Comscore Tracker

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain 

Iri itu cuma buang-buang waktu dan tenaga

Mencapai kesuksesan adalah sesuatu yang rasa-rasanya hampir kita semua perjuangkan. Kita ingin merasa berhasil. Kita ingin mencapai tujuan dan melihat impian kita menjadi kenyataan. Setiap hari, kita merencanakan banyak hal dan bekerja keras di jalan menuju kesuksesan itu.

Wajar jika terbersit sedikit rasa iri saat orang lain mencapai sukses yang dia nanti-nantikan, bertanya-tanya pada diri sendiri kapan kita juga mengecap rasa manis dari kesuksesan itu. Nyatanya daripada sibuk iri akan kesuksesan orang, ada banyak alasan mengapa kita lebih baik turut senang dan merayakannya.

1. Kita membutuhkan satu sama lain untuk berhasil 

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain ilustrasi dua wanita duduk (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Tidak perlu dijelaskan lebih jauh lagi kenapa manusia disebut sebagai makhluk sosial. Sebagai manusia, kita butuh satu sama lain untuk bertahan hidup, suka atau tidak suka. Tanpa sadar apa yang kita lakukan selalu melibatkan orang lain. Mulai dari hal sepele sampai hal penting seperti meraih kesuksesan.

2. Kesuksesan orang lain memotivasi kita untuk berjuang demi kesuksesan pribadi

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain ilustrasi wanita duduk di cafe (unsplash.com/Brooke Cagle)

Menyaksikan orang lain memberikan segalanya yang dipunya dan berhasil atau bahkan melampaui tujuan mereka memberi kita energi dan inspirasi tersendiri. Ada kalanya kita merasa tidak puas atau kecewa karena kita telah berusaha dan bekerja keras untuk waktu yang tampaknya cukup lama namun kita masih belum bisa mencapai apa yang kita inginkan. Ketika orang lain berhasil mencapai tujuan mereka, kita hanya harus memberi diri kita sendiri semangat dan harapan.

Semakin kita merayakan kesuksesan dan mengambil sikap positif itu, kita akan memiliki tekad yang lebih kuat. Melakukan hal ini akan membantu kita menghilangkan keraguan dan rasa tidak percaya diri karena dapat memberi kita semangat untuk lebih tekun. Kita akan lebih terdorong untuk mengambil langkah konkret demi mencapai kesuksesan pribadi kita.

 

3. Kita peduli pada orang itu dan ingin menjaga hubungan yang ada 

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain ilustrasi dua wanita duduk dan mengobrol (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Ketika kita mencintai dan peduli pada seseorang, kita ingin melihat mereka sukses. Kita tidak pernah ingin melihat mereka gagal atau tidak berhasil mencapai tujuan mereka. Tentu saja terkadang ada persaingan yang sehat dan bersahabat. Tetapi ketika kita benar-benar peduli pada seseorang, persaingan itu tidak akan pernah berubah menjadi kecemburuan.

Baca Juga: 5 Alasan Iri Hati Hanya akan Merugikan Diri Sendiri, Waktunya Berubah!

4. Dapat membuka pintu bagi kita melalui jaringan dan referensi 

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain ilustrasi wanita dan rekan kerjanya (unsplash.com/Brooke Cagle)

Bagian besar dari meraih kesuksesan terkait dengan jaringan dan menjalin koneksi dengan orang-orang atau organisasi yang berada di bidang yang ingin kita capai. Ini berarti kita perlu bertemu individu dan membangun hubungan untuk membantu kita di sepanjang perjalanan menuju kesuksesan itu.

Saat kita merayakan kesuksesan orang lain, kita mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang yang mereka kenal dan pergi ke acara yang dapat mereka akses. Pada gilirannya hal ini akan memberi kita kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu atau mengarahkan kita saat kita terus berusaha untuk mencapai tujuan kita sendiri.

5. Menjaga sikap positif membantu meningkatkan potensi diri

Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain ilustrasi wanita berdiri memegang minuman (unsplash.com/ Elevate)

Sikap, perilaku, dan kepribadian kita berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan kita untuk sukses. Pengetahuan, bakat, dan kerja keras merupakan faktor yang penting untuk mencapainya. Jika hanya fokus pada keinginan tanpa mempertimbangkan kebutuhan orang-orang yang mendukung, maka kita berada di jalan menuju kegagalan.

Dan tentu saja jika kita tidak punya kepercayaan diri maka itu sama saja dengan kita merusak kemampuan untuk sukses. Jika semua orang percaya tetapi kita tidak percaya pada diri sendiri, kecil kemungkinannya kita bisa mencapai tujuan atau melaksanakan rencana yang telah kita punya.

Sukses paling baik dinikmati saat kita membaginya dengan orang lain. Ketika kita mengalami kegagalan, kita tidak bisa membiarkan hal itu menjadi faktor permanen yang menentukan sikap kita selanjutnya. Kita harus menyadari dan menanganinya. Jadi, ketika kita merayakan kesuksesan orang lain, kita mengembangkan sikap positif itu dan memperkuat tekad kita sendiri untuk mencapai yang kita inginkan.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 5 Dampak Buruk Rasa Iri Menurut Islam

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya