Comscore Tracker

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!

Fokuskan dirimu meraih goals yang tepat untukmu

Memiliki goals di dalam hidup akan membuatmu memiliki arah dan tujuan hidup yang lebih jelas. Kamu tahu dengan pasti apa-apa saja yang ingin kamu capai dan yang ingin kamu miliki di dalam hidupmu sendiri. Namun terkadang untuk menentukan goals yang tepat tidaklah mudah. Mengapa? Karena kamu bisa memiliki banyak keinginan sehingga masih bingung atau justru kamu belum yakin akan keinginanmu sendiri maunya seperti apa.

Nah jika kamu masih bimbang perihal apa yang baik untuk hidupmu hingga masa depanmu. Maka kamu bisa mencoba lima tips ini agar bisa menentukan goals yang tepat untukmu. 

1. Mencatat setiap keinginan dan melakukan perencanaan yang detail serta spesifik

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!ilustrasi mencatat keinginan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu memiliki banyak keinginan di dalam hidup, maka catat apa-apa saja keinginan tersebut agar kamu bisa tahu goals mana yang paling tepat untukmu. Kemudian lakukan perencanaan yang detail dan spesifik dengan menjabarkan setiap keinginan yang ada satu per satu. Seperti cara untuk meraihnya dan strategi apa yang diperlukan untuk segera mendapatkannya. 

Termasuk hal-hal apa saja yang kamu butuhkan untuk dapat mendukung mencapai keinginan tersebut dan kendala apa saja yang bisa menghambatmu ketika hendak meraihnya. Dengan merincikan dan menjabarkannya secara berurutan, maka akan mempermudahmu untuk tahu mana keinginan yang paling cocok dan bisa kamu raih dan mana yang sulit untuk kamu dapatkan karena banyaknya kendala yang bisa menghambatmu serta sulit untuk kamu tempuh. 

2. Melakukan pengukuran pada keinginan yang kamu miliki

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!ilustrasi berpikir (pexels.com/MART PRODUCTION)

Tanyakan pada dirimu, apakah kamu ingin segera mencapai keinginanmu tersebut atau tidak. Misalnya yang pertama kamu ingin meraih kebebasan secara finansial di usia muda atau yang kedua kamu ingin menjadi seseorang yang memiliki gelar pendidikan tinggi hingga S3. Karena tentunya akan ada perbedaan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. 

Pilihan pertama membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan pilihan kedua yang membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam proses pencapaiannya. Maka lakukan pengukuran yang tepat untukmu dirimu, termasuk targetmu kapan ingin mencapainya. Namun jika kamu saja tidak yakin bisa berproses pada rentang waktu yang telah kamu ukur, maka jangan membebani dirimu terlalu keras dan memaksakan diri. Jangan mengejar sesuatu yang kamu sendiri saja tak pasti bisa sanggup dalam prosesnya meraihnya. 

3. Melihat kemampuan dirimu

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!ilustrasi berpikir (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memiliki keinginan yang besar dan tinggi adalah hal yang baik, namun kamu juga harus melihat kemampuan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu menentukan goals yang mustahil karena berada di luar dari batas kemampuanmu. Belajarlah untuk mengakui dan menerima kenyataan yang ada. Karena kamu tentunya tahu dengan baik kualifikasi dirimu sendiri, apakah kamu mampu atau tidak untuk bisa meraihnya. 

Jika hanya keinginan tanpa adanya kemampuan yang mumpuni, maka sebaiknya jangan memaksakan diri demi kebaikanmu. Jangan sampai kamu stres karena ekspektasi diri yang melampaui kemampuan yang tidak kamu miliki. Yang ada hanya akan mengganggu kesehatan mentalmu saja. 

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Hubunganmu dan Sahabat Tergolong Friendship Goals?

4. Berpikir dengan realistis

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!ilustrasi berpikir realistis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki keinginan yang tinggi dan besar adalah hak setiap orang, termasuk dirimu. Namun bukan berarti kamu menjadi gak realistis dalam berpikir karenanya. Misalnya kamu menginginkan gelar pendidikan yang tinggi sampai S3, nah apakah secara finansialmu mendukung untuk mewujudkannya? Atau kamu menginginkan membangun usaha sendiri, nah apakah kamu memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha tersebut? Hal seperti itu tentunya perlu kamu pertimbangan dengan melihat kemampuan ekonomimu saat ini. 

Kemudian jika misalnya kamu merasa secara potensi kurang mendukung keinginanmu, maka kamu juga perlu berpikir secara realistis. Misalnya kesanggupan meluangkan waktu tambahan untuk ikut les atau kursus agar memiliki kemampuan yang dapat mendukung keinginanmu. Lalu memikirkan biaya yang akan kamu keluarkan untuk membayar les atau kursus tersebut, karena secara materi tentunya tidaklah sedikit. Nah, apakah kamu sanggup? Jika iya maka lakukanlah. Namun jika tidak, maka jangan paksakan dirimu secara berlebihan karena hal tersebut tak baik untukmu. 

5. Melihat faktor lain di luar dari dalam diri, terutama yang berdampak signifikan padamu

5 Tips Menentukan Goals yang Tepat, Bikin Hidupmu Jadi Lebih Terarah!ilustrasi memikirkan faktor lain (pexels.com/Ivan Samkov)

Jangan pernah abaikan faktor lain yang berada di luar dari dalam dirimu, terutama yang dapat memberikan dampak signifikan padamu. Karena hal tersebut tentu akan mempengaruhimu di dalam proses mencapai keinginanmu. Misalnya restu orang tua atau tanggung jawabmu di dalam keluarga. Jika orang tuamu tak setuju akan keinginanmu dan kamu juga tak bisa meyakinkannya, apakah kamu sanggup tetap menjalani keinginanmu itu? 

Karena secara mental kamu akan kekurangan dukungan moril dari orang tuamu. Atau kamu memiliki tanggung jawab yang besar di dalam keluargamu seperti tulang punggung keluarga. Maka, apakah kamu akan tetap fokus pada keinginanmu sedangkan kamu perlu membiayai keluargamu? Bahkan mungkin adik-adikmu yang masih kecil juga membutuhkan bantuanmu secara finansial dan juga ketersediaan waktumu untuk menjaga mereka. 

Hal-hal tersebut perlu kamu pertimbangkan demi kebaikanmu sendiri. Jika memang ada pilihan yang cocok sebagai goals-mu dengan mempertimbangkan semua hal dan ternyata sesuai dengan keadaanmu, maka cobalah untuk kamu pertimbangkan. Yang terpenting, jangan sampai kamu hanya fokus pada keinginanmu sendiri namun kamu melupakan hal yang krusial dan lebih penting di dalam hidupmu agar kamu tak menyesalinya di kemudian hari. 

Goals di dalam hidup dapat membuatmu menjadi seseorang yang punya hidup lebih terarah. Waktu dan tenaga yang kamu keluarkan juga dapat teralokasi dengan baik karena kamu sudah memiliki goals yang tepat, sesuai dengan keinginan serta kondisi yang sesuai dengan keadaanmu. Nah, lima cara di atas dapat membantumu untuk menentukan goals yang tepat untukmu. Mau mencoba? 

Baca Juga: 5 Kriteria Menentukan Goals yang Baik, Apakah Milikmu Termasuk? 

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya