Comscore Tracker

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiri

Rasa takut pun bisa menjadi sesuatu yang berguna

Jika ingin menjadi versi diri yang lebih baik dan lebih besar, kalian harus menghadapi ketakutan yang ada, bukan lari darinya. Ketika konflik muncul, kebanyakan orang memilih untuk melarikan diri daripada mengatasinya.

Saat itulah kesuksesan datang, bukan ketika merasa nyaman di zona nyaman, pertumbuhan yang sukses dimulai saat kalian berani keluar dari zona nyaman dan menggunakan ketakutan yang ada demi keuntungan bagi diri sendiri.

1. Mengeluarkan potensi penuh

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiriilustrasi wanita duduk di atas mobil (unsplash.com/Candice Picard)

Jika kalian sedang membaca ini maka kalian pasti sudah sadar bahwa kalian memiliki banyak potensi yang hanya terhalang oleh ketakutan terbesar yang kalian punya. Ketakutan, jika salah diartikan, bisa menghentikan kalian dalam melakukan berbagai hal.

Pikiran dan tindakan yang dipimpin oleh rasa takut selalu membuat kalian gagal mencapai potensi penuh yang dipunya. Rasa takut, akan menjadi isyarat pertama kalian untuk mengetahui bahwa di sisi lain, ada sesuatu yang lebih baik dari diri kalian.

2. Gunakan rasa takut sebagai sabuk pengaman 

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiriilustrasi wanita serius (unsplash.com/Dmitry Shamis)

Ingatlah bahwa ketakutan selalu menjadi sekutu kalian. Ketika merasa takut tentang sesuatu, itu adalah isyarat untuk lebih memperhatikan situasi yang ada.

Rasa takut sebenarnya dapat memberi tahu bahwa kalian bisa melakukannya sekarang atau tidak pernah, dan bisa juga di lain waktu. Rasa takut adalah isyarat bagi kalian untuk berhenti dan berpikir, bernegosiasi, dan merencanakan langkah kalian selanjutnya.

Baca Juga: 5 Fakta Alektorofobia, Ketakutan yang Berlebihan terhadap Ayam  

3. Gunakan rasa takut sebagai insentif untuk melangkah ke depan 

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiriilustrasi wanita serius (unsplash.com/Hannah Busing)

Ketika menjalani kehidupan yang penuh kompromi, entah dalam bisnis atau dalam kehidupan pribadi, kalian mulai merasa lemah dan kurang percaya diri tentang diri sendiri. Saat merasa kecil, sebenarnya kalian tengah menunda waktu ketika hidup ingin memuaskan kalian.

Ketika kalian merangkul ketakutan, saat itulah kalian mulai merasa lebih percaya diri. Saat mengatasi rasa takut, kalian dapat lebih meningkatkan tingkat kepercayaan diri.

4. Bisa menjadi batu loncatan

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiriilustrasi wanita serius (unsplash.com/Joshua Rawson-Harris)

Ketika melakukan hal-hal yang sebelumnya kalian pikir tidak akan pernah bisa kalian lakukan, hal itu memaksa kalian untuk mengalami hal-hal baru. Kalian kemudian menjadi lebih bijaksana.

Ketakutan bisa dikaitkan dengan naluri yang kalian punya. Sering kali sulit untuk mendengarkan perasaan sendiri, tetapi ketika kaliam merasa takut, inilah saatnya untuk mencatatnya dan kemudian mengambil tindakan.

5. Kalian bisa menjadi diri sendiri 

5 Cara Memanfaatkan Ketakutan Terbesar demi Kesejahteraan Diri Sendiriilustrasi wanita serius (unsplash.com/freestocks)

Merasa takut menjadi diri sendiri di depan orang lain adalah hal yang wajar. Kebanyakan orang memakai masker saat bekerja, dan mereka menjadi orang yang sama sekali berbeda saat berada di rumah.

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa orang tertarik pada orang yang bisa menjadi dirinya sendiri. Merupakan tindakan berani untuk menjadi diri sendiri ketika kebanyakan orang di sekitar kalian itu palsu dan suka berpura-pura.

Pilih cara untuk mengubah kelemahan menjadi ciri kuat kalian dan kalian akan mendapatkan keuntungan bahkan dari ketakutan terbesar sekalipun.

Baca Juga: 9 Ketakutan yang Bisa Terjadi Padamu setelah Pandemik Ini Berakhir

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya