Comscore Tracker

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lain

Jangan terus rendah diri

Kapan terakhir kali kamu ingin melakukan sesuatu tetapi kemudian ragu-ragu? Pernahkah saat kamu ingin melakukan sesuatu kemudian berpikir jika tidak mungkin kamu bisa melakukannya? Kita semua tentu pernah mengalaminya. Keraguan dapat menyeruak dari dalam diri kita, namun bukan berarti hal itu benar dan harus menghentikan jalan kita.

1. Orang lain juga berpikir mereka tidak cukup baik

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang LainUnsplash.com/Artur Tumasjan

Merasa jika di dunia ini hanya kamu yang tidak cukup baik? Salah! Nyatanya ada banyak orang di luaran sana yang juga memiliki pikiran yang sama dengan kamu. Merasa dirinya kurang baik dan tidak lebih hebat dari yang lainnya. Jadi ingatlah, jika semua orang juga punya rasa insecure masing-masing dan bukan hanya kamu yang paling terpuruk di dunia ini.

2. Ada orang yang menjadikanmu panutan

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lainframerated.co.uk

Kamu mungkin merasa jika diri kamu tidaklah sebaik atau sekeren teman, sahabat, mentor, kolega, atau siapa pun itu di luar sana. Tetapi tahukah kamu jika orang lain mungkin saja berpikir jika mereka tidaklah sebaik kamu. Dan mungkin saja mereka malah menjadikan kamu sebagai panutannya. Layaknya kamu yang memiliki seorang panutan, ingatlah jika ada seseorang yang juga ingin menjadikanmu sebagai panutannya.

3. Kamu akan bosan jika menjadi sosok yang sempurna

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Laintheguitarmag.com

Jika kamu baik dan percaya diri dalam segala hal yang kamu lakukan maka kamu akan mencari sesuatu yang lain yang untuk dikerjakan. Hidup menjadi membosankan jika kamu bisa menguasai berbagai hal, tidak ada tantangan dan semua terkesan datar serta biasa saja. Contohnya saja anak-anak di sekolah, jika mereka pandai dalam berbagai pelajaran maka mereka akan bosan dan cenderung tidak lagi memperhatikan materi yang telah mereka kuasai dan akan melakukan hal lain untuk dilakukan.

Baca Juga: 5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaik

4. Orang sukses juga pernah gagal

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lainsoompi.com

Mungkin kamu pernah berpikir bagaimana bisa orang lain dapat sukses sedangkan kamu tidak. Bagaimana mereka bisa menyicip kesuksesan dengan mudahnya. Salah! Orang yang kamu lihat sudah sukses sekarang pernah merasakan perih dan sakit karena kegagalan yang mungkin sudah berulang kali mereka alami. Ingat bahwa tidak ada jalan pintas penuh kesenangan demi mencapai sesuatu.

5. Pikirkan pencapaianmu sejauh ini

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lainspiritfanfiction.com

Kecewa karena merasa tidak cukup baik, cukup kuat, cukup pintar, cukup cantik, dan lainnya tidak akan membuat diri kamu merasa jauh lebih baik. Hal itu sebenarnya malah akan membuang-buang energi kamu saja. Jadi mulai sekarang fokuskan diri pada hal-hal positif tentang diri sendiri dan lihat aspek kehidupan mana yang ingin kamu tingkatkan.

6. Mencoba lalu gagal itu tidak apa-apa

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lainkpopmap.com

Mungkin hal ini terdengar klise, tetapi gagal adalah bukti bahwa kamu sedang berusaha untuk meraih apa yang kamu inginkan. Ambil hikmah dan pelajaran dari setiap kegagalan dan gunakan itu untuk mendorong kamu maju daripada memikirkan kenapa rasanya segala sesuatu yang kamu lakukan tidak berhasil.

7. Kamu adalah kamu

Ingat 7 Hal ini Saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik Dari Orang Lainasianstar.cz

Kamu sering tidak merasa cukup baik ketika membandingkan diri dengan orang lain. Pada dasarnya kita semua ini sama. Anggaplah kamu ingin membandingkan bunga mawar dengan bunga matahari. Mereka sama-sama bunga, namun mereka unik dan indah dengan caranya sendiri. Jadi akan sangat tidak berguna untuk membandingkan hal yang pada dasarnya sama.

Baca Juga: 6 Kebaikan Kecil yang Bisa Kamu Mulai di Tempat Kerja

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You