Comscore Tracker

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahui

Tingkat pemahaman selaras dengan tingkat melihat keberagaman

Apakah kamu tidak asing dengan kata mazhab atau yang seringkali kita dengar dengan kata aliran. Mazhab atau aliran biasanya terkandung dalam ilmu fikih yang mengatur beragam persoalan di kehidupan manusia pada umumnya. Lalu ada yang tahu tidak mengapa mazhab itu ada?

1. Mazhab adalah pikiran yang dilembagakan atau diteorisasi

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahuiunplash/masjidmpd

Seperti yang kita tahu, hukum utama dalam islam yakni Alquran dan dilengkapi dengan hadist. Namun yang jadi permasalahan adalah penafsiran manusia terhadap hadis berbeda-beda. Padahal penafsiran dari keduanya melegetimasi menjadi hukum-hukum yang bersifat praktis, mulai dari fikih, teologi, sampai ke muamalah dan sebagainya.

Sehingga karena terjadi perbedaan pendapat inilah, maka muncul mazhab atau aliran yang dipimpin seorang imam.

Jadi pemikiran dari beliau diikuti dan diterjemahkan kembali serta digunakan untuk menjawab permasalahan umat yang baru dan dijadikan dasar hukum.

2. Hanya ada 4 mazhab yang disepakati sebagai mazhab utama yaitu, mulai dari mazhab Safi'i, Hanafi, Hambali, dan Maliki

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahuiunplash/haustrique

Islam bukan agama yang menganut prinsip monolitik lho, yang menyatakan satu hal benar dan hal lainnya keliru. Setiap mazhab tentu memiliki perbedaan pandangan tersendiri dalam melihat praktik keislaman. 

Dikutip langsung oleh Quraisy Shihab dalam bukunya, "Bahwa ketika kita membaca Alquran dan orang lain juga membaca Alquran di ayat yang sama bisa menghasilkan pemaknaan yang berbeda dan kemudian kita membacanya sekarang dan besok kita menemukan hal yang berbeda lagi".

Jadi Islam itu seperti mutiara yang memiliki banyak sisi dan menunjukkan bahwa Islam sangat kaya dan memberikan peluang untuk menginterpreastasikan tentu saja dengan rambu-rambunya.

Tidak berarti siapa pun bisa bisa mengartikan tanpa ada ilmunya. Karena kita tahu sendiri bahwa Islam adalah agama yang berbasis ilmu.

Baca Juga: 6 Hadis tentang Keistimewaan Puasa Ini Bikin Semangat Jalani Ramadan

3. Nabi Muhammad SAW sangat mengutamakan musyawarah

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahuiunplash/dontjinx

Di zaman Rasulullah sendiri pun terjadi juga yang namanya berbeda penafsiran. Bahkan Rasulullah juga pernah berbeda pendapat dengan sahabatnya Umar bin Khatab.

Tetapi meskipun beliau adalah seorang Nabi yang memiliki otoritas untuk memutuskan pendapat, beliau tetap mengutamakan musyawarah lho.

4. Perbedaan penafsiran adalah sebuah berkah

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahuiunplash/fraenkly

Nabi Muhammad SAW pernah berkata "Salatlah sebagaimana engkau melihat aku salat." Namun yang terjadi adalah ada beberapa pengikut nabi yang melihatnya dengan cara berbeda. Mana yang benar dan mana yang tidak? Ternyata dua-duanya benar, karena dua-duanya memiliki riwayatnya masing-masing.

Perbedaan menjadi berkah tersendiri bagi umat muslim karena akan memunculkan diskursus pemikiran yang akan melahirkan keberagaman.

5. Islam menjaga kabar ini semenjak belasan ribu tahun lalu

5 Hal Tentang Mazhab yang Harus Kamu Ketahuiunplash/noumanyounas

Perintah beribadah yang saat ini kita jalani adalah kabar dari ribuan tahun lalu yang masih terjaga hingga saat ini. Ada dua perkara di dalam yaitu Ushul yang artinya dasar dan Furu' yang artinya bercabang.

Nah, manusia juga perlu mengetahui bahwa produk hukum yang ada saat ini berasal dari mesin hukumnya yang bernama Ushul Fikih. Misalnya dalam praktik salat, perkara ushulnya tetap 4 rakaat tapi busa jadi perkara Furu'nya memiliki rincian seperti gerakan yang berbeda.

Seperti yang ditegaskan di awal, di dalam islam tidak ada produk tunggal untuk menghindari hitam putih. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, kamu disarankan untuk mengetahui Ushul Fikihnya. Tidak ada yang salah apalagi sampai untuk diperdebatkan, karena Islam terlalu luas untuk kita hakimi dengan sudut pandang yang terbatas ini.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Sindi Alya Syahputri Photo Verified Writer Sindi Alya Syahputri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You