Comscore Tracker

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!

Hal-hal yang perlu kamu prioritaskan di dalam hidupmu

Setiap orang tentunya memiliki tujuan di dalam hidup, termasuk dirimu. Maka kamu perlu mengutamakannya juga demi kebaikan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu tidak menyadarinya sehingga mengabaikan hal-hal yang sebenarnya penting di dalam hidup. Nah, mau tahu apakah saja itu? Yaitu lima hal ini perlu kamu utamakan di dalam hidupmu demi kebaikan dirimu sendiri. 

1. Pendidikan dan belajar berbagai macam hal

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!ilustrasi belajar (pexels.com/cottonbro)

Jangan pernah berpikir bahwa orang yang pendidikannya tidak terlalu tinggi tidak kalah dalam menghasilkan uang dibandingkan mereka yang berpendidikan. Bahkan bisa saja mereka menghasilkan uang yang lebih besar dan banyak daripada mereka yang jauh lebih berpendidikan. Padahal bukan hal tersebut patokannya sehingga kamu berpikir dan menyimpulkannya seperti itu.
 
Karena pendidikan memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat yang sangat berarti untukmu. Yang pertama adalah bisa membantumu membentuk diri agar menjadi pribadi yang baik dari segi kemampuan, keahlian dan akhlak. Yang kedua adalah membantumu membekali diri untuk bisa menghadapi dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat dalam hal pengetahuan, sosial, etika, serta adab yang baik dan benar.

2. Kesehatan secara jasmani dan mental

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!ilustrasi olahraga (exels.com/Tirachard Kumtanom)

Kesehatan jasmani penting untuk selalu kamu perhatikan. Jangan sampai kamu mengabaikannya karena itu demi kebaikan dirimu sendiri. Apalagi jika kamu ingin berumur panjang, maka sejak dini kamu harus bisa menjaga kesehatan jasmanimu dengan sebaik mungkin. Karena jika tubuhmu sakit, maka tentunya akan mengganggu aktivitasmu dan membuatmu tidak nyaman untuk melakukan kegiatan apa pun karena berada dalam kondisi tubuh yang kurang baik. 

Selain kesehatan jasmani, kesehatan mental juga perlu kamu utamakan di dalam hidupmu. Jangan sampai kamu merasa tertekan sehingga tidak mengalami ketenangan dalam hidup. Jadi, jaga kesehatan mentalmu dengan baik sehingga kamu bisa merasa damai dan sejahtera. Baik itu secara psikologis, emosional, maupun sosial. Karena kesehatan mental memberi pengaruh yang tak kalah penting ketika kamu berpikir, merasa dan bertindak saat berinteraksi dengan orang di sekitarmu. 

Baca Juga: 5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

3. Kewajiban diri

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!ilustrasi belajar (pexels.com/Mikhail Nilov)

Utamakan kewajiban dirimu sendiri di dalam hidup. Misalnya jika kamu sebagai seorang pelajar maka belajarlah dengan benar. Dan jika kamu seorang pekerja maka bekerjalah dengan baik, seperti menyelesaikan tugas dengan sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil kerja yang maksimal. Jangan abaikan kewajiban diri yang seharusnya kamu lakukan. Percayalah kamu akan menyesalinya di kemudian hari saat kamu menyepelekan dan mengabaikan kewajibanmu itu. 

Karena semua orang memiliki kewajiban dirinya masing-masing untuk bisa menjaga dirinya sendiri dengan sebaik mungkin. Maka miliki masa depan yang baik dengan menjalankan kewajiban diri dengan baik pula. Selain itu, jangan juga lupakan kewajiban dirimu untuk beribadah kepada Tuhan. Semakin kamu mendekatkan diri kepada Tuhan, semakin tenang hati dan pikiranmu dalam menjalani hidup karena kamu jauh lebih bisa berpikir positif karena Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umat-Nya.

4. Cita-cita yang ingin kamu capai

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!ilustrasi usaha capai mimpi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Semua orang tentunya memiliki cita-cita di dalam hidupnya yang ingin dia capai, termasuk dirimu. Maka berusahalah meraih cita-cita tersebut, apalagi jika kamu memiliki kemampuan untuk bisa melakukannya. Jangan mudah menyerah dan meninggalkan harapan yang selama ini kamu impikan. Percayalah selalu ada jalan selama kamu mau berusaha. 

Mengutamakan cita-cita dalam hidup perlu kamu lakukan agar bisa memberikanmu semangat dan motivasi untuk terus menjalani hidupmu dengan sebaik mungkin. Karena kamu memiliki visi dan misi yang jelas sehingga tidak terombang-ambing di tengah jalan akibat tidak tahu harus melakukan apa. Cita-cita yang kamu miliki tidak akan membuatmu mudah kehilangan arah. 

5. Orang-orang yang kamu sayangi

5 Hal Ini Perlu Diutamakan dalam Hidup, Penting untuk Kebaikan Dirimu!ilustrasi kumpul keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Hal terakhir yang perlu kamu utamakan di dalam hidup adalah orang-orang yang kamu sayangi, seperti keluarga, pasangan dan sahabat terdekatmu. Jangan sampai kamu mengabaikan mereka yang menyayangimu karena kamu yang tidak pernah bisa menyediakan waktu untuk mereka karena kesibukan yang kamu miliki. Ingatlah bahwa mereka merupakan salah satu hal berharga di dalam hidup yang tidak bisa kamu beli dengan uang. Percuma kamu memiliki banyak uang, namun kamu tidak memiliki siapa-siapa dan hanya hidup sendirian. 

Maka berikan kasih sayang yang kamu miliki dengan mengekspresikannya secara langsung kepada mereka agar mereka juga tahu bahwa kamu menyayangi mereka. Jangan sampai kamu kehilangan orang-orang yang kamu sayangi karena kamu yang tidak menunjukkan rasa sayangmu. Memiliki seseorang yang peduli dan bisa berbagi dalam hidup adalah anugerah yang patut untuk kamu syukuri dan perlu kamu jaga dengan baik. 

Di dalam hidup tentunya kamu harus tahu mana-mana saja hal yang harus kamu utamakan dan tidak. Terutama hal-hal yang penting dan baik untuk dirimu sendiri, maka kamu harus bisa memprioritaskannya. Seperti lima hal di atas yang perlu kamu utamakan di dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Nilai-nilai Penting yang Harus Diajarkan dalam Pendidikan, Catat!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya