Comscore Tracker

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJ

Jangan sampai salah mengira, ya #IDNTimesLife

Apakah kamu benar-benar seorang INFJ? Kadang kala, kamu melihat ciri-ciri kepribadian INFJ dan kamu merasa bingung, apakah kamu termasuk ke dalamnya atau tidak.

Ada dua tipe kepribadian yang sangat mirip, yaitu INFJ dan INTJ. Terkadang, banyak orang juga yang keliru mengenai tanda-tanda kepribadian INFJ.

Supaya kamu tidak salah dan makin bingung, berikut 6 tanda yang menunjukkan jika kamu bukanlah seorang INFJ.

1. Kamu membuat keputusan menggunakan pilihan impersonal

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi memikirkan keputusan (pexels.com/Julia M Cameron)

Apa kamu lebih suka menggunakan logika dan objektivitas dalam membuat pilihan? Jika iya, maka kamu mungkin bukanlah seorang INFJ. Hal ini karena INFJ cenderung mempertimbangkan perasaan orang lain saat membuat keputusan.

Seorang INFJ lebih terbiasa dengan nuansa dan kepekaan emosional. INFJ biasanya memiliki cara pemikiran yang berbeda karena penginderaan utama mereka.

2. Kamu tidak takut kritikan

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi mendengar kritikan (pexels.com/Alex Green)

Beberapa tipe kepribadian memiliki sifat tidak suka dikritik. Namun, apabila kamu merasa tidak begitu masalah dalam hal menerima kritikan, berarti kamu bukanlah seorang INFJ. 

Orang dengan kepribadian INFJ sangat mudah tersinggung dengan kritikan. Hal ini karena mereka sangat peka terhadap emosi orang lain.

Kritikan yang mereka terima akan masuk ke hati mereka. Maka dari itu, mereka sangat mudah tersinggung dan susah menerima kritikan. Bagi mereka, hal-hal seperti itu sangatlah menyedihkan.

3. Kamu senang dikelilingi oleh orang banyak

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi keramaian pesta (pexels.com/cottonbro)

Orang dengan tipe kepribadian INFJ biasanya tidak menyukai ruang lingkup pergaulan yang terlalu besar. Apabila kamu senang bergaul dengan banyak orang atau dikelilingi oleh banyak orang, maka kamu bukanlah seorang INFJ. Mungkin saja kamu adalah seorang ekstrovert.

Tipe kepribadian INFJ cenderung menyukai ruang lingkup pertemanan yang kecil. Mereka tidak suka yang namanya sekedar basa-basi.

Seorang INFJ juga dapat menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap suatu aktivitas sosial. Namun, mereka menyampaikannya dengan cara yang hati-hati, agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Baca Juga: Agar Bahagia, Ini 5 Hal yang Diperlukan INFJ dalam Hidupnya

4. Kamu tidak terlalu tertarik dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kemanusiaan

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi pekerja sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Apakah kamu merasa bahwa tujuan hidupmu adalah untuk membantu dan menolong orang lain? Jika tidak, kamu mungkin bukan INFJ. Terlepas dari tipe kepribadiannya, ada banyak orang yang senang menjadi sukarelawan dan membantu orang lain.

Tetapi, seorang INFJ menjadikan misi hidup mereka untuk melayani. Seperti seorang idealis sejati, INFJ peduli untuk melakukan sesuatu yang dapat memperbaiki kondisi manusia. Mereka sangat ingin membantu orang lain.

Itulah sebabnya INFJ sangat tertarik dengan pekerjaan yang memiliki tujuan kemanusiaan. Tipe kepribadian mereka memungkinkan mereka untuk bersinar dalam peran sebagai aktivis atau katalis untuk perubahan sosial.

5. Kamu suka menguji teori di kehidupan nyata

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi bekerja (pexels.com/Daria Shevtsova)

Kalau kamu senang menguji hipotesis bagaimana-jika dalam kehidupan nyata, maka kamu bukanlah seorang INFJ. Kamu mungkin adalah seorang ekstrovert dengan tipe intuitif.

Tipe intuitif ekstrovert sangat suka menjelajahi dan menemukan inspirasi di sekitar mereka. Mereka lebih fokus untuk menguji ide-ide mereka. Beberapa tipe kepribadian yang memiliki sifat ini adalah ENFP, ENTP, dan INFP.

6. Kamu selaras dengan emosimu dan tidak kesulitan menyuarakan kebutuhan emosional

Jangan Salah, 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Bukan Seorang INFJilustrasi mengungkapkan emosi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu mudah terbuka kepada orang lain? Jika iya, maka kamu mungkin bukan INFJ. Ini karena sifat bawaan INFJ adalah mereka sering bertindak sebagai dukungan emosional bagi orang lain. Mereka juga memiliki kecenderungan mudah berempati terhadap orang lain.

Namun, mereka jarang menyuarakan kebutuhan emosional mereka sendiri. Selain itu, mereka kerap menyelinap ke dalam peran orang yang menyenangkan. Mereka selalu menempatkan kebutuhan mereka di belakang.

Seorang INFJ belajar, bagaimana melindungi kebutuhan mereka sambil juga melayani orang lain. Jika kamu merasa mudah untuk terbuka kepada orang lain, kamu mungkin tipe kepribadian ekstrovert yang dominan.

Bagaimana, apa semua tanda-tanda di atas sesuai dengan apa yang kamu rasakan? Jika iya, berarti kamu bukanlah seorang INFJ. Pada intinya, semua kepribadian memberikan warna-warna yang berbeda dan unik yang patut kita hargai.

Baca Juga: ENFJ dan 5 Kepribadian Ini Terkenal Sangat Pendendam, Kamu Termasuk?

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

IG : @gyy_0529 | FB : Sintya Yoo | Twitter : @Sintya46831892

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya