Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan 

Pelajaran berharga tapi sering dilupakan
Kehilangan orang yang dicintai bisa dibilang hal paling menyakitkan yang bisa dialami siapa pun di dunia ini. Meskipun demikian, mengatasi kesedihan adalah bagian daei hidup yang tidak dapat dihindari yang akan kita alami pada suatu waktu. Bagi beberapa orang, itu akan menjadi sesuatu yang telah mereka alami berkali-kali. Bagi yang lain, itu mungkin sesuatu yang belum mereka alami. Tetapi tidak peduli berapa kali kita kehilangan seseorang yang dekat dengan kita, kesedihan yang dialami sebagai akibatnya selalu sama nyatanya.
 
Namun perlu dicatat, bahwa tidak peduli seberapa kuat rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai, yang paling penting adalah kita memiliki seseorang untuk dicintai. Jadi, tidak peduli seberapa sulit kelihatannya pada awalnya, hidup akan tetap berjalan. Hal ini tidak bisa dihindari. Pertanyaan penting yang harus kita tanyakan pada diri sendiri setelah proses berduka mulai melambat adalah apa yang harus diajarkan kematian kepada kita tentang kehidupan?

1. Selalu ada sesuatu yang berjalan baik dalam kehidupan seseorang

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita tertawa (freepik.com/lookstudio)

Bahkan di tengah angin topan dari keadaan yang tidak terduga, dan semua keputusasaan yang diakibatkannya, selalu ada sesuatu untuk dihargai dalam hidup. Kita perlu fokus pada kebaikan dalam hidup kita dan mencoba untuk bahagia. Bersedih dan berfokus pada apa yang tidak kita miliki tidak mengubah keadaan.

Kita dapat membuat daftar apa yang kita miliki atau kita dapat membuat daftar apa yang tidak kita miliki. Daftar pertama akan memberi kita kedamaian dan kebahagiaan, sedangkan daftar kedua hanya akan memberi kita kesedihan. Mungkin kita memiliki banyak hal yang dapat membuat kita tidak bahagia, tetapi jika kita memiliki satu hal yang berjalan dengan baik, kita harus fokus pada hal itu.

2. Jangan meremehkan orang yang kita cintai

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita tersenyum (freepik.com/master1305)

Jika kita cukup beruntung memiliki orang yang bisa kita cintai, sering-seringlah menelepon mereka. Kunjungi mereka sesering mungkin. Bagikan apa yang kita lalui dengan orang-orang yang mencintai kita. Apa yang bisa lebih penting daripada orang yang kita sayangi, yang peduli dengan kita? Tidak ada yang bisa menjamin bahwa kita bisa hidup hingga seratus tahun. Dan bahkan seratus tahun bisa berlalu dengan cepat.

3. Bukan salah kita bahwa hal-hal buruk terjadi di luar kendali kita

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita serius (freepik.com/user11472009)

Menyalahkan diri sendiri akan membawa kita ke jalan yang panjang dan sepi tanpa akhir yang terlihat. Rasa bersalah adalah akan menyiksa kita tanpa belas kasihan. Kita tidak dapat mengubah keadaan akan fakta bahwa orang yang kita cintai sudah tak lagi berada di sisi kita. Kita tidak bisa mencegahnya dengan cara apa pun. Tuhan adalah kekuatan dan energi yang menarik kita melalui semua keadaan sulit termasuk kematian.

Baca Juga: 10 Nasihat Percintaan di KDrama Vincenzo, Gak Melulu Soal Kehidupan

4. Terbukalah terhadap keajaiban

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita berdoa (freepik.com/cookie-studio)

Selama kita masih hidup, sesuatu yang luar biasa bisa terjadi kapan saja. Hidup mungkin memiliki keadaan buruk yang tidak pernah kitq harapkan dan duga sebelumnya. Tetapi kehidupan juga akan memiliki puncak yang tidak pernah kita impikan yang akan membawa kita menuju kegembiraan melebihi imajinasi terliar yang pernah kita.

Semesta tidak berhutang apa pun kepada kita, jadi bersyukurlah atas segala berkah yang telah kita miliki. Apa pun yang terjadi, cobalah menikmati hidup yang kita miliki. Tidak ada orang lain yang bisa menikmatinya untuk kita selain diri kita sendiri.

5. Tidak ada yang bisa menjamin adanya hari esok

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita berekspresi (freepik.com/look-studio)

Kematian bisa jadi sesuatu yang terduga atau tidak terduga. Bagaimanapun, tidak ada yang tahu kapan saat itu akan tiba. Jadi meskipun kedengarannya klise, kita harus menjalani setiap hari seolah-olah itu adalah hari terakhir kita dalam hidup ini. Tidak ada jaminan pasti dalam hidup ini. Jadikan setiap momen berharga dan sesulit mungkin, cobalah untuk tidak menerima apapun begitu saja. Kita tidak boleh hidup dalam ketakutan akan kematian. Tapi, keberadaannya harus kita gunakan sebagai pengingat bahwa hidup adalah untuk hidup di saat sekarang dan bukan di masa depan yang tidak pasti.

6. Jangan biarkan ada yang tidak terucap

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita sedih (freepik.com/dragana-gordic)

Salah satu penyesalan terbesar dari mereka yang kehilangan seseorang karena kematian adalah bahwa mereka tidak pernah mengatakan apa yang perlu mereka katakan ketika mereka masih memiliki kesempatan.

Entah apakah kita tengah marah pada orang yang kita cintai, memiliki masalah yang belum terselesaikan, membutuhkan maaf dari mereka atau lupa untuk memberi tahu mereka betapa kita mencintai mereka, kita harus mengatakannya hari ini, saat ini juga. Kita tidak pernah tahu kapan kita mungkin akan kehilangan kesempatan untuk melakukannya.

7. Hidup terus berjalan 

5 Pelajaran yang Kematian Ajarkan Tentang Kehidupan ilustrasi wanita tersenyum (freepik.com/cookie-studio)

Pelajaran terpenting yang bisa kita pelajari dari kematian orang yang kita cintai adalah bahwa hidup terus berjalan. Pada awalnya, ketika seseorang yang sangat kita cintai harus meninggalkan kita, tampaknya dunia benar-benar terhenti. Ketika kita kehilangan seseorang yang kita cintai, hidup tidak akan pernah sama lagi. Tetapi penting bagi kita untuk mengetahui bahwa hidup ini masih bisa berlanjut. Kita perlu mengingat bahwa kita masih berada di dunia ini dan harus menjalani hidup kita sepenuhnya.

Jika ada satu hal yang dapat kita pelajari tentang diri sendiri setelah kematian orang yang kita cintai, maka itu adalah kita jauh lebih kuat dari apa yang kita sadari. Ambil pelajaran-pelajaran yang ada dan terapkan dalam hidup. Menjalani hidup kita sepenuhnya adalah cara terbaik bagi kita untuk menghormati mereka yang telah tiada.

Baca Juga: 5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai Rencana

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya