Comscore Tracker

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis 

Bikin tampilan apartemen jadi makin cozy

Ada banyak sekali ide dekorasi apartemen di luar sana, tetapi bagaimana kamu mendesain ruang apartemenmu itu tergantung pada ruang itu sendiri. Ketika berbicara soal mendesain apartemen, penting untuk mengetahui elemen mana yang paling cocok dan akan memiliki efek terbesar pada ruang apartemenmu.

Jika kamu ingin meningkatkan ruang tempat tinggal kamu, maka kamu bisa temukan beberapa tips desain apartemen di bawah ini. Baca sampai selesai, ya!

1. Buat ruang kecil terasa lebih besar

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi ruang kosong (pixabay.com)

Jika kamu tinggal di apartemen yang kecil, ada banyak cara untuk membuat ruangan yang kamu tempati terasa lebih luas. Yang pertama, kamu bisa mendesain ruanganmu dengan furnitur yang memiliki kaki dekoratif dan substansial. Kaki pada furnitur akan membuat ruang pada bagian bawah sehingga memberikan ilusi ruang yang jauh lebih besar.

Selain itu, meja kaca atau cermin dapat menjaga furnitur agar tidak terasa terlalu berat di ruang yang lebih kecil. Saat memilih tempat tidur, pilihlah yang memiliki kaki lebih pendek untuk membuat langit-langit terasa lebih tinggi.

Mengecat dinding dengan warna putih atau menggunakan warna terang lainnya juga dapat membantu membuat ruangan terasa lebih luas, namun mengecat warna gelap pada satu aksen dinding dapat memberikan efek surut yang dapat memberikan tampilan lebih dalam pada ruangan sehingga tampak luas.

2. Pilih warna dan pola yang tepat

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi pilihan warna untuk interior (pixabay.com)

Pilihlah warna atau pola untuk desain interior apartemenmu dengan tepat. Pertimbangkan nuansa dan tema ruangan yang ingin kamu wujudkan. Hal ini supaya dapat menciptakan kohesi pada setiap ruangan.

Contoh sederhananya, pilihlah nightstand yang memiliki tema dan warna yang sama dengan meja di ruang tamu. Sedikit kohesi dapat membuat apartemen kamu terasa terhubung dan utuh sehingga menciptakan ruang yang nyaman dan santai.

3. Memiliki titik fokus di apartemen

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi ruang gaya artistik (pixabay.com)

Untuk menarik fokus, kamu bisa mempertimbangkan benda atau desain yang dapat mencuri fokus perhatian mata. Memiliki titik fokus di apartemen kamu, seperti karpet dengan desain heboh atau rak buku yang dicat dengan warna mencolok akan menarik perhatian orang-orang ke area itu dan menjauh dari area yang bermasalah.

Bukan hanya saja bermain di furnitur atau benda dekorasi, kamu pun bisa mewarna salah satu dinding aksen di apartemenmu dengan warna yang berani. Hal ini juga akan memusatkan perhatian mata ke dinding tersebut.

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Berdasarkan Tipe Kepribadian, Bikin Betah!

4. Gunakan penyimpanan pintar

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi lemari penyimpanan (pixabay.com)

Supaya semakin banyak space pada ruang apartemenmu, kamu boleh mempertimbangkan tempat atau ruang penyimpanan seperti apa yang cocok untuk mengemas semua barang-barangmu agar terlihat rapi dan efisien. 

Berkreasilah dengan memanfaatkan ruang penyimpanan. Perabotan yang dapat dilipat, penyimpanan yang dapat ditumpuk atau disembunyikan, rak, dan papan pasak semuanya dapat membantu kamu untuk menjaga barang-barang agar terlihat rapi dan estetis. Dengan mengurangi jumlah kekacauan di ruang kamu, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan dan lebih fokus pada dekorasi apartemen.

5. Buat dinding galeri

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi dinding artistik (pixabay.com)

Cobalah untuk membuat dinding di apartemenmu seperti dinding galeri. Menggantung foto, lukisan, teka-teki, atau jenis seni lainnya di dinding kosong dapat memberikan ketertarikan dan kedalaman ruangan sekalipun jika tidak ada banyak ruang kosong. 

Bukan hanya saja mempercantik apartemenmu, namun juga memberikan efek ruangan yang lebih luas. Dinding galeri membuat segala sesuatunya tidak terlihat dan dipajang, mengisi ruangan kamu dengan warna dan karakter.

6. Gunakan cermin

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi ruangan bercermin (pixabay.com)

Trik desain interior apartemen yang baik adalah dengan menggunakan cermin. Cermin terkenal dapat memantulkan cahaya dan dapat membuka ukuran yang lebih luas pada suatu ruang.

Gantung cermin di dekat jendela di ruang makan atau kamar mandi kecil untuk membuat ruangan itu terasa lebih besar dan cerah. Cermin tinggi dapat membuat langit-langit terasa lebih tinggi, serta membawa penerangan ke bagian ruangan yang lebih redup.

7. Gunakan permadani atau karpet untuk membagi ruang

7 Tips Mendekorasi Apartemen Biar Terlihat Luas dan Estetis ilustrasi karpet ruangan (pixabay.com)

Jika kamu tinggal di apartemen kecil dengan denah lantai terbuka, maka kamu bisa menggunakan karpet untuk menjadi pemisah antar ruangan. Misalnya, karpet di samping sofa adalah area di mana aktivitas sosial berlangsung. Atau karpet di samping tempat tidur menunjukkan batas-batas kamar tidur.

Tips-tips di atas boleh kamu terapkan nih biar ruangan apartemenmu semakin keren dan juga luas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Bertema Parisian Chic, sedang Tren!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya