Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri

Semua diawali dengan ikhlas

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan yang akhirnya akan menyakiti dirinya sendiri. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan rasa marah yang berkepanjangan.

Padahal rasa marah dan dendam itu tidak baik karena bisa mengakibatkan hidup tidak tenang. Supaya hidupmu menjadi lebih damai lagi, berikut ini ada 10 cara memaafkan diri sendiri yang bisa kamu coba lakukan. Simak, ya.

1. Ikhlas menerima segala sesuatu yang telah terjadi

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiripexels.com/Achilles Demircan

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memunculkan rasa ikhlas dan bersikap lapang dada terhadap sesuatu yang telah terjadi pada hidupmu. Jika ikhlas sudah ada di dalam hati, secara perlahan namun pasti, mulailah menjalani kehidupan dan menghadapi masalah dengan sabar dan tabah.

2. Percaya bahwa selalu ada hikmah di balik segala sesuatu yang terjadi

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Min An

Jangan cepat menyerah dan putus asa. Kamu harus percaya bahwa ada hikmah dari Tuhan yang bisa kamu petik dibalik segala sesuatu yang terjadi. Jika sudah sampai ke tahap ini, berarti kamu percaya bahwa yang terjadi merupakan ketentuan dari-Nya. Hal itu bisa menjadi pembelajaran untuk kehidupanmu ke depannya.

3. Berpikir terbuka

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Katerina Katsalap

Buang jauh-jauh kebiasaan buruk berpikir dan menilai sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja. Di era teknologi seperti sekarang, semua orang dituntut harus bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dengan berpikiran terbuka. Melalui cara itulah kamu akan lebih mudah memaafkan kesalahanmu yang telah lalu.

Baca Juga: Bikin Lebih Semangat, 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Sering Tersenyum

4. Belajar melupakan masa lalu

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Oleg Magni

Meskipun merupakan bagian dari perjalanan hidupmu, tapi dengan mengingat masa lalu yang terus-menerus menghantui hanya akan menghambat usahamu untuk bisa memaafkan diri sendiri. Dalam tahap ini, harus dipastikan bahwa kamu telah berdamai dengan masa lalu.

5. Menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Tim Savage

Jangan karena kamu telah melakukan kesalahan, bukan berarti kamu harus terus meratapinya. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi, daripada kamu meratapinya, perbanyaklah berbuat baik dan jangan mengulangi kesalahan yang sama.

6. Mulai bermimpi tentang masa depan

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Pixabay

Merasa bersalah berkepanjangan sering kali membuatmu lupa akan masa depan. Janganlah terus-menerus meratapi diri. Ayo, mulai bangkit dan kumpulkan semangat untuk kembali menata masa depan agar lebih baik lagi!

7. Memperluas pertemanan

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/rawpixel

Tidak masalah jika kamu harus pergi ke lingkungan baru yang tidak ada hubungannya dengan masa lalumu jika itu akan membuatmu lebih nyaman untuk memulai lembaran baru. Jangan lupa juga untuk lebih memperluas pertemananmu dengan banyak bertemu teman-teman baru.

8. Selalu berpikir positif

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Dzenina Lukac

Kini saatnya kamu membangun sikap optimis untuk menjalani kehidupan baru dengan semangat yang baru juga. Teruslah tanamkan pikiran positif dan jangan pernah mengingat kesalahanmu di masa lalu karena hal itu sudah berlalu dan tentu saja tidak pantas untuk kamu kenang.

9. Sadari bahwa kamu juga berhak bahagia

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Andre Furtado

Dengan menyadari bahwa semua orang berhak hidup bahagia, termasuk kamu, tentunya akan lebih cepat membuatmu terlepas dari bayang-bayang kesalahan di masa lalu. Maafkanlah dirimu dan jadikan kesalahan itu sebagai pembelajaran di masa yang akan datang.

10. Jangan lupa bersyukur

Bikin Hidup Lebih Damai, Ini 10 Cara Mudah Memaafkan Diri SendiriPexels/Andre Furtado

Apapun yang telah terjadi, sudah sepatutnya kamu bersyukur terhadap apa yang telah terjadi dalam hidupmu. Terlebih lagi kamu masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik lagi.

Itulah 10 cara yang bisa kamu lakukan agar lebih bahagia dalam menjalani hidup dan tidak lagi dihantui rasa bersalah di masa lalu. Semoga berhasil.

Baca Juga: 5 Aktivitas yang Bikin Kamu Bersyukur Setiap Hari, Yuk Terapkan!

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You