Comscore Tracker

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita Autoimun

#GoodLife Yuk mulai jaga perasaan orang sekitar kita!

Tak semua penyakit itu kasat mata. Kadang seseorang yang dari penampilan fisiknya terlihat baik-baik saja, bisa menyimpan sebuah rahasia yang tak selalu kita ketahui. Salah satunya adalah kondisi kesehatan yang sedang bermasalah. Kondisi kesehatan seperti autoimun dan gangguan psikologis sama sekali tak akan terlihat kasat mata kecuali jika orang tersebut mengungkapnya di depanmu.

Lantas, apa yang harus kita lakukan jika ada teman terdekat kita yang baru saja bercerita kalau ia mengidap penyakit yang kronis atau yang tak kasat mata? Kamu bisa mulai dengan tak mengatakan 7 kalimat ini di hadapannya.

1. "Kamu gak kelihatan kayak orang sakit!"

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita AutoimunUnsplash/auttgood

Ketika ada yang bilang seperti itu, rasanya mereka seperti meragukan bahwa lawan bicaranya benar-benar sedang sakit. Perasaan ini seringkali melanda orang-orang yang mengidap penyakit kronis, terlebih karena mereka seringkali membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pada akhirnya menegakkan diagnosa tentang apa yang mereka derita. Mengatakan hal itu hanya akan membuat mereka merasa bahwa penyakit itu "fiksi" dan mengada-ada.

Banyak orang yang menderita penyakit serius terlihat baik-baik saja dan terlihat sehat. Tapi bukan berarti rasa sakit yang mereka rasakan tak nyata adanya.

2. "Kamu gak takut efek samping minum obat jangka panjang gitu?"

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita AutoimunUnsplash.com/@seteales

Beberapa riset membuktikan bahwa penderita gangguan kecemasan juga sering ditemukan pada wanita penderita lupus dan fibromyalgia. Ini artinya, jika kita membicarakan penyakit kronis, ada kemungkinan bahwa mereka juga sedang bertarung dengan kondisi kesehatan jiwa. Beberapa orang mungkin akan minum obat untuk meringankan kondisi kesehatan jiwa mereka, dan ada juga yang tidak. Dan tugas kita adalah memastikan bahwa semua keputusan yang mereka ambil benar-benar kita dukung dan hargai.

Lagipula, obat mana sih yang gak punya efek samping?

3. "Kamu selama ini bisa kerja gila-gilaan kayak gitu masa sih sakit separah itu?"

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita AutoimunUnsplash.com/@photohunter

Ini adalah contoh buruk dalam berasumsi tanpa mengetahui apa yang sedang terjadi di belakang layar. Untuk penderita autoimun, mereka hanya bisa 'berfungsi' maksimal selama 10 jam per hari jika tak mendapat pengobatan rutin. Selebihnya, energi mereka akan terkuras habis dan hanya bisa tidur dan melakukan aktivitas yang tak memberatkan fisik.

Mengingatkan mereka bahwa kondisi fisik mereka seharusnya terlihat lebih parah itu adalah hal yang menyakitkan, karena mereka sendiri pun pasti juga sudah berusaha agar tak terlihat sakit di depan kita. Banyak penderita penyakit kronis membutuhkan waktu tidur lebih banyak daripada orang normal, dan kita harus selalu mencari tahu apa yang sedang dialami teman-teman kita agar tak terburu-buru membuat asumsi.

Baca Juga: Mengenal Gejala Lupus yang Diderita Selena Gomez, Bahaya Lho!

4. "Kamu kelihatan baik-baik aja tuh selama ini..."

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita AutoimunUnsplash.com/@lucaslenzi

Setelah didiagnosa, biasanya penderita autoimun akan dengan segera melakukan perawatan medis yang memang diperlukan. Meski pun pengobatan-pengobatan ini tak secara signifikan membuat kelelahan dan rasa sakit sepenuhnya pergi, namun paling tidak itu bisa membuat para penderita autoimun ini menjalani kehidupan normal yang melibatkan pekerjaan, kehidupan sosial, dan jalan-jalan.

Yang kadang tak dilihat orang adalah berapa banyak uang, waktu dan usaha yang sudah dikeluarkan untuk merawat penyakit mereka. Jadi, menganggap mereka baik-baik saja bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

5. "Aku juga capek banget nih, jadi aku ngerti perasaan kamu..."

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita AutoimunUnsplash.com/@oddityandgrace

Meski banyak penderita penyakit kronis memaklumi kelelahan orang lain, namun tingkat kelelahan yang dialami mereka berbeda dari orang sehat yang sedang lelah. Penderita lupus, misalnya, bisa tidur lebih dari 12 jam dan bangun tidur masih merasa tidak segar, bahkan malah terasa seperti orang habis lari maraton.

6. "Pernah cobain (nama obat) yang ini belum?"

6 Hal yang Gak Seharusnya Kamu Katakan ke Penderita Autoimuncannasos.com

Banyak penderita penyakit kronis menerima berbagai saran soal pengobatan alternatif yang dianggap lebih membantu. Mulai dari yoga, mengurangi asupan gula, mandi air garam, apapun itu. Tapi, pengobatan autoimun tak seperti itu caranya.

Banyak cara yang bisa kita mulai untuk mendukung teman-teman kita yang sedang berjuang melawan autoimun, dan tidak mengucapkan keenam kalimat di atas adalah salah satu cara untuk menjaga perasaan mereka agar tetap semangat dalam melawan penyakit mereka.

Baca Juga: Lupus: Penyakit Sistemik yang Patut Mendapat Perhatian Lebih

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya