Comscore Tracker

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hari

Bukan dengan langsung cek ponsel saat bangun

Kita semua tahu bahwa bangun pagi bisa membuat kita lebih produktif. Sejak kecil, kita diajari untuk tidur lebih awal dan bangun pagi. Bangun saat fajar menyingsing dan memulai hari kita dengan cara yang benar membuat kita menjadi lebih produktif dan memiliki tujuan untuk menjalani hari.

Di dunia yang didorong oleh teknologi saat ini, hal pertama yang kita lakukan segera setelah kita membuka mata adalah memeriksa chat, e-mail, media sosial, dan lainnya. Sesuatu yang mungkin kita lewatkan selama waktu tidur kita. Namun, tahukah bahwa itu adalah kebiasaan tidak sehat yang berdampak negatif pada sisa hari kita nantinya?

Hal ini bisa meningkatkan stres dan membuat kita merasa kewalahan nantinya. Dengan kata lain, kita merusak hari kita bahkan sebelum hari itu dimulai. Kabar baiknya adalah membuat perubahan kecil dan menambahkan satu kebiasaan ke dalam rutinitas harian kita dapat berdampak besar pada kehidupan sehari-hari kita, seperti lima hal di bawah ini.

1. Rapikan tempat tidur

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hariilustrasi merapikan ranjang (freepik.com/jcomp)

Sesederhana kedengarannya, merapikan tempat tidur sendiri tepat setelah kita bangun secara drastis meningkatkan kualitas hari kita ke depannya. Cara kita melakukan satu hal adalah cara kita melakukan segalanya, dan disiplin dalam semua aspek kehidupan adalah kunci sukses. Merapikan tempat tidur segera setelah bangun memberi kita rasa kepuasan dan menginspirasi kita untuk berbuat lebih banyak.

2. Lakukan peregangan pada tubuh

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hariilustrasi wanita bangun tidur (freepik.com/teksomolika)

Biasanya tubuh kita akan menjadi kaku dan kekurangan energi selama jam tidur. Melakukan peregangan lembut setelah bangun akan melonggarkan otot dan membantu kelenturan tubuh. Bahkan peregangan selama lima menit dapat mengurangi ketegangan yang tidak diinginkan dari ligamen dan persendian serta membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kita merasa lebih aktif nantinya.

3. Bersyukur 

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hariilustrasi wanita bersyukur (freepik.com/katemangostar)

Mulailah hari dengan rasa syukur dan sesuatu positif. Berbahagialah untuk hari lain dalam hidup di tengah kekacauan dan kegilaan yang tengah melanda dunia saat ini. Hitung berkat yang telah didapat dan bukannya masalah yang tengah menimpa kita. Menghargai apa yang kita miliki membantu kita menghargai apa yang ditawarkan kehidupan dan menciptakan kepositifan dalam hidup.

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

4. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi 

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hariilustrasi wanita minum air (freepik.com/jcomp)

Gantilah kafein dengan air hangat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Atau dengan air lemon yang tentu kita tahu memiliki banyak manfaat baik. Beberapa orang lebih suka menjadikan sarapan sebagai makanan terpenting mereka.

Terlepas dari pola makan apa yang kamu punya, selalu hargai makanan yant tersaji di piring. Berhati-hatilah dengan setiap gigitan yang kamu masukkan ke dalam mulut yang akan meningkatkan kualitas pencernaan dan pada akhirnya produktivitas kamu nantinya.

5. Latih tubuh dan otak kamu

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hariilustrasi wanita melakukan yoga (freepik.com/pressfoto)

Kita akan merasa lengkap hanya jika tubuh dan pikiran kita selaras satu sama lain. Yoga dan meditasi adalah cara yang bagus untuk membawa sinkronisitas antara tubuh dan pikiran. Dua puluh menit meditasi akan membantu kita tetap fokus, ceria, dan optimis selama 24 jam ke depan.

Faktor terpenting dalam memulai hari kita dengan antusias adalah tidur yang nyenyak. Mempertahankan tidur minimal enam hingga delapan jam membantu menghindari kelelahan dan rasa malas keesokan harinya.

Ulangi hal di atas setiap paginya agar tetap puas dan bahagia saat menjalani hari. Mudah kan?

Baca Juga: 7 Cara Menjadikan Jalan Kaki Pagi sebagai Kebiasaan Rutin

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya