relasi seperti itu juga perlu kamu perhatikan jika misalnya kamu mengalami hal-hal yang tak diinginkan seperti sakit atau kecelakaan yang tak terduga. Maka kehadiran mereka bisa menemanimu dan membantumu mengatasi kondisi tersebut karena jauh dari orang tua dan anggota keluargamu. Jika kamu tidak memiliki relasi sebelumnya, maka cobalah untuk bangun relasi yang baik dengan orang-orang yang kamu kenal di kota tersebut. Namun kamu harus pintar dan berhati-hati memilih orang dari pergaulan yang baru. 

4. Bidang pekerjaan yang ingin kamu tekuni

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerjailustrasi cari perusahaan (pexels.com/Kampus Production)

Sejak dini sebelum merantau kamu perlu memperhatikan bidang pekerjaan yang ingin kamu tekuni. Jauh lebih baik kamu memilih bidang yang sesuai dengan passion, minat dan bakat yang kamu miliki. Karena tentunya kamu punya modal lebih terhadap bidang tersebut, sehingga bisa membantumu bertahan saat memilih kerja untuk merantau di luar kota. 

Usahakan untuk tidak memilih kerja secara terpaksa karena berpikir itu lebih baik daripada tidak bekerja sama sekali dan ada tuntutan biaya hidup yang harus dipenuhi di kota tersebut. Maka untuk mengantisipasinya, sejak awal kamu perlu mencari informasi perihal perusahaan-perusahaan apa saja yang sesuai dengan bidang kerja yang ingin kamu tekuni. Selain itu, bekerja karena keterpaksaan hanya akan membuatmu tidak cocok dan akhirnya malah tidak bertahan lama di masa percobaan. 

5. Kesiapan mentalmu untuk merantau ke luar kota

Perhatikan 5 Hal Ini saat Ingin Merantau ke Luar Kota untuk Cari Kerjailustrasi mempersiapkan mental (pexels.com/Sergey Torbik)

Jangan lupa perhatikan kesiapan mentalmu jika ingin merantau ke luar kota untuk mencari kerja. Karena kamu akan mengalami banyak perubahan saat melakukannya. Yaitu yang pertama jauh dari keluarga sehingga segala hal harus bisa kamu lakukan secara mandiri. Yang kedua kamu perlu beradaptasi di lingkungan yang baru dan perlu berhati-hati agar jauh dari hal-hal negatif yang bisa merugikanmu. 

Yang ketiga kamu mungkin akan menghadapi culture shock karena adanya perbedaan budaya dan gaya hidup di kota tersebut. Apalagi jika kamu berasal dari desa atau daerah pedalaman maka kamu harus bisa mengatasinya dengan baik. Yang keempat adalah kemungkinan menjalani hubungan asmara jarak jauh jika kamu sudah memiliki pasangan. Hal tersebut juga tidak mudah untuk dilakukan jika selama ini kamu dan dirinya tidak pernah jauh satu sama lain. Nah untuk menjalani LDR juga membutuhkan kesiapan mentalmu. 

Memiliki keinginan merantau di luar kota untuk mencari penghasilan lebih adalah hal yang baik. Kamu juga akan belajar untuk bisa lebih mandiri. Namun, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengambil keputusan tersebut demi kebaikanmu sendiri. Karena gegabah dalam memutuskan sesuatu tentunya tak baik untuk dilakukan. Nah lima hal di ataslah yang perlu kamu perhatikan saat ingin merantau ke luar kota untuk mencari kerja. 

Baca Juga: 5 Tips Kuatkan Hati Ditinggal Pacar Nikah saat Kamu Merantau

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya