Comscore Tracker

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? 

Gak semua orang punya sifat seperti ini. Kalau kamu?

Ada apa dengan cerita underdog bagus yang tampaknya disukai semua orang? Apakah itu fakta bahwa mereka mencapai impian mereka ketika tidak ada yang percaya pada mereka? Atau mungkinkah keengganan mereka untuk menyerah saat menghadapi kekalahan?

Terlepas dari apa yang menarik perhatian kalian, ada satu sifat penting yang selalu ditemukan pada orang yang tidak diunggulkan — ketangguhan. Apakah kalian ingin mempelajari sifat-sifat orang yang ulet sehingga kalian dapat mengembangkan sifat tersebut di dalam diri kalian?

Berikut adalah lima ciri yang dimiliki semua orang tangguh, sehingga kalian dapat mulai mencapai tujuan dan menjalani kehidupan impian kalian.

1. Tegas 

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? ilustrasi wanita berkacamata (unsplash.com/Etty Fidele)

Kegagalan adalah bagian hidup yang alami dan berulang. Keuletan adalah perbedaan utama antara mereka yang mencapai tujuan mereka dan mereka yang gagal.

Mereka yang gigih dalam menghadapi kegagalan pada akhirnya akan mengatasi tantangan apa pun. Siapakah orang yang ulet? Orang yang mengerti bahwa bukan berarti sukses tidak pernah gagal, tetapi mereka tidak pernah berhenti begitu saja. Jika kalian tetap bertahan, kalian akan mencapai hasil yang diinginkan.

2. Jujur 

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? ilustrasi wanita fokus (unsplash.com/NIKITA SHIROKOV)

Jujur adalah tindakan keberanian dan tindakan kesadaran diri. Ini adalah tindakan berani karena mengharuskan kalian melakukan apa yang benar, apa pun itu situasinya. Kebanyakan orang yang tangguh, tahu bahwa upaya mereka tidak selalu akan bertemu dengan akhir yang manis.

Namun, mereka masih terus berusaha. Mereka melanjutkan bukan karena mereka mencari pengakuan atau tepuk tangan dari orang lain. Mereka melanjutkan karena mereka melakukan apa yang mereka yakini perlu dilakukan.

Kepalsuan adalah pembunuh impian nomor satu dan kemampuan orang untuk menjadi tangguh. Kalian harus jujur ​​pada diri sendiri tentang apa yang ingin kalian capai dalam hidup dan bersedia melakukannya.

Baca Juga: 5 Alasan yang Akan Bangkitkan Semangat Kerjamu, Jangan Malas-Malasan!

3. Optimis 

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? ilustrasi wanita bahagia (unsplash.com/Trung Thanh)

Tetap termotivasi adalah ciri utama orang paling sukses, tetapi bagaimana mereka tetap termotivasi? Tentu, ketika semuanya berjalan dengan baik, tetap termotivasi tidaklah sulit.

Namun, ketika kalian mengalami kesulitan, motivasi dapat dengan cepat memudar. Untuk tetap termotivasi melalui suka dan duka, kalian perlu mempertahankan tingkat optimisme.

4. Sabar 

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Valdemars Magone)

Kalian perlu berkomitmen untuk jangka panjang. Yang kalian inginkan tidak selalu akan segera terwujud. Terkadang, ini adalah masalah waktu dan kalian harus melakukan segalanya dengan benar.

Masalahnya adalah kebanyakan orang tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Kalian harus selaku sabar dalam melalui setiap proses tersebut.

5. Disiplin 

5 Sifat yang Dimiliki Orang Tangguh, Kamu Termasuk? ilustrasi wanita menopang dagu (unsplash.com/Ruben Ramirez)

Disiplin adalah kemampuan untuk melakukan apa yang perlu dilakukan saat kalian perlu melakukannya. Sebagian besar akan setuju bahwa disiplin adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dikuasai. Itulah mengapa sangat penting bagi orang yang ulet untuk menjadi orang yang disiplin.

Mengandalkan disiplin diri bisa jadi sulit Itulah mengapa penting untuk membatasi kebutuhan kalian untuk menggunakan disiplin diri sendiri setiap saat. Salah satu pendekatan yang baik adalah bekerja dengan orang lain.

Orang yang paling tangguh adalah orang yang tetap berada di jalur hidupnya ketika orang lain akan berhenti. Jalan menuju sesuatu yang besar tidak selalu mudah, tetapi bagi mereka yang ingin tetap berada di jalurnya, hal itu tentunya selalu sepadan. Tetap jujur pada diri sendiri dan bersedia menginvestasikan waktu dan sumber daya kalian untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Skill Leadership

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya