Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel Ray

Pentingnya meningkatkan skill business writing #IWF2021

Acara Indonesia Writers Festival hari pertama sesi kedua kali ini diisi oleh Samuel Ray, HR profesional yang sudah berkecimpung di dunia kerja sembilan tahun lamanya. Melalui Instagram pribadinya, ia rutin membagikan berbagai informasi penting terkait dunia karier dan keuangan.

Dengan pengikut sebanyak 93.000 orang, membuat penulis buku "Lagi Probation" ini merasa bertanggung jawab untuk menulis dan menyebarkan konten yang bermanfaat. Ingin tahu tips apa saja yang disampaikan oleh pria yang akrab disapa Ko Sam? Kita langsung baca, yuk!

1. Belajar 'business writing' untuk menarik perhatian para profesional

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel RayMenulis surat bisnis (pexels/anthony shkraba)

Kemampuan business writing yang mumpuni sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena kamu akan lebih sering berkorespondensi dengan kolega. Ko Sam bercerita kalau ia berhasil mendapatkan pekerjaan dengan mengirimkan surat lamaran yang dibuat secara personal ke ratusan profesional di LinkedIn.

Kerja keras dan kegigihannya membuahkan hasil karena ia mampu memposisikan diri dengan baik dan menunjukkan persona serta kualitasnya sebagai individu melalui tulisan.

2. Manfaatkan jejaring sosial dengan cerdas

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel RayMemanfaatkan sosial media (pexels/Andrea Piacquadio)

Saat ini, kita dapat mengonsumsi informasi apapun secara gratis melalui media sosial. Alih-alih merasa cukup menjadi penikmat konten, kita semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi content creator yang juga dikenal banyak orang melalui medium tulisan.

Meskipun tren video sedang meningkat popularitasnya, bukan berarti tulisan menjadi tidak penting lagi. Sebagai penulis, kamu dapat meningkatkan kemampuan sebagai script writer untuk mengembangkan dan menuliskan ide dalam naskah video. 

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Mencari Kerja ala Samuel Ray, Penulis Buku Lagi Probation

3. Lebih kompetitif di tengah persaingan dunia digital

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel RayDiskusi bersama rekan kerja (pexels/Christina Morillo)

Ko Sam menyebutkan sebuah data yang mengatakan kalah 9,5 juta karyawan di Indonesia, profesinya akan digantikan dengan teknologi. Untuk itu kita harus lebih update dengan informasi terkini seputar pekerja dunia kerja dan tidak merasa terlambat untuk meningkatkan kompetensi atau re-skilling.

4. Menjadi manusia generalis di era gig economy

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel RayMenjadi manusia dengan tipe generalis (pexels/fox)

Pandemik mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, salah satunya adalah tren bekerja dari rumah yang kian populer dan diterapkan oleh banyak perusahaan. Jika dulu rata-rata orang mengejar posisi untuk menjadi karyawan tetap, di era gig economy ini tersedia banyak pilihan untuk mengembangkan karier secara fleksibel.

Perjalanan karier seseorang tidak lagi terbatas pada hal yang itu-itu saja. Namun, setiap orang memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi apa pun untuk berkarya. Hal ini menyebabkan menjadi seorang generalis lebih diuntungkan daripada spesialis.

5. Mengatur waktu dengan baik

IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel RayIlustrasi pria sedang membaca (pexels/Anete Lusina)

Ko Sam mengakui kalau dalam sehari ia dapat menghabiskan waktu kurang lebih 7 jam dengan HP-nya. Daripada ia menghabiskan waktu dengan percuma, ia memutuskan untuk membuat konten-konten berfaedah yang dituangkan ke dalam instastory-nya. Ia memiliki cadangan bank konten yang dituangkan di catatannya terlebih dahulu sebelum disampaikan melalui gaya storytelling yang menarik dan memikat.

Setelah kamu membaca tips rahasia dari Ko Sam, nomor ke berapa nih yang ingin kamu terapkan pertama kali? Oh iya, Ko Sam juga berpesan kita tidak harus sempurna dulu lho, untuk memulai sesuatu.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan mulai 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times. IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak yang lainnya. Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: 5 Modal yang Kamu Butuhkan jika Berjuang dari Nol dalam Karier

Sindi Alyasyahputri Photo Verified Writer Sindi Alyasyahputri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya