Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulit

Kita pun bisa memotivasi diri sendiri jika mau

Apakah kalian kesulitan untuk memotivasi diri sendiri? Di tengah mimpi yang lebih besar dan bahkan tujuan yang lebih besar, terkadang gagal mendapat kepuasan bisa menjadi hal yang wajar. Bagi sebagian orang, dukungan emosional yang baik sangat membantu.

Namun bagi mereka yang umumnya tidak terlalu ekspresif, masa-masa sulit dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan fisik dan mentalnya. Di masa-masa sulit seperti itu, penting untuk tetap termotivasi dan merawat diri selama saat sulit seperti itu.

1. Ciptakan tujuan 

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulitilustrasi pria duduk di atas rel (unsplash.com/Jeremy Perkins)

Tiap orang memiliki tujuannya masing-masing untuk dikejar. Berinvestasilah pada tujuan hidup yang lebih besar dan lebih dalam.

Rapikan dan mulailah dengan yang sederhana. Analisis seberapa banyak pekerjaan yang dapat kalian lakukan dalam keadaan sekarang dan mulai dari yang kecil.

2. Kejar passion 

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulitilustrasi pria serius (unsplash.com/Max Ilienerwise)

Mengejar kebiasaan kreatif akan menanamkan konsentrasi dan membawa kedamaian. Ini benar-benar cara terbaik untuk memotivasi diri kaliam sendiri. Hal ini juga akan mengalihkan kalian dari kekhawatiran terus-menerus.

Ingat, kecemasan tidak akan membantu kalian memotivasi diri sendiri di masa-masa sulit. Kalian perlu menunjukkan ketekunan tinggi dan melakukan yang terbaik jika kalian ingin keluar dari masa-masa sulit.

3. Istirahat dari kekhawatiran yang ada

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulitilustrasi pria melihat ke luar jendela (unsplash.com/Cody Doherty)

Lepaskan kekhawatiran kalian sekali dan keluarlah untuk istirahat. Habiskan banyak waktu di luar ruangan di tengah alam. Beristirahatlah di pantai atau pegunungan atau  berkendara jauh selama akhir pekan. Bertualang dengan teman atau pergi sendiri.

Matikan ponsel, laptop, atau gadget lainnya saat sedang berlibur. Buka pikiran kalian, bernapaslah dan rasakan momen yang ada.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Sebaiknya Jangan Dijadikan Motivasi dalam Berusaha

4. Cintai diri sendiri 

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulitilustrasi pria bermain ukulele (unsplash.com/Richard Jaimes)

Masa-masa sulit dapat mengganggu kesehatan kalian. Pastikan kalian minum cukup air dan menjaga kebiasaan makan yang sehat. Cukup tidur setiap hari dan saat melakukannya, lepaskan diri kalian dari semua gadget dan gangguan yang ada.

Bangun lebih awal dan mulailah hari kalian. Jadikan pagi kalian sederhana dan bebas stres. Nikmati sarapan yang sehat. Berolahragalah secara teratur dan dengarkan musik. Rayakan pencapaian terkecil sekalipun.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akan selalu ada orang yang berada selangkah di depan kalian. Fokus pada hasil kalian, bukan pada orang lain.

5. Kelilingi diri dengan orang yang peduli

5 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri saat Sulitilustrasi pria dan temannya (unsplash.com/NONRESIDENT)

Keluarga dan teman dapat menjadi pendukung kaliam selama masa-masa sulit. Banyak dari kekhawatiran kalian berasal dari keraguan diri. Tetap berhubungan dan curhat kepada orang-orang yang peduli dan yang ingin melihat kalian sukses. Lakukan percakapan terbuka tentang saat-saat stres kalian dan biarkan mereka berbagi saran dan pemikiran.

Bersikap baiklah kepada diri sendiri. Jangan khawatir tentang keadaan yang berada di luar kendali kalian. Masing-masing dari kita berbagi proporsi yang seimbang antara saat baik dan buruk. Masa-masa sulit membuat kita lebih berani dan lebih kuat. Kuatkan diri kalian sehingga tidak peduli betapa sulitnya masa-masa itu, kalian dapat memotivasi diri sendiri dan melewatinya sampai kalian mendapatkan kembali kedamaian dan harmoni dalam hidup.

Baca Juga: 5 Hal yang Harusnya Menjadi Motivasi dalam Hubungan Asmara

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya