Comscore Tracker

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantu

Jangan buang waktumu sia-sia untuk orang-orang ini

Membantu orang lain merupakan kewajiban kita sebagai sesama manusia. Apalagi ada orang-orang yang membutuhkan bantuanmu, maka kamu harus segera membantu mereka. Namun, sering kali kita dapati, ada orang-orang yang sudah pernah kita tolong tapi pada akhirnya merekalah yang menyakiti kita. Atau bahkan mereka seperti benalu yang terus menguras kehidupan kita yang semula begitu baik.

Niat kita yang hanya ingin menolong dan mengubahnya menjadi lebih baik tampaknya menjadi bumerang balik untuk kita. Nyatanya, suatu kesalahan untuk berasumsi bahwa semua orang ingin menjadi lebih baik. Beberapa orang tidak akan berubah terutama jika mereka tidak mau. Supaya kamu tidak makan hati, ada baiknya kamu mengenal 7 tipe manusia yang tidak dapat kamu bantu.

1. Victim minded people

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi victim minded (pexels.com/Anete Lusina)

Adakah orang-orang di sekitarmu yang selalu merasa dialah korban? Tiap ada kesalahan, dia akan selalu menyalahkan orang lain dan keadaan. Orang-orang seperti ini akan terus membuat banyak alasan untuk perilaku buruk mereka sendiri.

Orang-orang yang memiliki pola victim minded cenderung tidak memiliki kedewasaan emosional. Orang-orang seperti ini akan susah untuk kamu bantu atau ubah karena mereka tidak mau mengakui kesalahan mereka dan akan selalu menyalahkan orang lain.

Mereka menolak untuk melihat kesalahan mereka sendiri dan menghindari tanggung jawab. Daripada kamu makan hati dan terjebak dalam situasi rumit, sebaiknya orang dengan victim mentality tidak perlu kamu gubris.

2. Orang yang merasa paling benar

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi orang yang selalu benar (pexels.com/Lukas)

Orang yang kerap merasa dirinya paling benar cenderung berpikir bahwa mereka tahu segalanya. Orang-orang seperti ini sangat susah untuk mendengarkan pendapat orang lain dan cenderung meremehkan orang lain. Mereka berpikir bahwa merekalah yang paling sempurna dan tidak ada yang perlu untuk diperbaiki atau dikritik dari diri mereka.

Orang-orang yang memiliki pola pikir seperti ini akan selalu berusaha untuk menggurui orang lain untuk lebih baik padahal mungkin masih ada sisi dari mereka yang juga perlu diubah. Kalau kamu berteman dengan orang seperti ini, maka akan sia-sia saja kamu untuk menegurnya atau membantunya untuk berubah.

3. Orang yang pandai menipu

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi pandai menipu (pexels.com/Andres Ayrton)

Ditipu merupakan suatu kejadian yang sangat dibenci oleh semua orang. Jika kamu tidak ingin merasa ditipu atau dikhianati, ada baiknya kamu menghindar dari orang-orang yang pandai menipu. Seorang penipu biasanya sangat susah untuk dikenali karena mereka sangat persuasif, lihai dalam berkata-kata, dan mampu mempengaruhi perasaan orang lain.

Terutama ketika mereka membutuhkan sesuatu dari kamu, mereka tidak akan segan-segan mengeluarkan berbagai cara agar berhasil mendapatkan apa yang mereka mau meskipun dengan tipuan. Orang seperti ini tidak dapat kamu bantu dan percayai lagi karena mereka sangat manipulatif dan bermuka dua.

Terlepas dari bujuk rayuan mereka yang terlihat begitu meyakinkan, kamu jangan sampai luluh pada tuntutan mereka yang pada akhirnya dapat merugikan diri kamu sendiri. Jadi, jika ada seseorang yang tidak dapat kamu percayai meminta bantuanmu, ada baiknya kamu memastikan niatnya terlebih dahulu sebelum kamu membantunya. Jika kamu tidak merasa yakin, beranikan diri untuk menolak memberi bantuan padanya.

Baca Juga: Jangan Manja, Ini 5 Tips agar Kamu Gak Jadi Seorang Playing Victim

4. Desperate people

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi desperate people (pexels.com/Alex Green)

Desperate people atau orang-orang yang 'terlihat' putus asa merupakan salah satu tipe orang yang perlu kamu waspadai. Orang yang 'terlihat' sangat berputus asa cenderung menggerakkan kamu untuk mengasihani dan menolong mereka. Tapi, kamu perlu berhati-hati dan mengetahui dengan pasti niat mereka yang sebenarnya.

Hal ini karena desperate people dapat melakukan apa pun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan sekalipun harus menusuk kamu dari belakang. Orang-orang seperti ini biasanya licik dan senang memanfaatkan kemurahan hatimu. Hal terburuknya adalah mereka akan selalu meminta bantuanmu namun tidak akan melakukan hal yang sama jika kamu ditimpa situasi yang buruk. Dengan kata lain, mereka tidak akan pernah membalas perbuatan baikmu. Jadi, daripada membuang waktu, tenaga, dan emosimu, orang-orang seperti ini cukup kamu abaikan dan tidak perlu dihiraukan.

5. Orang yang tidak setia

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi disloyal people (pexels.com/Alex Green)

Setiap diri kita pasti mendambakan pasangan atau teman yang selalu setia di sisi kita. Namun, tak jarang kita harus menerima kenyataan pahit bahwa ada orang-orang terdekat kita yang tidak setia terhadap kita. Orang-orang yang tidak setia cenderung suka cepat marah dengan hal-hal sepele dan berkelahi denganmu tanpa sebab apa-apa.

Akan sangat percuma untuk kamu membantu orang-orang dengan model seperti itu. Karena kamu dapat setiap saat dikhianati atau ditusuk dari belakang meskipun kamu sudah memperlakukannya dengan baik. Biasanya orang-orang seperti ini tidak mau berubah karena mereka tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya.

6. Doubtful people

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi doubtful people (pexels.com/Public Domain Picture)

Orang yang selalu meragukan hal-hal di sekitarnya terkadang dapat membuat kita merasa jengkel. Kita ingin berniat baik namun niat baik kita dicurigai oleh dirinya secara berlebihan dan tak masuk akal. Mereka sangat skeptis terhadap semua orang dan segala hal yang baik yang datang pada mereka. 

Selain itu, mereka juga sangat tidak percaya diri, pesimis, dan suka menghakimi. Orang-orang seperti ini tidak akan merasa cocok dengan siapa pun. Niat kamu membantunya agar menjadi orang yang lebih baik akan bernasib seperti memindahkan dinding kokoh yang sia-sia saja.

Mereka tidak akan pernah bisa menerima aura positif yang berusaha kamu berikan dan cenderung lebih suka merajuk dan mengkritik segalanya. Daripada kamu yang terkena juga aura-aura negatif seperti itu, ada baiknya kamu menjauhi tipe orang yang seperti ini.

7. Orang yang mudah menyerah

Makan Hati, Kenali 7 Tipe Manusia yang Gak Bisa Kamu Bantuilustrasi mudah menyerah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa kamu punya kerabat, teman, atau pasangan dengan tipe seperti ini? Cepat menyerah terhadap apa yang mereka inginkan? Daripada mencoba mengubahnya untuk lebih semangat, ada baiknya kamu cukup berhati-hati untuk berhubungan dengan orang-orang seperti itu.

Orang dengan tipe ini cenderung tidak memiliki tujuan dan komitmen dalam hidup mereka. Entah seberapa banyak kebaikan, motivasi, dan dukungan yang kamu berikan padanya akan terasa percuma saja karena mereka tidak mau bergerak. Mereka begitu terjebak dalam mentalitas pecundang mereka. Mereka memiliki pemikiran bahwa apa pun usaha yang kamu lakukan untuk membantu mereka pada akhirnya akan gagal juga. Orang-orang seperti ini akan sangat menguras tenaga, pikiran, waktu, dan emosimu karena mereka tidak mau maju. Jadi, jika mereka tidak mau mengubah diri mereka untuk menjadi lebih baik, kamu pun tidak perlu bersusah payah lagi dengan mereka dan lebih baik pergi saja daripada waktumu terbuang percuma.

Dengan mengenal tipe-tipe orang di atas, kamu jadi sadar untuk tidak membuang-buang waktu dan tenaga untuk orang-orang seperti mereka. Menolong sesama dan mengubahnya menjadi orang yang lebih baik adalah hal yang mulia. Namun, kalau dari dalam hati mereka sendiri tidak ada niat untuk berubah, tidak ada salahnya untuk kamu kali ini tidak mengulurkan tangan daripada hidup kamu menjadi sengsara olehnya.

Baca Juga: 5 Gangguan Ini adalah Tanda Kamu Sudah Desperate Butuh Liburan Lho!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya