Comscore Tracker

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!

Karena kita semua lahir dengan kreativitas masing-masing

Kebanyakan orang akan mendeskripsikan kreativitas sebagai sesuatu yang berhubungan dengan penciptaan sesuatu yang berseni ketika definisi sebenarnya dari kreativitas adalah menggunakan imajinasi atau mengembangkan ide-ide orisinal yang dipunya.

Setiap orang bisa menjadi kreatif selama mereka memberi dirinya sendiri waktu untuk berpikir dan membiarkan imajinasinya bermain. Namun, seperti apa cara untuk membuka pintu kreativitas itu?

1. Berpikir secara visual

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!ilustrasi wanita memegang bunga (unsplash.com/Leohoho)

Tidak ada yang berbicara tentang kreativitas lebih dari gambar visual. Semakin banyak warna, detail, dan gerakan dalam pikiran, semakin kreatif juga pikiran itu. Lihatlah anak kecil yang belajar lewat visualnya. Dengan plastisin misalnya, mereka bisa membuat berbagai macam bentuk yang tidak pernah dikira sebelumnya dan membantu mereka untuk bisa berkreativitas.

2. Tanyakan segala hal

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!ilustrasi wanita berbaring (unsplash.com/Erik Lucatero)

Jadilah sosok yang penasaran dan suka mencari tahu akan berbagai hal. Ketika penasaran, kalian akan berhenti berasumsi dan mulai terlibat langsung dalam suatu hal. Melalui keterlibatan semacam inilah pikiran kalian akan mulai mengembara dan pikiran kreatif itu akan tumbuh. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merangsang rasa ingin tahu dan membantu menciptakan hubungan pribadi dengan karya seni tersebut.

Baca Juga: Maksimalkan Kreativitas, 5 Cara Dekorasi Rumah dengan Biaya Rendah!

3. Lakukan lebih sering hal yang membuat kalian merasa baik

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!ilustrasi wanita di hamparan bunga (unsplash.com/Leslie Jones)

Mungkin tidak mengherankan bahwa melakukan banyak hal dapat membuat kalian merasa lebih baik karena dapat menumbuhkan pola pikir kreatif. Ketika melakukan hal-hal yang tidak disukai atau tidak ingin dilakukan, sulit untuk memenuhi potensi penuh yang kalian miliki. Ubah hal-hal yang kalian bisa dan terima hal-hal yang tidak bisa kalian lakukan.

4. Sederhanakan hidup

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!ilustrasi wanita berdiri (unsplash.com/Celeste Horrocks)

Orang dihadapkan pada lebih banyak informasi daripada sebelumnya dan itu bisa membuat orang-orang jadi merasa bingung sendiri. Terlalu banyak informasi mempengaruhi pikiran dan menghalangi orang untuk berpikir kreatif. Sulit untuk menemukan ide orisinal di tengah ide orang lain yang bertebaran luas.

Jauhkan dan tenangkan diri dari kekacauan di sekitar. Temukan ketenangan dan biarkan pikiran kalian menghasilkan ide secara alami.

5. Ambil kesempatan

5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!ilustrasi wanita berdiri (unsplash.com/Jane Palash)

Manusia memiliki kemampuan untuk mengambil risiko. Namun, tekanan masyarakat untuk menyesuaikan diri telah membuat banyak orang lebih memilih untuk menghindari risiko tersebut. Padahal untuk tumbuh, orang perlu mengalami tantangan, tidak peduli berapa umurnya.

Ketika ada sesuatu yang sulit atau berada dari luar zona nyaman kalian, tanyakan pada diri sendiri, "Apa hal terburuk yang bisa terjadi, ya?" Pertanyaan ini akan membantu kalian menempatkan ketakutan yang sebenarnya ke dalam perspektif yang berbeda dan menentukan apakah risikonya sepadan dengan imbalan yang akan didapat nantinya.

Semua orang lahir dengan kreativitasnya masing-masing. Yang membedakan hanyalah bidang dan tingkatannya. Bukan hanya itu, tetapi juga pada bagaimana individu itu memanfaatkannya. Jangan jadi di antara mereka yang hanya diam dan tidak mau berbuat apa-apa untuk mengembangkannya, ya!

Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Family Bonding untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya