Comscore Tracker

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lain

Orang lain senang tapi kitanya susah

Jika kalian membiarkan orang menindas kalian, kalian pada dasarnya telah menjadi keset kakinya karena telah menempatkan kebutuhan mereka di atas kebutuhan diri sendiri. 

Jika kalian kesulitan menyingkirkan kebiasaan untuk menyenangkan orang lain dengan cara apa pun, gunakan lima tips berikut untuk membantu kalian.

1. Jadi lebih tegas

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lainilustrasi perempuan serius (unsplash.com/Noah Buscher)

Mulailah lebih sering menyuarakan kebutuhan kalian sendiri. Kalian harus mulai memikirkan kebutuhan diri sendiri, karena jika tidak, siapa lagi?

Ingat, reaksi orang lain tidak ada hubungannya dengan kalian, jadi jangan pedulikan mereka. Kalian seharusnya tidak pernah berusaha sekuat tenaga untuk menyenangkan orang lain dengan mengorbankan kesejahteraan diri sendiri.

2. Katakan tidak

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lainilustrasi perempuan berkacamata (unsplash.com/Victoria Heath)

Orang yang menyenangkan tidak pernah ingin mengatakan tidak karena takut kehilangan atau mengecewakan orang lain. Terlepas dari apa yang kalian pikirkan, mengatakan ya kepada semua orang dan semuanya hanya akan membuat kalian jadi lelah, stres, dan tidak puas.

Jika kalian menggunakan seluruh waktu yang dipunya untuk memenuhi kebutuhan orang lain, kapan kalian akan memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri? Kalian sama pentingnya dengan orang lain di sekitar kalian, jadi jangan mengorbankan diri hanya untuk menghindari dari merusak hidup orang lain.

Baca Juga: 5 Ciri Pribadi yang Menyenangkan bagi Diri Sendiri

3. Cari tahu kenapa kalian perlu menyenangkan orang lain

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lainilustrasi teman (unsplash.com/Bùi Thanh Tâm)

Meskipun mungkin sulit untuk membuang keyakinan yang sudah ada, mengambil langkah pertama dan merenungkan mengapa kalian berperilaku dengan cara tertentu akan membantu kalian mencari alasan di baliknya dan melihat diri dengan dengan jelas.

Ingatlah bahwa kalian yang menentukan hubungan dengan orang lain. Jadi jika kalian tidak pernah membela diri sendiri, mereka akan berasumsi bahwa mereka bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan dari kalian. Kalian dapat mencegah hal ini terjadi di masa depan dengan meningkatkan harga diri kalian.

4. Berpikir sebelum berbicara

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lainilustrasi perempuan memejamkan mata (unsplash.com/. liane .)

Kapan pun seseorang menanyakan sesuatu atau menginginkan pendapat kalian, jangan langsung memberikan jawaban hanya untuk menenangkan mereka. Dengarkan orang itu dengan seksama sebelum kalian memberikan tanggapan.

Jika seseorang menginginkan pendapat kalian tentang topik penting, katakan apa yang benar-benar kalian pikirkan, bukan hanya apa yang ingin mereka dengar. Orang akan lebih menghormati kalian karena transparansi yang kalian tunjukkan daripada hanya menyetujui setiap pemikiran mereka.

5. Cintai diri sendiri

5 Cara Berhenti Menyenangkan Hati Orang Lainilustrasi perempuan duduk (unsplash.com/kevin laminto)

People pleaser seringkali memiliki harga diri yang sangat rendah dan menjadi kecanduan untuk mereka memenuhi keinginan orang lain agar mereka bisa merasa lebih baik. Kenyataannya, hal itu egois karena kalian menggunakan orang lain untuk meningkatkan harga diri kalian sendiri.

Kalian harus ingin membantu orang lain karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, bukan untuk meningkatkan harga diri diri sendiri. Pastikan kalian dikeliling orang-orang penuh kasih dan suportif ke dalam hidup yang tidak akan mencoba memanfaatkan kebaikan kalian. Cintai diri sendiri sekarang, dan harga diri kalian perlahan-lahan akan meningkat saat kalian melepaskan pikiran negatif tentang diri sendiri.

Menyenangkan orang lain itu baik, sesekali. Kalau terlalu sering juga mereka akan keenakan dan kalian yang akan rugi sendiri pada akhirnya 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menjadi People-Pleaser Membuatmu Tak Bahagia

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya