Comscore Tracker

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah

Banyak yang merasa bersalah walau sebenanya tak perlu

Dalam hidup, merasa bersalah adalah hal yang wajar. Itu jika memang benar kamu pantas merasakannya akibat kesalahan yang diperbuat. Namun, bagaimana jika tidak?

Bagaimana jika kamu merasa bersalah akan hal-hal yang seharusnya tidak perlu membuat kamu merasa bersalah?

1. Kamu gak seharusnya merasa bersalah karena mengekspresikan emosi

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalahilustrasi wanita makan permen karet (unsplash.com/Quinten de Graaf)

Kamu diizinkan untuk menangis, marah, atau memiliki emosi yang dalam, kompleks, dan membingungkan. Kamu gak harus bahagia setiap detik sepanjang hari. Kamu gak perlu berpura-pura bahwa kamu baik-baik saja.

Kamu diizinkan untuk memberi tahu orang yang kamu cintai tentang perasaan. Kamu seharusnya tidak merasa bersalah karena membebani mereka. Mereka akan senang karena kamu terbuka kepada mereka.

2. Kamu tidak seharusnya merasa bersalah karena mengikuti jalan sendiri

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalahilustrasi wanita bahagia (unsplash.com/Lucas Lenzi)

Tidak seharusnya kamu merasa kecewa jika sebelumnya menolak mengikuti jalur karier yang disarankan orang tua atau akhirnya tetap melajang lebih lama daripada teman-temanmu yang lain. Orang yang kamu cintai mungkin berharap kamu  mengikuti jalan tertentu karena mereka ingin kamu bahagia dan mengira mereka tahu yang terbaik untukmu.

Namun, mereka tidak bertanggung jawab atas arah yang diambil hidupmua. Kamu bisa membuat keputusan sendiri. Kamu tidak perlu mendengarkan orang lain selain diri sendiri.

3. Kamu tidak seharusnya merasa bersalah karena mengutamakan diri sendiri

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalahilustrasi wanita berdiri di padang bunga (unsplash.com/ali abiyar)

Kamu tidak boleh mengabaikan kebutuhan dan keinginan diri sendiri karena terlalu sibuk mengurus orang lain. Perasaanmu itu juga penting. Gak boleh menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengkhawatirkan orang-orang di sekitar sehingga kamu lupa bertanya pada diri sendiri apakah bahagia atau tidak.

Meskipun kamu orang yang menyenangkan, meskipun menginginkan yang terbaik untuk teman dan keluarga, tidak egois untuk berfokus pada diri sendiri untuk perubahan yang lebih baik. Kamu diizinkan membuat keputusan yang membuat diri sendiri merasa puas. Kamu diizinkan untuk mengutamakan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Mengonsumsi Gula Tanpa Perlu Merasa Bersalah, Atur Menunya!

4. Kamu tidak seharusnya merasa bersalah karena mengatakan tidak

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalahilustrasi wanita duduk (unsplash.com/Austin Schultz)

Kalian tidak perlu membantu setiap orang yang meminta bantuan kalian. Meskipun mungkin merasa tidak enak menolaknya, kalian tidak ingin membuat diri sendiri lelah. Kalian tidak ingin melakukan terlalu banyak hal sekaligus.

Orang yang kalian cintai akan mengerti jika kalian terlalu sibuk untuk membantu mereka. Mereka tidak akan merasa tersinggung atau tidak terima. Tapi jika mereka melakukannya, itu berarti kalian tahu seperti apa diri mereka yang sebenarnya.

5. Kamu tidak seharusnya merasa bersalah karena gagal menjadi sempurna

5 Hal yang Seharusnya Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalahilustrasi wanita serius (unsplash.com/ Kate M)

Tidak ada salahnya kehilangan pekerjaan, putus cinta, atau kesulitan membayar tunggakan. Setiap orang tentu pernah mengalami masa-masa sulit. Kalian tidak boleh malu dengan perasaan tidak sempurna yang kalian rasakan karena kesempurnaan itu tidak ada.

Kalian akan selalu mendapat masalah. Kalian akan selalu berusaha untuk bisa lebih baik. Tetapi kalian perlu melihat keindahan di dalam diri sendiri. Kalian melakukan jauh lebih baik daripada yang kalian sadari. Kalian harus benar-benar memberi diri sendiri lebih banyak pujian.

Ingat dan pahami. Tidak ada satupun dari hal di atas yang perlu membuat kalian merasa bersalah. Hidup ini milik kalian. Kalian adalah nahkodanya. Kalian yang memutuskan akan membawa kemana kapal yang kalian kemudikan sekarang.

Baca Juga: 5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa Bersalah

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya